Jilid Buku Yang Tersedia di Percetakan Only Print

logo switch-foot.com
Jilid Buku Yang Tersedia di Percetakan Only Print

Untuk mahasiswa pastinya udah nggak asing lagi ya namanya jilid buku, biasanya jilid buku dilakukan mahasiswa ketika mengumpulkan tugas akhir kuliah sepeti skripsi dan tesis.

Jilid buku bisa dilakukan di tempat fotocopy ataupun di percetakan. Tahu kah kamu ternyata jilid itu ada beberapa jenisnya loh, untuk menambah pengetahuan, ada baiknya kamu simak ulasan dibawah ini, siapa tahu kedepannya kamu akan melakukan jilid buku dipercetakan cetak buku online.

6 Jilid Buku Yang Tersedia di Percetakan Only Print Jakarta

  1. Jilid lem panas
    Kelebihan dari teknik jilid lem panas adalah lebiy kuat dibanding jenis jilid lainnya. Jilid lem panas juga dikenal sebagai Perfect Binding. Jilid lem panas juga bisa dikombinasikan dengan teknik jilid kawat maupun dengan jilid benang. Perfect Binding inu biasanya digunakan untuk menjilid buku yang tebal.
  2. Jilid kawat
    Dikenal juga dengan sebutan Saddle Stitching, jenis jilid satu ini merupakan teknik  jilid yang paling mudah.  Teknik jilid kawat ini biasanya digunakan untuk menjilid dokumen atau buku yang memiliki halaman tidk lebih dari 80 halaman. 
  3. Tape binding
    Jenis jilid satu inu menggunakan tape atau lakban hitam yang di tempel bada bagian tepi buku yang akan dijilid. Tape binding merupakan teknik jilid dengan harga yang cukup murah dibanding jenis jilid lainnya. 
  4. Jilid benang
    Cetak buku dengah hard cover memerlukan teknik jilid benang. Sesuai namanya jilid benang, teknik menjahit buku dipakai untuk menguatkan cetak buku yang akan dijilid. Jumlah halaman yang dijahit tergantung dengan ketebalan kertas.
  5. Loop stiching
    Hampir mirip dengan saddle stiching, bedanya dengan loop stiching adalah kawatnya melengkung membentuk lubang.
  6. Side stiching
    Jenis jilid buku ini menggunakan benang atau kawat, proses jilid buku side stiching dengan menjahit atau menstaples dari bagian sisi depan hingga tembus ke bagian belakang buku.  Biasanya teknik ini digunakan pada cetak buku yang lebih tebal.