Semua Tentang Kitab dan Suhuf

logo switch-foot.com
Kitab Al-Qur’an

Dalam Agama Islam kita pasti telah mengetahui bahwa pedoman kita adalah Al-Quran yang merupakan kitab suci kita. Namun, sebenarnya ada salah satu hal lagi yang perlu Anda ketahui selain kitab khususnya Al-Quran yaitu Suhuf. kitab dan suhuf dalam agama Islam harus dimengerti oleh umat muslim semuanya.

Namun, bagi Anda yang belum mengetahui pun juga tidak perlu khawatir sebab pada artikel ini akan kita bahas mengenai kitab dan juga suhuf itu sendiri secara rinci sehingga Anda akan lebih mudah dalam memahaminya. Tidak perlu panjang lebar lagi, silakan simak penjelasannya di bawah ini :

Pengertian Kitab dan Suhuf

Yang pertama dan yang paling utama dalam mempelajari ilmu adalah mengetahui apa pengertiannya. Mengetahui pengertian artinya Anda sedang membuat fondasi ilmu yang bermanfaat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kitab dan juga suhuf yang akan kita pelajari lebih lanjut di bawah ini. Untuk itu, simak pengertian kitab dan suhuf yang ada di bawah ini:

1.      Kitab

Yang pertama adalah kitab. Kitab adalah salah satu wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasul yang harus disampaikan kepada para umat manusia dan juga dapat digunakan sebagai pedoman hidup manusia.

Kitab sendiri merupakan wahyu Allah yang telah dibukukan dan dapat digunakan oleh seluruh umat sebagai suatu petunjuk yang isinya adalah larangan dan juga perintah Allah SWT kepada umatnya.

2.      Suhuf

Sedangkan suhuf memiliki pengertian yaitu Wahyu Allah SWT yang disampaikan kepada Rasul yang bentuk lembaran yang terpisah.

Persamaan Kitab dan Suhuf

Persamaan antara Kitab dan suhuf tentunya terletak dari siapa yang menurunkannya yaitu Allah SWT. Kitab dan Suhuf sama merupakan wahyu Alllah SWT yang diturunkan kepada Rasul walaupun memiliki bentuk yang berbeda.

Perbedaan Kitab dan Suhuf

Lalu, apa perbedaan antara kitab dan suhuf itu? Perbedaan yang palung mencolok adalah bentuknya. Kitab sendiri merupakan wahyu Allah yang dibukukan sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan bentuk buku yang pastinya akan lebih praktis. Sedangkan Suhuf sendiri memiliki bentuk lembaran.

Selain bentuknya yang berbeda, isinya pun juga lebih kompleks untuk kitab. Kita mengandung pedoman hidup manusia dari mulai A sampai Z sehingga sangat lengkap. Berbeda dengan suhuf karena jumlahnya yang sedikit tentunya isinya pun juga tidak kompleks seperti kitab.

Perbedaan yang selanjutnya adalah dilihat dari masa berlakunya. Masa berlaku kitab umumnya lebih panjang dari pada suhuf, contoh saja Al-Quran yang diciptakan sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga saat ini masih dipakai oleh berbagai umat muslim dunia sebagai pedoman karena isinya pun juga masih relevan.

Jenis Kitab dan Suhuf

Untuk mengatakan jenis sebenarnya hanya berlaku pada Kitab saja, karena di dalam dunia ini, kita mengenal ada beberapa jenis kitab sedangkan untuk suhuf sendiri bukan lagi berbicara soal jenis tetapi kepada siapa suhuf tersebut diwahyukan.

Kitab sendiri ada empat yaitu Kitab Taurat yang diturunkan oleh Nabi Musa AS. Kitab ini diturunkan untuk menjadi pedoman dan juga petunjuk bagi para kaum Israel. Kedua ada Kitab Zabur yang diturunkan oleh Nabi Daud AS sebagai pedoman para umatnya dahulu.

Berikutnya adalah kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa AS sebagai petunjuk pula bagi para Bani Israel. Bahkan hingga kini kitab Injil juga masih berlaku bagi para pemeluk agama Kristen sebagai salah satu pedoman hidup mereka dalam menjalani kehidupan di dunia.

Selain Itu yang paling dikenal oleh umat muslim bahkan setiap hari selalu bersinggungan adalah kitab Al-Quran. Kitab ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan cara berangsur-angsur sesuai dengan keadaan para umatnya terdahulu bahkan sampai saat ini juga relevan dan digunakan sebagai pedoman hidup para umat muslin di seluruh dunia.

Fungsi Kitab dan Suhuf

Fungsi dari Kitab maupun Suhuf sendiri sama yaitu sebagai salah satu pedoman atau petunjuk hidup bagi manusia yang karena diturunkan langsung oleh Allah SWT kepada Rasulnya. Anda bisa mendapatkan berbagai pelajaran penting mengenai kehidupan dengan mempelajari kitab maupun suhuf.

Namun bagi umat Islam saat ini kebanyakan menggunakan Al-Quran karena lebih relevan untuk kehidupan masa kini serta tentunya lebih lengkap. Bahkan hingga kini, banyak umat muslim yang tidak tahu bagaimana suhuf itu, hanya Al-Quran dan juga Hadist yang menjadi pedoman dalam kehidupan.

Kitab Al-Quran salah satu kitab yang sangat banyak diamalkan karena merupakan kitab terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT pada zaman Nabi Muhammad SAW.

Hikmah Mempelajari Kitab dan Suhuf

Lalu, apa saja hikmah mempelajari keduanya? yang paling utama adalah dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan juga Rasul sebagai perantara kitab dan suhuf tersebut diturunkan. Selain itu juga dapat memotivasi manusia untuk tetap berada di jalan yang benar karena akan banyak keberkahan yang akan mereka dapatkan.

Penutup

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai kitab dan suhuf. Di atas telah dibahas secara lengkap dari mulai pengertian, persamaan, perbedaan jenis,  fungsi, dan juga hikmah mempelajari keduanya.

Dengan mengetahui semuanya tentu ilmu Anda juga akan lebih banyak lagi serta dapat Anda berikan kepada mereka yang belum mengetahui agar menjadi amal Jariyah Anda karena ilmu tersebut akan terus menerus disebarkan serta dapat menjadi pahala yang terus menerus mengalir walaupun Anda telah berada di akhirat nanti. Selamat belajar.