Simak 5 Strategi Sebelum Berusia 30an!

mengatur keuangan sebelum 30

Saat menginjak usia 30, perencanaan keuangan yang kamu lakukan sebaiknya direncanakan dengan lebih matang. Karena pada usia ini kamu akan memasuki fase dunia baru, di usia 30 ini juga kamu memiliki tanggung jawab dan biaya yang lebih besar dibandingkan pada usia 20.

Dengan besarnya tanggung jawab ini, banyak hal yang perlu kamu siapkan salah satunya dengan melakukan perencanaan keuangan yang matang. Kamu bisa menyiapkan beberapa hal dibawah agar keuangan kamu jadi lebih mantap.

  1. Punya dana darurat

Dana darurat penting sekali untuk kamu miliki di usia yang menginjak 30an. Dana darurat ini bertujuan agar kamu memiliki dana cadangan ketika pensiun. Dana daruat ini merupakan dana yang kamu sisakan untuk keperluan urgent dan bersifat dadakan, dengan adanya dana darurat ini kamu tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang ataupun mengorbankan tabungan yang kamu miliki untuk menutup kebutuhan ini.

2. Mulai merencanakan pensiun

Saat memasuki usia 30an kamu sudah mulai berpikir tentang dana pensiun lho, Walaupun pensiun ini termasuk cukup lama tapi dana ini penting untuk dimiliki baik dengan menabungnya atau dengan melakukan investasi. Mulailah lebih awal agar tidak berat diakhir.

Simak aplikasi rekomendasi saham yang dapat membantu kamu mengamankan portofolio.

3. Usahakan bebas dari hutang

Hutang atau cicilan ini termasuk memberatkan kamu ya, karena setiap bulannya kamu diwajibkan untuk melakukan pembayaran. Kamu bisa mengatur keuangan dengan mengurangi porsi hutang yang kamu miliki, pastikan juga hutang ini cepat untuk kamu lunasi agar beban kamu semakin berkurang.

4. Beli asuransi yang baik

Asuransi walaupun sekarang banyak diragukan karena beberapa kasus yang menimpa, ternyata asuransi ini penting untuk kamu miliki karena tujuannya juga untuk menstabilkan hidup kamu dari sisi finansial. Dengan asuransi dapat membantu kamu melewati masa-masa sulit yang akan dihadapi.

5. Simpan dana dan sisakan

Disiplin menyisihkan dana merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan karena biasanya gaji kamu akan habis digunakan untuk membayar tagihan serta keinginan-keinginan kamu. Kamu bisa merubah kebiasaaan ini lho, cobalah untuk mengalokasikan pendapatan dan menyisahkan dananya.


Seperti itulah beberapa tips yang dapat bermanfaat ketika mengatur keuangan sebelum usia 30an. Simak juga artikel menarik lain disini.