Simak Tips Mudah Menabung Rp 5 Ribu/Hari!

tips mudah menabung

Bagi anak-anak yang masih sekolah ataupun untuk kamu yang merasa boros pasti menabung itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan, padahal jika kamu rajin menabung kamu bisa membeli peralatan sekolah kamu atau apapun itu yang kamu inginkan lho. Walaupun hanya dengan lima ribu rupiah tapi seperti kata pepatah sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

Kegiatan menabung ini bisa membantu kamu untuk menghemat dan mengendalikan uang kamu di masa depan. Menabung ini membutuhkan target agar kamu lebih terarah akan menabung berapa dan dalam jangka waktu berapa lama. Yuk simak tips dibawah ini agar kamu semakin mudah ketika menabung.

1. Batasi uang jajan

Cara ini bisa kamu lakukan untuk menghindari dari sifat boros, kamu bisa mencatat apa apa yang kamu butuhkan atau apa yang ingin kamu belanjakan agar kamu bisa mengevaluasi kebutuhan-kebutuhan kamu ini.

2. Jangan konsumtif

Sebenarnya kamu menjadi orang yang boros itu karena kamu terlalu sering membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan alias kamu terlalu konsumtif. Kamu perlu berhemat untuk membiayai hidupmu, jika kamu tidak bisa menahan nafsumu untuk berbelanja kamu bahkan tidak bisa menabung apa-apa dalam sebulan.

3. Sisihkan uang di awal

Jika kamu adalah anak sekolahan yang mendapatkan bekal harian, kamu bisa belajar menabung dengan langsung menyisihkannya saat baru diberikan. Tetapi jika kamu adalah anak kuliahan yang mendapatkan uang bulanan kamu bisa menyisihkannya di awal bulan lebih baik lagi ketika kamu bisa menabung Rp 20 ribu per bulan dengan asumsi 20 hari sebulan kamu sudah berhasil mengumpulkan uang Rp 400 ribu rupiah.

4. Tidak menyiksa

Menabung Rp 5 ribu ini tidak akan menyiksa kamu lho, karena kamu hanya menyiksa sedikit saja untuk kamu tabung jadi kamu tidak perlu merasa kamu terlalu berhemat. Dengan menabung hanya Rp 5 ribu sebulannya kamu bahkan masih bisa berjalan-jalan.

5. Menjual barang yang tidak terpakai

Kamu bisa melakukan preloved barang-barangmu yang sudah tidak terpakai, coba beres-beres pakaian atau barang-barang yang ada di kamar kamu, kamu pasti menemukan banyak barang yang tidak kamu gunakan. Daripada kamu buang, lebih baik kamu sumbangkan atau kamu bisa jual, uang hasil jualan ini bisa kamu sisihkan untuk dimasukkan ke dalam tabungan.

Jika kamu melakukan aktivitas ini dengan giat dan tekun, kamu pasti akan memiliki uang yang cukup banyak, uang ini bisa kamu gunakan untuk berinvestasi juga lho. Bagi kamu yang baru memulai investasi, aplikasi emiten.com dapat menjadi aplikasi yang membantu kamu untuk merencanakan portofolio yang baik.