Apa yang Dimaksud dengan Tanda Tangan Digital?

tanda tangan digital

Kini semakin banyak orang yang semakin menyadari bahwa tanda tangan digital juga menjadi sesuatu yang penting, terutama untuk dokumen resmi yang sifatnya digital. Diperkirakan tanda tangan ini akan semakin banyak digunakan di masa mendatang.

Jika belum paham apa yang dimaksud dengan tanda tangan versi digital, maka ketahu pemahamannya di sini. Banyak pekerjaan yang terkait langsung dengan tanda tangan versi online tersebut.

Apa yang Dimaksud dengan Tanda Tangan Via Digital?

digital signature adalah jenis tanda tangan yang berbentuk gorengan tangan atau bisa juga berupa simbol yang formatnya berupa online. Pemakaiannya secara khusus biasanya untuk dokumen yang sifatnya elektronik dan dibuat secara virtual.

Tanda tangan versi digital ini biasanya digunakan untuk memperoleh persetujuan, sama halnya dengan tanda tangan manual secara umum. Namun bedanya, tanda tangan ini dibuat dengan cara virtual dan mengganti tanda tangan yang ditulis secara langsung.

Dengan adanya tanda tangan ini maka Anda tidak harus mencetak suatu dokumen, melakukan scan, atau menandatanganinya secara manual. Cukup dengan menandatanganinya di file yang sudah tersedia saja, lalu persetujuan dianggap sudah sah.

Penggunaan Tanda Tangan Secara Digital

Contoh pemakaian tanda tangan versi online ini bisa dipakai di berbagai organisasi dan juga industri seperti:

1. Kesehatan

Mendapat tanda tangan dari dokter, pihak asuransi pada industri kesehatan, dan pasien sangat penting. Tanda tangan versi digital ini akan mempersingkat waktu dengan signifikan.

2. Hubungan Industri

Tanda tangan secara digital juga akan membantu suatu organisasi lebih teratur, sehingga organisasi bisa menghubungkan organisasi satu dengan yang lainnya dan meningkatkan jaringan secara efektif.

3. Pemerintahan

Tanda tangan yang berupa petisi secara online juga berdampak kuat. Misalnya kasus petisi publik dalam menggagalkan jatuh tempo Brexit di Negara Britania Raya. Pengumpulan tanda tangan pun bisa dilakukan dengan lebih cepat.

4. Hukum

Tanda tangan juga berkekuatan hukum, dan bisa dipakai oleh notaris contohnya saat menangani kasus menandatangani wasiat atau kasus lainnya. Tanda tangan digital ini sangat berfungsi dengan baik apalagi di zaman yang serba digital sekarang ini. Untuk produk-produk seperti kertas berharga non uang, digital business solution, uang logam/kertas dan yang lainnya bisa diperoleh di https://www.peruri.co.id/