Cara Mengaplikasikan Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng

baceman bawang putih untuk nasi goreng

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang baceman bawang putih untuk nasi goreng, meliputi penjelasan bawang dan beberapa pengaplikasian dari baceman bawang. Selamat membaca…

Bawang 

Bawang merupakan salah satu komoditas sayuran yang memiliki arti penting bagi masyarakat jika dilihat dari nilai ekonomisnya yang tinggi dan kandungan gizinya yang tinggi.

Hal ini disebabkan karena tumbuhan bawang sudah menjadi kebutuhhan yang sudah digunakan sebagai pelengkap bumbu masak dan dikonsumsi sehari-hari.

Bawang Putih

Bawang putih atau dalam bahasa latin Allium sativum atau garlic dalam bahasa Inggrisnya adalah nama tumbuhan dari genus Allium. Ini memiliki sejarah penggunaan lebih dari 7.000 tahun penggunaan manusia.

Bawang putih tumbuh dan sering berasal dari Asia Tengah, dan telah lama menjadi makanan pokok di wilayah sekitar Mediterania, serta rempah-rempah umum di Asia, Afrika dan Eropa.

Dikenal dalam catatan Mesir kuno, itu digunakan sebagai campuran kuliner dan obat. Umbi bawang putih merupakan bahan utama bumbu dasar masakan Indonesia.

Bawang putih sangat populer di Indonesia karena digunakan di hampir semua makanan dan masakan sebagai bumbu.

Baceman Bawang Putih Untuk Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, bagi anda yang ingin mencoba membuat nasi goreng spesial yang enak dan nikmat perlu anda ketahui rahasianya. 

Bahan-bahan Pembuatan :

  • Bawang Putih -100 gram (20-25 siung)
  • Kemiri -1 buah 

Cara Mengaplikasikan Baceman Bawang Putih Kedalam Nasi Goreng :

  1. Kupas dan cuci bawang putih, kocok hingga kering.
  2. Jika perlu, bungkus dengan kain dan kari sepanjang hari sampai semuanya kering. Bahkan tidak setetes air pun.
  3. Bersihkan kemiri, haluskan bawang putih dengan kasar.
  4. Setelah itu masukkan ke dalam stoples kaca.
  5. Tambahkan minyak goreng untuk menutupi semua bawang putih
  6. Tutup sampai kedap udara.
  7. Setelah itu biarkan sampai berfermentasi.
  8. Tunggu minimal 24 jam dan siap digunakan, bisa digunakan untuk nasi goreng, mie jawa, cabai goreng dan aneka gorengan lainnya.

Catatan:

  • Dapat disimpan hingga satu bulan, selama kedap udara. Semakin lama berfermentasi maka akan semakin enak, meskipun lebih baik tidak membuat pembuat bawang (sekitar 1-2 minggu), sehingga Anda bisa mendapatkan pembuat bawang segar.
  • Dalam seminggu lebih baik disimpan di suhu ruangan, selebihnya hanya bisa masuk kulkas.
  • Anda harus memberikan sendok khusus untuk menghindari kontaminasi tetesan air dan bahan lain jika Anda menggunakan sendok lain.

Cara Penggunaan :

Ambil bawang + minyak secukupnya dengan sendok, lalu goreng dengan tambahan bumbu lainnya tergantung jenis masakan dan rasanya. Bawang baceman hanya sebagai pengganti bawang putih, sehingga rasa dan aromanya lebih enak. Jika minyak dalam toples rendah atau rendah, Anda dapat menambahkan lebih banyak minyak.

Beberapa Pengaplikasian Baceman Bawang :

Kentang Panggang

Kentang panggang atau kentang goreng bisa diolesi dengan siung bawang putih agar lebih enak dan harum. Sebelum dipanggang, lumuri kentang dengan pasta bawang putih dan garam.

Tambahkan daun rosemary agar lebih harum, lalu panggang hingga matang. Anda menjadikan kentang panggang ini sebagai camilan atau pengganti nasi saat Anda sedang diet.

Baca juga web utama kami rumahmesin.com dan Anda juga bisa menggunakan mesin pengupas bawang untuk mempercepat proses pembutan

Cah Kangkung 

Memasak kangkung akan lebih mudah jika menggunakan bawang putih. Anda tidak perlu merepoting mengiris bawang putih. Bawang putih baceman hanya perlu digoreng lalu dibumbui sesuai selera. 

Spageti Aglio E Olio 

Selain masakan oriental dan Indonesia, minyak bawang putih juga bisa digunakan untuk membuat masakan pasta. Anda bisa membuat spaghetti aglio e olio menggunakan minyak atau pasta bawang putih. Tumis siung bawang putih sampai harum, lalu tambahkan garam dan cabai kering. Tambahkan minyak bawang ke dalam spaghetti yang sudah matang, lalu aduk hingga rata dan diaduk.

Baca juga : Berikut Ini Cara Membuat Pupuk Kompos dari daun Hijau

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang baceman bawang putih untuk nasi goreng bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)