Belajar Gitar dengan Cepat – Efek Gitar

efek-gitar

Efek gitar merupakan komponen penting dalam rantai produksi suara gitaris saat ini. Efek gitar hadir dalam tiga konfigurasi umum. Pedal kompak (stomp boxes), unit multi-efek lantai (seperti seri Boss GT), dan efek yang dipasang di rak.

Compact Pedal (Stomp box)

Ketika bicara efek gitar, jenis unit ini bakal yang pertama terlintas dalam pikiran. Umumnya, pedal efek kompak hanya melakukan satu fungsi. Jadi, jika kamu memerlukan dekat digital delay, distorsi, flanging, dan kompresi dari stomp kamu perlu empat kotak terpisah (dan tiga interkoneksi terpisah) untuk melakukannya.

Unit Multi-Efek Lantai

Ada banyak variasi multi-efek lantai misalnya, seri POD, DigiTech GNX dan Boss GT. Seperti namanya, unit ini mengandung banyak efek. Alih-alih harus membawa sekarung penuh efek satu persatu dan lusinan kabel patch, fungsi yang sama terkandung dalam satu unit. Semua patch dilakukan internal secara elektronik ke unit. Dan sebagai tambahan, beberapa kumpulan preset atau patch tersedia sehingga seluruh rangkaian efek yang dikonfigurasi tersedia secara instan hanya dengan memilih preset. Keren bukan!

Unit multi-efek dibanderol dengan harga yang lumayan. Harganya mulai dari USD $200 hingga USD $400 atau bahkan lebih; dalam jangka panjang, ini masih jauh lebih murah daripada berinvestasi di stomp box yang (tergantung fungsinya), rata-rata kisaran harga di seratus dolar atau lebih per buah.

Selain itu, sebagian besar unit multi-efek lantai dilengkapi dengan kumpulan footswitch untuk memilih preset dan parameter lainnya, dan pedal ekspresi integral untuk digunakan dengan efek wah-wah, volume, dan bend effect. Selain itu, sebagian besar memiliki antarmuka MIDI sehingga dapat dikontrol secara dinamis oleh sequencer eksternal atau pengontrol MIDI lainnya.

Unit Efek yang Dipasang di Rak

Efek yang dipasang di rak dirancang dengan hardware sehingga bisa dipasang di rak standar 19 inci. Unit yang dipasang di rak umumnya merupakan unit premium terbaik. Mereka biasanya digunakan di studio rekaman atau untuk pengaturan panggung untuk band-band canggih. Secara umum, unit ini jarang digunakan oleh mereka yang sekedar hobi gitaran.

Distorsi

Unit ini digunakan untuk overdrive atau klip sinyal untuk menghasilkan harmonik atau overtone. Efek ini menciptakan suara renyah dan keras yang identik dengan musik rock dan metal. Distorsi adalah efek yang paling sering digunakan.

Flanger

Flanger menciptakan efek putaran mirip dengan phaser. Efek flanger lebih menonjol dan edgier dibandingkan dengan phaser.

Chorus

Unit chorus juga mirip dengan flanger. Namun, efeknya lebih luas dan lapang daripada flanger. Efek ini terdengar hebat dengan gitar listrik akustik.

Ringkasan

Efek merupakan alat penting dalam produksi musik saat ini. Efek sangat berperan dalam mencapai suara yang spesifik dan unik baik di studio maupun di atas panggung. Efek gitar hadir dalam tiga konfigurasi: pedal kompak, unit multi-efek lantai, dan efek yang dipasang di rak.