Cara Membikin Jagung Bakar Mudah

cara bikin jagung bakar

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara bikin jagung bakar berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Jagung dapat menjadi alternatif pilihan barbeque selain daging, ayam atau sosis. Ingin jagung bakar enak dan enak, simak tipsnya

Untuk menghasilkan jagung bakar yang enak, Anda tidak perlu menyiapkan berbagai bumbu yang rumit dan sulit dibuat. Jagung bisa di giling menggunakan mesin giling jagung.

Begitu juga dengan proses memasaknya yang juga terbilang mudah. Untuk membuat jagung bakar yang enak, Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut.

1. Pilih jagung yang sama tuanya

Hal terpenting yang menentukan cita rasa jagung bakar yang baik adalah kualitasnya. Pilih jagung segar yang masih berkulit. Usahakan untuk membeli jenis jagung manis yang berbiji besar dan rasanya lebih manis. Kesegaran jagung menentukan tekstur dan rasa. Jangan membeli jagung yang terlalu muda, terlalu tua atau tidak segar.

2. Kupas kulitnya

Ambil satu buah jagung, tarik kulit secara perlahan dari bawah menuju pangkal jagung. Lakukan secara perlahan agar semua kulit ditarik tapi tidak lepas dari kumbang. Tarik semua bagian kulit dan kencangkan hingga mencengkeram erat, bila perlu balut di sekitar kulit sehingga menjadi pegangan yang kokoh.

Selain mengelupas kulitnya, bersihkan juga rambut jagung yang masih menempel. Anda hanya perlu mencabut bulu-bulu halus pada jagung. Pastikan semua rambut tersebut bersih dari bagian jagung agar tidak terganggu saat memakannya.

cara bikin jagung bakar

3. Tambahkan rasa

Bumbu yang digunakan untuk membuat jagung tidaklah sulit. Cukup oleskan air garam untuk rasa asin gurih alami. Anda juga bisa mengolesinya dengan margarin atau mentega agar lebih nikmat.

Oleskan bubuk perasa setelah jagung matang. Anda juga bisa membuat saus sambal dan mayones untuk saus yang lezat.

4. Panggang sampai matang

Untuk memanggang jagung, dibutuhkan waktu setidaknya 10 hingga 15 menit. Panggang jagung sambil membaliknya di semua sisi sampai matang secara merata. Jangan biarkan jagung di atas api dalam waktu lama, karena akan cepat gosong.

5. Angkat dan sajikan

Saat jagung bakar sudah matang, saatnya Anda mengambilnya dan menikmatinya. Jagung bakar bisa dinikmati langsung atau diserut untuk disajikan sebagai campuran salad sayuran padat. Jagung bakar memiliki sensasi rasa yang berbeda dengan jagung rebus karena lebih kering namun tetap nikmat. Adakan pesta barbekyu!

Trik Khusus Agar Jagung Tidak Gosong dan Rasanya Lebih Enak

 Berikut penjelasan penjelasannya lengkap dengan durasi memasaknya.

  1. Kupas kulitnya Sebelum dibakar, sebaiknya kupas dulu kulitnya. Selain itu, pastikan tidak ada bulu yang masih menempel. Jagung bakar beserta kulitnya akan membuat penyerap bumbu menjadi kurang. Durasi masaknya bisa lebih lama.
  • Rendam seluruh jagung dalam bumbu

Untuk mendapatkan infus yang sempurna, jagung utuh dapat direndam dalam bumbu setidaknya selama 30 menit.

Namun jangan memakan waktu lebih dari delapan jam karena bisa membuat biji jagung kurang encer. Cara ini bisa dilakukan dengan jagung yang akan disangrai menggunakan oven, teflon, atau di atas arang langsung. Selain itu, lumuri juga panggangan agar cita rasa lebih meresap.

  • Jagung tua bisa direbus dulu

Jagung yang sudah tua biasanya agak berkayu dan berbiji keras. Karena itu, Anda perlu merebusnya terlebih dahulu.

Anda bisa merebusnya selama tiga hingga empat menit dalam air mendidih yang diberi sedikit garam.

  • Siapkan arang dan panggangan, lalu letakkan jagung utuh di atasnya. Panggang jagung utuh dengan api sedang selama 15 hingga 20 menit. Jika Anda menggunakan kompor, maka Anda harus menyediakan alas khusus untuk membakarnya. Bisa menggunakan grill atau teflon. Jagung harus diputar sesering mungkin agar tidak mudah gosong. Anda bisa menekan biji jagung untuk mengetahui tingkat kematangannya.
  • Panggang menggunakan oven Jagung juga bisa dipanggang dengan

menggunakan oven. Namun caranya berbeda dengan memanggang jagung di atas arang. Jagung yang dipanggang dalam oven sebaiknya dilapisi dengan aluminium foil terlebih dahulu. Tujuannya agar bumbu meresap dan jagung matang dengan cepat

Cara memasak jagung di oven itu mudah. Panaskan oven sampai 175 derajat Celicius, lalu letakkan jagung di rak. Panggang selama 20 sampai 30 menit atau sampai jagung berair. Jagung yang sudah matang biasanya terlihat penuh dengan biji. Anda dapat memeriksanya dengan membukanya. Selain menggunakan aluminium foil, jagung juga bisa disangrai bersama kulitnya. Namun, rasa bumbunya kurang meresap.


Nah itu dia sob sedikit penjelasan mengenai cara bikin jagung bakar semoga artikel yang saya buat bermanfaat bagi kalian sekian terimakasih.