Cara Buat Keripik Buah Naga yang Renyah dan Mudah

Cara Buat Keripik Buah Naga

Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara buat keripik buah naga yang pastinya renyah dan mudah untuk dipraktekkan. Banyak sekali buah yang bisa diolah menjadi keripik, salah satunya adalah buah naga. Selain bisa menjadi camilan yang nikmat, buah naga juga bisa memberikan nutrisi bagi tubuh kita.

Nah, untuk informasi lebih lanjutnya mengenai cara buat keripik buah naga, kalian bisa membaca penjelasan lengkapnya dibawah ini. Pastikan juga kalian simak dan baca artikel ini sampai habis, supaya tida ada materi tentang keripik buah naga yang terlewatkan.

Keripik

Keripik atau kripik adalah jenis makanan ringan berupa irisan tipis umbi-umbian, buah-buahan atau sayuran yang digoreng dengan minyak sayur. Untuk rasa pedas dan renyah, biasanya dicampur dengan pasta tepung yang ditambahkan bumbu tertentu.

Biasanya keripik goreng dibuat pada tahap penggorengan, namun ada juga yang hanya dibuat dengan cara dijemur atau dijemur. Keripik goreng bisa terasa asin, pedas, manis, asam, pedas, atau kombinasi keduanya.

Cara Buat Keripik Buah Naga

Buah Naga

Buah naga atau buah pitaya adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti Amerika Selatan dan Asia. Seperti namanya, buah ini memiliki kulit naga yang merupakan hewan mitos legendaris dari China. Bentuk tanamannya juga unik karena memiliki batang yang menyerupai kaktus besar.

Meski terlihat unik, ternyata buah naga memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Buah ini juga kaya akan nutrisi, sehingga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Buah naga merupakan salah satu buah yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jenis buah ini memiliki kulit yang terlihat bersisik dan berwarna ungu-merah atau pink. Berdasarkan warna dagingnya, buah naga terdiri dari 2 macam yaitu buah naga putih dan buah naga merah.

Anda mungkin bertanya-tanya apakah kandungan nutrisi buah naga merah berbeda dengan buah naga putih. Nah, perlu Anda ketahui bahwa meski memiliki warna daging yang berbeda, kandungan nutrisi buah naga tidak jauh berbeda.

Cara Buat Keripik Buah Naga

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Buah naga seberat (10 kg)
  • Kapur sirih (200 gram)
  • Gula pasir (350 gram)
  • Garam halus (100 gram)
  • Minyak goreng (3 liter)
  • Air putih (secukupnya)

Cara membuat :

  1. Langkah pertama dalam membuat keripik buah naga adalah memisahkan buah dan kulitnya.
  2. Selanjutnya, potong daging dengan ukuran sedang, hindari potongan yang terlalu tebal atau terlalu tipis.
  3. Rebus air hingga mendidih, lalu tambahkan gula dan garam ke dalam air mendidih. Aduk hingga larut.
  4. Kemudian tambahkan air kapur sirih, aduk kembali.
  5. Kemudian tambahkan buah naga yang sudah dipotong-potong ke dalam air rebusan tersebut. Tunggu hingga 3 jam.
  6. Cuci buah naga di bawah air mengalir lalu keringkan sampai tidak ada air yang tersisa.
  7. Setelah kering, masukkan potongan buah naga ke dalam wajan yang berisi minyak.
  8. Tunggu hingga minyak tidak berbusa atau berbusa. Ini menandakan bahwa kentang goreng sudah matang.
  9. Terakhir, angkat keripik dan tiriskan.

Nah, itu tadi adalah cara buat keripik buah naga yang renyah dan mudah untuk kalian praktekkan, kalian juga bisa mendapatkan produk vacuum frying untuk menggoreng keripiknya di Rumah Mesin. Baiklah, saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan untuk artikel “Cara Buat Keripik Buah Naga yang Renyah dan Mudah”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa!