Cara Buat Kerupuk Gendar Mudah dan Enak

cara buat kerupuk gendar

Hai teman – teman! Artikel kali ini saya akan membagikan resep cara buat kerupuk gendar serta beberapa tips yang bisa berguna untuk anda.

Penggemar kerupuk pasti tau nih apa itu kerupuk gendar atau gendar ada juga yang menyebutnya legendar juga. Gendar merupakan kerupuk nasi yang berasal dari daerah jawa.

Guys tau tidak kalau kerupuk gendar itu berpeluang usaha yang tinggi loh. Itu karena penikmat atau penggemar kerupuk yang sangat banyak dan dari berbagai kalangan, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca cara membuat gendar.

Untuk alat alat yang digunakan dalam usaha ini anda tidak perlu khawatir karena anda bisa membelinya pada website rumahmesin.com. Pada website tersebut anda bisa mendapatkan mesin yang berkualitas dengan harga yang ramah di kantong.

Nah sebelum anda membuat kerupuk gendar yang berbahan dasar nasi alangkah baiknya jika anda mengetahui cara memilih beras dan juga manfaat beras terlebih dahulu. Yuk simak pembahasan berikut.

Cara Memilih Beras dan Manfaat Beras

Cara Memilih Beras Yang Baik

Perhatikan Warna Beras, Tekstur Beras dan Tampilan Beras

Tips pertama yang harus anda perhatikan dan cermatidalam memilih jenis beras yang berkualitas yaitu warna pada beras. Mengingat saat ini banyak beras yang dicampurkan dengan berbagai macam pemutih dan zat berbahaya. Maka memperhatikanlah warna dari beras sangatlah penting agar anda benar-benar mendapatkan beras yang menyehatkan tubuh. Ciri-ciri beras yang berkualitas baik bukan hanya sekadar mempunyai warna yang sangat putih. Sebab bisa saja warna beras tersebut mempunyai kandungan pemutih di dalamnya. Beras yang baik dan berkualitas tinggi adalah yang berwarna bening sedikit kekuningan.

Beras yang berkualitas baik mempunyai tekstur yang kuat dan juga tidak akan mudah patah saat anda menekannya. Coba untuk perhatikan penampakan dari beras tersebut secara lebih teliti.

Pastikan Berasnya Aman dari Kutu dan Perhatikan Aroma Beras

Selain beberapa tips yang sudah saya sebutkan tadi, anda juga harus memastikan kalau beras yang anda beli tidak ada kutu di dalamnya. Pada umumnya, beras yang terdapat kutunya itu menandakan kalau beras tersebut sudah berumur lama disimpan. Beras yang usianya sudah lama, biasanya tidak bersih dan tidak baik bagi kesehatan tubuh anda.

Akan tetapi, beras yang memiliki kutu didalamnya sebenarnya juga memiliki sisi positifnya. Sebab beras tidak terdapat bahan atau zat kimia yang berbahaya di dalamnya. Ada kalanya juga jika jenis beras yang baru berkutu sebab terkontaminasi atau tercampur oleh beras yang sudah lama.

Tips selanjutnya untuk memilih beras yang berkualitas tinggi yaitu dengan anda melihat bagaimana aroma dari beras tersebut. Pada saat ini, di pasaran banyak sekali beredar berbagai jenis beras yang mengandung pewangi buatan yang berbahaya. Beras yang mengandung pewangi buatan biasanya mengakibatkan bau yang tidak enak. Oleh sebab itu, pastikan anda untuk memilih beras yang aromanya wangi yang normal, tidak berlebihan dan juga tidak berbau apek.

Hati-Hati dengan Harga Beras Murah dan Pastikan Membeli di Toko Terpercaya

Selanjutnya yaitu dengan cara anda memperhatikan harga dari beras. Jika di pasaran, ada berbagai macam harga beras yang biasa ditawarkan. Adapun acuannya untuk harga beras itu sendiri ditentukan berdasarkan dari kualitas berasnya. Sehingga, kebanyakan beras semakin bagus kualitas beras maka harganya juga semakin mahal. Namun, rasadan juga nutrisi yang ditawarkan juga akan semakin terjamin. Dan jika kebetulan anda menemukan beras yang dijual dengan harga terlalu murah atau sangat murah, sebaiknya anda lebih berhati-hati. Karena dikhawatirkan jika beras tersebut mempunyai kualitas yang tidak baik ataupun beras tersebut sudah terlalu lama. Sehingga, beras kurang baik untuk anda konsumsi.

Penting untuk diketahui kalau beras yang rapuh dan cenderung memiliki atau mengandung banyak air. Ini umumnya sengaja dilakukan oleh orang-orang atau oknum yang tidak bertanggung jawab agar berat pada beras tersebut menjadi bertambah. Nantinya, hal tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para oknum tersebut. Beras yang terlalu rapuh tidak akan bisa untuk bertahan terlalu lama. Berasnya pun juga mudah apek dan mudah didatangi oleh kutu.

Selain untuk memastikan berasnya tidak mempunyai kutu, cara yang selanjutnya yaitu dengan cara anda membeli beras di toko yang sudah terpercaya. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan supaya berasnya benar-benar terjamin kualitasnya. Karena dengan anda membeli beras di toko yang sembarangan dan tidak ada jaminan kualitas bisa menimbulkan dampak yang tidak baik. Oleh sebab itu, pilihlah toko beras yang benar-benar memberikan produk beras yang amanserta menyehatkan.

Manfaat Beras

 Menyediakan energi

Beras organik mempunyai kandungan karbohidrat yang melimpah, bertindak untuk sebagai bahan bakar utama untuk metabolisme tubuh dan juga alat bantu dalam memperbaiki fungsi normal pada otak. Karbohidrat yang dimetabolisme oleh tubuh akan berubah menjadi energi yang fungsional dan juga sangat bermanfaat. Vitamin, mineral, serta komponen organik dalam beras atau nasi meningkatkan energi pada tubuh anda.

Mencegah obesitas dan Mengontrol tekanan darah

Nasi atau beras sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena beras tidak mengandung lemak, kolesterol, ataupun sodium yang berbahaya. Secara menyeluruh, nasi adalah bagian dari integral dari diet yang seimbang. Kadar lemak, kolesterol, dan juga sodium yang rendah pada beras organik dapat membantu mengurangi obesitas pada tubuh.

Beras atau nasi mengandung sodium yang rendah sehingga dianggap bisa sebagai salah satu makanan terbaik untuk mereka yang mengidap penyakit hipertensi. Sodium ini dapat menyebabkan pembuluh darah dan juga arteri menyempit, meningkatkan tekanan serta ketegangan di sistem kardiovaskular ketika tekanan darah meningkat. Tidak hanya itu, sodium juga berpengaruh loh pada kondisi misalnya seperti aterosklerosis, serangan jantung, serta stroke.

Mencegah penyakit kanker dan Perawatan kulit

Sudah banyak sekali peneliti yang dipercaya, bahwa beras organik mengandung banyak sekali serat tak larut yang berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam jenis kanker. Serat ini bermanfaat untuk bertahan melawan sel kanker kolorektal dan juga usus.

Selain memiliki kandungan serat, beras organik juga kaya akan vitamin C, vitamin A, bersama dengan berbagai macam senyawa fenolik serta flavonoid yang bertindak untung merangsang antioksidan yang berguna mengusir radikal bebas, salah satu penyebab kanker pada tubuh tubuh.

Para pakar medis juga mengatakan, bubuk beras dapat dioleskan secara topikal untuk menyembuhkan penyakit pada kulit anda. Salah satu wilayah di negara India menggunakan air beras ini sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan permukaan kulit yang sedang meradang.

Senyawa fenolikyang terdapat pada beras organik memiliki sifat yang anti-inflamasi, sehingga baik untuk membantu mengurangi iritasi dan juga kemerahan pada kulit. Air beras bagus yang dikonsumsi ataupun dioleskan cenderung bisa meringankan sejumlah kondisi kulit contohnya seperti munculnya keriput dan juga tanda penuaan dini.

Mencegah penyakit Alzheimer dan Meningkatkan kualitas diuretik dan digestif

Beras organik mengandung nutrisi tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan dan juga aktivitas neurotransmitter, yang lalu akan membantu untuk mencegah penyakit Alzheimer hingga batas tertentu. Berbagai macam jenis padi telah terbukti oleh para ahli bisa merangsang enzim neuroprotektif pada otak, yang dapat menghambat efek dari radikal bebas serta racun berbahaya lainnya yang bisa menyebabkan penyakit demensia dan juga Alzheimer.

Sekam padi dianggap menjadi obat yang dengan efektif mengobati disentri sebab sekam padi yang masih berumur tiga bulan mempunyai sifat diuretik. Orang orang China percaya, bahwa beras organik bisa untuk meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan dari sakit perut, dan juga mengurangi semua permasalahan pencernaan.

Beras organik juga membantu bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, karena sekitar empat persen dari urin yang keluar dari tubuh terdiri dari lemak tubuh. Tidak hanya itu, beras organik juga bisa menghilangkan atau membuang racun dari tubuh contohnya seperti asam urat.

Meningkatkan metabolisme dan Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Beras adalah sumber vitamin dan juga mineral yang sangat baik bagi tubuh anda seperti niasin, kalsium, vitamin D, besi, tiamin, serat, dan riboflavin. Vitamin ini memberikan fondasi yang kuat untuk metabolisme tubuh anda, kesehatan sistem kekebalan pada tubuh, dan fungsi umum sistem organ sebab vitamin yang dibutuhkan untuk banyak aktivitas yang adnda lalukakan dalam tubuh.

Minyak dedak beras diketahui mempunyai sifat antioksidan yang bisa meningkatkan kekuatan kardiovaskular dengan cara menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh anda. Beras organik pastinya akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih yang biasa dalam hal ini, karena mengandung nutrisi yang lebih banyak.

Langsung aja yuk simak cara buat kerupuk gendar.

Cara Buat Kerupuk Gendar

Bahan – Bahan Buat Kerupuk Gendar:

  • Semangkok besar nasi sisa
  • 5 siung bawang putih
  • Semangkok besar tepung tapioka
  • 5 buah kencur
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdt garam

Cara Buat Kerupuk Gendar:

  1. Rendamlah nasi sisa dengan menggunakan sedikit air (ingat sedikit saja) kurang lebih selama 1-2jam. Saya 4 jam. Lalu blender atau haluskan bersamaan dengan bahan-bahan yang lainnya selain tepung tapioka. Lalu tuangkan bumbu tersebut dalam baskom dan tuangkan tepung tapioka dan tepung terigu dan aduk hingga rata.
  2. Uleni adonan kerupuk hingga menjadi kalis serta dapat dibentuk lalu rebus adonan di dalam air sudah mendidih.
  3. Dinginkan lalu simpan dikulkas selama semalaman atau sampai adonan mengeras.
  4. Setelah adonan berubah jadi keras lalu potong tipis-tipis menggunakan pisau yang tajam. Lalu ditata atas loyang atau tampah. Jemur hingga kerupuk benar benar kering
  5. Setelah kerupuk kering, maka kerupuk siap untuk digoreng. Gorenglah kerupuk pada minyak yang panas.

Wah gampang banget kan cara pembuatannya, jangan lupa coba di rumah ya. Semoga membantu dan terima kasih.