Cara Fermentasi Pakan Kambing Menggunakan EM4

Cara Fermentasi Pakan Kambing

Halo semuanya! Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara fermentasi pakan kambing menggunakan EM4. EM4 bukan hanya digunakan untuk tanaman saja, melainkan juga bisa digunakan untuk pembuatan ferementasi pakan kambing.

Fermentasi ini memiliki keuntungan yaitu pakan dapat bertahan beberapa hari kedepan, dan dengan fermentasi ini nutrisi yang terkandung dalam pakan tidak hilang. Cara pembuatan pakan fermentasi ini sangat cocok untuk kambing atau domba.

Untuk selanjutnya bisa kalian simak dibawah ini dan pastikan untuk menyimaknya sampai habis ya, agar tidak ada hal – hal penting yang terlewatkan.

Cara Fermentasi Pakan Kambing

Fermentasi Pakan Kambing

Salah satu jenis kambing yang menggunakan pakan fermentasi adalah kambing pedaging (kambing potong). Kambing ini adalah jenis kambing yang diternakkan untuk diambil dagingnya. Biasanya memiliki masa penggemukan berlangsung sekitar 6 bulan.

Selama masa penggemukan ini, pemberian pakan yang berkualitas dan bergizi sangat penting agar berat badan Anda cepat naik. Jika penggemukan lebih cepat, nilai jual daging kambing akan lebih tinggi.

Asupan makanan yang baik dan nutrisi yang tinggi diperlukan selama periode penggemukan ini. Jenis pakan yang biasa diberikan pada ternak antara lain rumput yang sudah dicacah, pakan daun, jerami, dedaunan hijau, dedak, vitamin, dan pakan tambahan lainnya. Semua ini harus selalu tersedia dan dipersiapkan untuk mendukung dan membantu produktivitas dan menjaga kualitas kambing.

Kendala yang banyak ditemui peternak adalah sulitnya mencari pakan saat musim kemarau. Pada musim kemarau ini, kesesuaian hijauan hijauan sangat terganggu. Sedangkan pada musim hujan keberadaan hijauan hijauan sangat melimpah, sehingga kebutuhannya sangat mudah untuk dipenuhi.

Cara Fermentasi Pakan Kambing Dengan EM4

Tenang, cara membuat pakan fermentasi kambing sangat mudah dan relatif simple. Cara membuat makanan fermentasi ini adalah dengan menambahkan cairan prebiotik ke dalam campuran makanan hijau atau makanan lain yang dapat difermentasi. Salah satu cairan prebiotik yang sering digunakan adalah prebiotik jenis Em4.

Menurut penelitian para ahli pakan, pakan olahan dengan cara memfermentasi pakan kambing dengan em4 dikatakan memiliki banyak manfaat. Manfaatnya dapat memperbaiki sistem pencernaan, meningkatkan produktivitas pertumbuhan tubuh, menambah nafsu makan.

Dari segi pemeliharaan, cara fermentasi ini sangat membantu ketersediaan stok pakan, sehingga tidak perlu khawatir dengan pencarian pakan, apalagi pada saat musim kemarau. Selain itu, pakan yang difermentasi bisa membuat kotoran tidak berbau juga membuat daging menjadi lebih gemuk dan berlemak dibandingkan jika hanya diberi pakan hijau saja.

Cara membuat :

  1. Siapkan jenis prebiotik Em4 yang bisa kalian
  2. Siapkan tempat yang luas untuk mencampur bahan dan proses fermentasi;
  3. Bahan makanan fermentasi yang dapat difermentasi adalah jerami, pisang raja kambing, rumput hijauan;
  4. Cincang atau cacah rumput dan semua bahan makanan menjadi ukuran yang lebih kecil agar cepat dan ukurannya seragam. Anda dapat menggunakan mesin seperti mesin pencacah rumput.
  5. Larutkan molase atau air gula dan em4 probiotik (tergantung ukuran) dengan air hingga menjadi 1 dengan takaran sebelumnya.
  6. Siapkan terpal untuk mengaduk semua bahan lalu larutkan cairan prebiotik agar mudah tercampur di terpal;
  7. Masukkan semua bahan ke dalam wadah sedikit demi sedikit lalu tumbuk sampai padat;
  8. Tutup semua bahan dengan baik dengan plastik untuk membuat proses fermentasi lebih sempurna;
  9. Pakan fermentasi ini dapat dibuka setelah 2 minggu dan siap untuk diberikan kepada hewan peliharaan.

Nah, itu tadi adalah pembahasan “Cara Fermentasi Pakan Kambing Menggunakan EM4” yang bisa kalian manfaatkan untuk memenuhi persediaan pakan kambing anda. Sekian untuk artikel kali ini, semoga bisa membantu para peternak kambing diluar sana dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya, see you next time!