Cara Fermentasi Pakan Kambing Terbaru dan Termudah!!!

cara fermentasi pakan kambing

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara fermentasi pakan kambing. Fermentasi pakan kambing merupakan metode pakan dengan amoniak agar kandungan nutrisinya dapat disimpan dalam pakan hijau dan dapat bertahan lama.

Sedangkan amoniasi merupakan metode pengolahan kimia untuk menambah kecernaan bahan pakan ternak hijau serta takaran protein dengan menggunakan amoniak sebagai bahan kimia. Peternak sering memberikan pakan fermentasi pada hewan ternak berkaki empat seperti kambing, kerbau dan sapi.

Di zaman modern ini tentunya kita bekerja menggunakan metode dan pengolahan yang baik. Seperti halnya peternakan kambing dan peternakan. Dalam hal ini tentunya membutuhkan beberapa cara yang dapat memberikan hasil yang maksimal yaitu dalam jumlah banyak, kualitas terjamin dan biaya perawatan yang rendah.

Kelebihan Fermantasi Pakan Kambing 

Dibandingkan pakan alami yang kita berikan langsung ke kambing, pakan fermentasi memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah:

  1. Dapat memperbaiki sistem pencernaan pada kambing.
  2. Mampu meningkatkan produksi susu pada kambing khususnya kambing etawa.
  3. Bikin kambing cepat gemuk atau angkat secara alami dan sehat.
  4. Pakan fermentasi dapat disimpan jika diperlukan (pakan ternak dapat memakan waktu lama dan mengurangi jumlah kandungan nutrisi).
  5. Dapat mempercepat pertumbuhan karena pakan ternak yang difermentasi mengandung nutrisi yang meningkatkan nafsu makan.
  6. Daging kambing akan lebih rendah kolesterol dan tidak encer.
  7. Membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun pada kambing.
  8. Dapat mengurangi amonia atau bau tidak sedap dari kotoran hewan, sehingga mengurangi polusi udara di lingkungan.
  9. Kotoran kambing yang diolah menjadi pupuk memiliki kualitas yang sangat baik.
  10. Urine kambing lebih sedikit dan bisa dijadikan biogas alami, jadi beternak kambing lebih mudah.

Cara Fermentasi Pakan Kambing 

Alat dan Bahan :

  • Pisau pemotong atau cacah untuk memotong bahan pakan
  • Terpal, plastik besar atau tong besar untuk tempat menampung bahan fermentasi
  • Batang pisang sebagai bahan utama
  • Air tebu atau gula pasir dan garam
  • Suplemen probiotik SOC-HCS
  • Dedak atau bekatul dan ampas tahu 
  • Air secukupnya

Cara Membuat Fermentasi Pakan Kambing :

Sebelum kita mulai memfermentasi pakan kambing, terlebih dahulu kita siapkan larutan suplemen SOC organik, dicampur dengan larutan gula pasir atau sari tebu dan air. Diamkan selama kurang lebih 15 menit setelah bumbu fermentasi matang. Kemudian mulailah memproses sambil menunggu minuman:

  • Pertama-tama siapkan tempat yang akan digunakan untuk fermentasi pakan kambing. Gunakan terpal yang disiapkan untuk menggiling (mencampur) bahan fermentasi dengan bahan lainnya.
  • Potong batang pisang atau jerami dengan pisau atau pisau pemotong yang sudah disiapkan. Tahap ini berfungsi untuk mempermudah proses fermentasi dan untuk mensuplai bahan fermentasi secara merata ke bahan fermentasi. (bisa dilakukan sebelum membuat bumbu fermentasi.)
  • Setelah gedbog atau jerami dicincang, campurkan dengan bahan alami lainnya seperti dedak ataubekatul dan ampas tahu.
  • Kemudian taburi dengan garam.
  • Proses selanjutnya setelah garam dari bahan fermentasi alami adalah dengan membasahinya dengan bumbu fermentasi yang dilarutkan selama 15 menit dan diaduk hingga merata.
  • Setelah bahan fermentasi diaduk, bahan fermentasi siap digunakan.
  • Kemudian masukkan semua bahan ke dalam tong atau plastik dan tutup rapat sampai lapang.
  • Proses fermentasi membutuhkan waktu yang cukup lama.
  • Tunggu 1 sampai 3 jam untuk bahan utama debogging, sedangkan waktu tunggu bahan utama sedotan adalah 1 hari atau 24 jam (khusus sedotan bisa lebih dari 1 hari atau bahkan sampai 14 hari. Sesuai kebutuhan pakan fermentasi, mau segera diberikan atau tidak).

Baca juga :

Demikian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat tentang cara fermentasi pakan kambing bermanfaat. Selamat mencoba….

Terima kasih:)