Cara Memasak Gurita agar Tidak Keras

logo switch-foot.com
cara memasak gurita agar tidak keras
cara memasak gurita agar tidak keras

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara memasak gurita agar tidak keras dan tidak alot.

Hampir semua orang pasti pernah memakan seafood. Seafood merupakan bahan makanan yang berasal dari hasil laut. Makanan seafood ini memiliki berbagai macam jenis. Seafood terdiri dari ikan, kepiting, udang, rumput laut, kerang laut, cumi-cumi, gurita, dan lain sebagainya.

Gurita merupakan salah satu seafood yang terkenal dan banyak disukai. Daging gurita dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Memasak gurita juga bisa menggunakan berbagai macam teknik memasak. Seperti digoreng, direbus, dipanggang, ditumis, dll.

Cara Memasak Gurita agar Tidak Keras

Memasak gurita tergolong cukup mudah, bahkan Anda tidak perlu memiliki keterampilan dalam memasak. Namun, pada saat memasak gurita tidak boleh sembarangan dan perlu memperhatikan beberapa hal. Banyak orang yang bisa memasak gurita, namun belum tentu dia tahu bagaimana cara memasak gurita dengan baik dan benar. Simak cara memasak gurita yang baik dan benar di bawah ini

Berikut adalah cara memasak gurita agar tidak keras:

  1. Siapkan semua bahan-bahannya
  2. Jika Anda membeli gurita segar, Anda bisa meminta penjual ikan untuk membersihkan guritanya terlebih dahulu. Namun, jika gurita belum dibersihkan, cuci dan bersihkan gurita, buang kantong tinta dan organ dalam dengan membuat sayatan melingkar di sekitar paruh dengan pisau tajam. Tarik paruh gurita (organ akan ikut bersamanya).
  3. Siapkan panci untuk merebus gurita. Rebus gurita hingga mendidih.
  4. Rebus daging gurita dengan suhu sekitar 87 – 93 derajat celcius. Waktu memasak dapat bervariasi tergantung pada berat gurita dan jumlah gurita yang Anda masak. 1 kilogram gurita (4 porsi) biasanya memakan waktu antara 1 sampai 2 jam. Namun, Anda dapat menguji tingkat kematangannya dengan memasukkan pisau di tempat kepala gurita bertemu dengan kakinya untuk melihat apakah ia mudah meluncur.
  5. Setelah daging gurita empuk, gurita bisa disajikan sebagai salad atau diolah kembali dalam hidangan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memanggang daging gurita dengan api besar untuk menghaluskan bagian luarnya.

Baca artikel lainnya di sini : Cara Memasak Gurita agar Empuk dan Lezat

Menurut Harold Mcgee, dosen ilmu pangan, kunci gurita yang beraroma dan empuk ialah merebusnya selama 30 detik dalam air mendidih kemudian memanggangnya di dalam oven pada suhu 93 derajat celcius selama beberapa jam.

Manfaat Gurita

manfaat gurita
manfaat gurita

Gurita memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Manfaat gurita antara lain:

Mengandung Zat Besi

Kandungan zat besi dalam gurita memang sangat tinggi. Satu gurita yang Anda makan mungkin cukup untuk memenuhi 8 miligram zat besi yang dibutuhkan pria. Sementara wanita membutuhkan 18 miligram sehari, gurita sekarang mengandung lebih dari 8 miligram zat besi dalam satu porsi, sehingga dapat menyeimbangkan kesehatan tubuh manusia

Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain zat besi, gurita juga mengandung taurin, yang berfungsi dan dapat bertindak sebagai pengontrol jantung. Zat taurin berperan sebagai mesin yang menyaring lemak jahat dari tubuh menjadi lemak yang bermanfaat 

Mengandung Selenium

Daging gurita memiliki banyak sekali manfaat, termasuk kandungan selenium. Kandungan selenium dalam gurita telah memberi tubuh Anda lebih dari jumlah yang disarankan.

Selenium digunakan untuk membantu menjaga metabolisme protein selama proses pencernaan dan dapat bertindak sebagai antioksidan dengan membersihkan tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel. Tubuh Anda membutuhkan 55 mikrogram selenium setiap hari, dan porsi 3 ons gurita mengandung 75 mikrogram selenium.

Menghilangkan Stres

Daging gurita yang dikonsumsi secara bertahap dengan porsi yang baik, dapat membantu Anda untuk menghilangkan stres yang sedang dialami karena sifatnya yang bertindak sebagai antioksidan. Ketika tubuh sedang mengalami stress, cobalah untuk mengonsumsi gurita.

Mengandung Vitamin B-12

Gurita memiliki kebutuhan harian akan vitamin B-12 yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Vitamin B-12 sangat penting untuk menjaga metabolisme sel-sel yang ada pada tubuh. Anda memerlukan 2,4 mikrogram vitamn B-12 setiap hari, sedangkan daging gurita menawarkan lebih dari 30 mikrogram pada setiap 3-ons porsinya. Akan tetapi perlu diingat untuk jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

Menjadi Menu Diet Aman

Dalam satu gurita dengan berat 3-ons memberikan kurang dari 1,8 gram lemak. Yakni kurang dari 0,5 gram dari lemak jenuh. Tubuh manusia tidak membutuhkan banyak lemak maupun kolesterol karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Lemak jenuh harus kurang dari 7% dari kalori tubuh Kamu.\

Dengan lemak sebesar 1,8 gram dan 140 kalori dapat membuat daging gurita aman bagi Anda yang sedang diet. Makanan rendah lemak dan kalori tidak membahayakan dietmu

Terima kasih telam membaca artikel ini, semoga bermanfaat.