Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek

Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek. Carannya sangatlah mudah dan dapat kamu lakukan sendiri dirumah. Yukk simak artikel berikut ini!

Kandungan Nutrisi Nasi Putih bagi Tubuh

Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Nilai gizi nasi putih tidak hanya murah dan mudah didapat, tetapi juga baik untuk kesehatan dan fungsi penting bagi tubuh.

Tentu saja, untuk mendapatkan pola makan yang lengkap, tidak disarankan makan nasi putih saja. Nasi putih sebagai makanan pokok harus dipadukan dengan lauk pauk, sayur dan buah-buahan.

Informasi Gizi Nasi Putih


Nasi putih merupakan sumber utama karbohidrat yang menjadi makanan pokok di banyak negara, khususnya Indonesia. Satu porsi nasi putih seukuran mangkuk (180 gram) setidaknya mengandung 50 gram karbohidrat.

Meski kadarnya tinggi, karbohidrat dalam nasi putih sebagian besar terdiri dari gula dan pati daripada serat. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bagi penderita diabetes dalam mengatur jumlah nasi putih yang dikonsumsi.

Selain karbohidrat, nutrisi lain yang terkandung dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.

Fungsi Penting Nasi Putih bagi Tubuh


Karbohidrat dalam nasi putih berperan penting dalam suplai energi tubuh. Saat Anda makan nasi putih, karbohidrat di dalamnya dipecah menjadi glukosa, yang kemudian diserap dan dilepaskan ke aliran darah. Glukosa ini diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama untuk otak.

Selain sebagai sumber energi, manfaat nasi putih juga bisa didapat dari kandungan nutrisi lainnya, yaitu:

Vitamin B1 (tiamin) untuk mendukung metabolisme karbohidrat.
Magnesium sebagai komponen penting dalam membangun struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.


Mangan untuk mendukung otak, sistem saraf, dan enzim dalam tubuh.
Meski nasi putih kaya akan nutrisi, konsumsi nasi putih secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatanmu. Salah satu risiko terlalu banyak mengonsumsi nasi putih adalah terjadinya sindrom metabolik, yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Beberapa ahli gizi lebih memilih untuk mengkonsumsi beras merah (brown rice) karena mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral daripada beras putih. Namun karena nasi merah kurang mengembang dan rasanya hambar, kebanyakan orang tetap memilih nasi putih.

Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek

1. Kenali ragam nasi sebelum dimasak

Beda jenis beras, beda jumlah air. Tidak semua nasi bisa dimasak dengan jumlah air yang sama. Terkadang ada nasi yang hanya membutuhkan sedikit air agar teksturnya tidak terlalu lembek. Namun, ada juga nasi yang membutuhkan banyak air untuk mendapatkan tekstur yang lebih encer.

Untuk mengetahui jenis nasi, bereksperimenlah dengan memasak nasi dalam takaran kecil. Dengan porsi kecil, kamu tidak perlu membuang nasi terlalu banyak jika kamu melakukan kesalahan saat memasak nasi.

Sekarang setelah kamu menemukan tingkat kelembapan yang tepat untuk nasi pilihan kamu, saatnya memasak lebih banyak nasi.

2. Tiriskan air setelah mencuci beras

Beberapa orang tidak mengalirkan air sampai benar-benar kering setelah mencuci beras. Hal ini meningkatkan konsumsi air saat memasak nasi. Akibatnya, sisa air cucian beras menambah jumlah air yang digunakan untuk memasak nasi.

Terlalu banyak air bisa membuat nasi terlalu lembek. Oleh karena itu, setelah mencuci beras, selalu tiriskan air hingga benar-benar kering. Gunakan saringan khusus untuk mengalirkan air setelah mencuci beras.

3. Gunakan 1: 2. Rasio beras dan air

Cara memasak nasi di Magic com agar tidak lembek sebenarnya sangat sederhana. kamu hanya perlu menggunakan rasio 1:2 beras dengan air. Apa itu rasio 1: 2? Artinya, jika kamu memasak segelas nasi, jumlah air yang digunakan akan menjadi dua gelas.

Perbandingan seperti itu cukup kuat untuk memasak nasi yang pulen, tidak lembek. Namun, jika nasi yang dihasilkan masih lembek, maka kamu perlu mengurangi jumlah airnya sedikit lagi.

4. Tidak ada tambahan mentega atau garam

Beberapa orang suka menambahkan mentega atau garam ke nasi yang mereka masak. Tujuannya agar rasa nasi menjadi lebih pedas. Sayangnya, menambahkan mentega atau garam hanya akan membuat nasi menjadi lembek.

Baik garam maupun mentega dapat melunakkan nasi dan membuatnya cepat hancur. Akibatnya nasi yang dimasak menjadi lembek atau tidak matang sempurna. Jika Anda ingin menambahkan garam atau mentega, kamu harus menunggu sampai nasi matang. Setelah matang, tambahkan bahan-bahan tersebut dan aduk secara manual agar lebih merata.

5. Jangan buka tutup Magic Com sampai nasi matang

Alat seperti Magic com dirancang dengan sempurna untuk memasak nasi secara otomatis hingga matang sepenuhnya. Jadi kebiasaan membuka tutup Magic Com hanya merusak nasi di dalamnya. Selain itu, Magic com lebih mudah rusak jika dibuka dan ditutup saat menanak nasi.

Jika kamu pernah menggunakan Magic Com, jangan membuka tutupnya saat menanak nasi. Setelah nasi matang, sebaiknya jangan langsung membuka tutupnya. Tunggu 10-15 menit saja agar nasi yang di kompres ajaib matang sempurna dan tidak terlalu lembek.

6. Masak nasi putih dan nasi merah secara terpisah

Memasak dua jenis nasi sekaligus akan menghemat listrik. Namun, kebiasaan memasak dua jenis nasi yang berbeda (nasi putih dan nasi merah) justru membuat nasi putih menjadi lembek.

Cara memasak nasi di Magic com agar tidak lembek adalah dengan memisahkan setiap jenis nasi. Selain memisahkan beras merah dan beras putih, Anda juga harus memisahkan beras putih merek A dengan beras putih merek B.

Sekian artikel cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobannya!