Cara Memasak Rendang Daging Sapi Sederhana

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Sederhana

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara memasak rendang daging sapi sederhana. Tentunya caranya sangat mudah dan sederhana yang dapat kamu coba dirumah. Simak artikel berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut!

Asal-usul Rendang

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Sederhana

Rendang berasal dari Sumatera, khususnya Minangkabau. Bagi masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak lama dan menjadi hidangan tradisional yang disajikan dalam berbagai acara adat dan hidangan sehari-hari.

Sebagai hidangan tradisional, rendang diperkirakan sudah ada sejak masyarakat Minang menggelar acara adat pertama mereka. Kemudian seni kuliner ini berkembang di wilayah perantauan.

Budaya Malaysia lainnya dimulai di Mandailing, Riau, Jambi, hingga negara lain di Negeri Sembilan yang dihuni oleh pendatang dari Minangkabau. Oleh karena itu, rendang dikenal luas baik di Sumatera maupun Semenanjung Malaya.

Profesor. dr. Sejarawan Universitas Andalas Gusti Asnan memperkirakan rendang telah menjadi hidangan populer sejak masyarakat Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16.

Karena perjalanan melintasi sungai yang panjang, rendang mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai cadangan saat itu. Hal ini dikarenakan rendang bersifat kering dan sangat tahan, dapat disimpan berbulan-bulan.

Sehingga cocok digunakan sebagai cadangan waktu migrasi atau untuk perjalanan niaga. Rendang juga disebutkan dalam sastra klasik Malaysia sebagai Hikayat Amir Hamzah, membuktikan bahwa rendang telah dikenal dalam seni masakan Malaysia sejak tahun 1550-an atau pertengahan abad ke-16.

Kelahiran rendang tidak luput dari pengaruh berbagai negara, misalnya rempah-rempah dari India yang diperoleh melalui pedagang di Gujarat, India. Karena terus diaduk, rendang identik dengan warna hitam dan tidak memiliki kuah.

Rendang menjadi lebih terkenal dan tersebar jauh melampaui wilayah aslinya berkat budaya migrasi orang Minangkabau. Orang Minang yang pergi ke luar negeri selain karena pekerjaan atau perdagangannya.

Banyak dari mereka adalah pengusaha yang membuka restoran di Padang di seluruh nusantara, termasuk ke negara tetangga Eropa dan Amerika.

Restoran inilah yang memperkenalkan rendang dan hidangan Minangkabau lainnya secara luas. Popularitas rendang telah membuat rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat 1 dalam daftar 50 hidangan terlezat di dunia pada tahun 2011.

Cara Membuat

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Sederhana

Bahan

  • 1 kg daging sapi
  • 3 butir kelapa, diambil santan kental dan santan encernya
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 batang serai, memarkan
  • 4 butir asam kandis
  • 100 ml minyak goreng
  • 5 gram garam
  • 60 gram bawang merah
  • 50 gram bawangputih
  • 250 gram cabai merah besar
  • 100 gram lengkuas
  • 50 gram kemiri
  • 2 gram cengkeh

Alat Yang Digunakan

  • Pisau untuk memotong daging,
  • Talenen sebagai alas untuk memotong daging,
  • Parutan untuk mengolah kelapa,
  • Ulekan/blender untuk menghaluskan bumbu,
  • Kompor untuk memasak,
  • Penggorengan sebagai wadah untuk memasak,
  • Gelas ukur, digunakan untuk mengukur volume santan.

Langkah-langkah

  1.  Haluskan semua bahan Bumbu dengan diulek atau diblender.
  2. Tumis bumbu dengan sedikit minyak goreng hingga wangi.
  3.  Masukkan batang serai, daun jeruk, asam kandis dan garam, aduk rata.
  4.  Tuangkan santan dan dididihkan, masukkan daging.
  5.  Masak dengan  kompor api kecil selama beberapa jam hingga daging empuk dan bumbu kecoklatan sesuai selera.

Manfaat Rendang untuk Kesehatan

1. Kaya akan vitamin dan mineral

Saat dikonsumsi oleh Rendang, ia menyimpan vitamin dan mineral. Yaitu kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan zat besi. Berguna untuk mengoptimalkan fungsi tubuh kita.

2. Kaya akan protein

Rendang dibuat dari daging sapi sebagai bahan bakunya. Tentu saja, ini adalah sumber protein hewani yang rendah lemak. Protein juga sangat penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

3. Herbal dapat menangkal penyakit

Paprika yang digunakan untuk membuat rendang dan capsaicin dapat melawan bakteri, bersifat karsinogenik dan analgesik. Selain itu, daun jeruk nipis, serai, merica, kunyit, dan bumbu lainnya juga bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Rumitnya Proses Memasak Rendang

Cara Memasak Rendang Daging Sapi Sederhana

Perlu Anda ketahui bahwa proses memasak rendang membutuhkan waktu minimal 6-7 jam dengan suhu sekitar 80-95 derajat Celcius. Ini rumit untuk dilihat. Karena untuk menjadi rendang, daging yang dimasak harus melalui tahapan dalam 3 jenis makanan, yaitu gulai, kalium dan kemudian rendang.

Setelah bahan baku utama rendang – daging, santan dan bumbu – matang, biasanya kuahnya berwarna kekuningan dan masih cair. Pada tahap ini hidangan tersebut disebut gulai.

Saat kuahnya mengental dan berubah warna menjadi kecokelatan, masakan itu bisa disebut kalio. Terakhir, ketika kuahnya sudah kering, kental, dan berwarna cokelat tua kehitaman, daging yang Anda masak hanya bisa disebut rendang. Tak heran, ya, proses memasaknya memakan waktu hingga 7 jam.

Arti Budaya Rendang

Rendang berada dalam posisi yang baik dalam budaya Minangkabau. Memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minan, Sumatera Barat, yaitu musyawarah dan mufakat yang menyimpang dari empat unsur pokok.

Ini melambangkan keutuhan masyarakat Minang. Secara simbolis, daging sapi melambangkan pemimpin adat, kelapa melambangkan intelektual, cabai melambangkan “Alim Irama”, yang tegas dalam mengajarkan hukum agama, dan rempah-rempah melambangkan seluruh masyarakat Minangkabau.

Dalam tradisi Minangkabau, Rendang merupakan hidangan yang wajib dihidangkan pada semua perayaan adat, termasuk berbagai ritual adat Minangkabau, pesta, atau penyambutan tamu kehormatan.

Sekian artikel cara memasak rendang daging sapi sederhana, semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencobannya!