Cara Memasak Tongseng Kambing Tanpa Santan

cara memasak tongseng kambing tanpa santan

Halo sohib-sohib semuanya, pada artikel dan kesempatan kali ini saya akan berbagi resep dan juga cara memasak tongseng kambing tanpa santan anti prengus. Nah bagi sohib-sohib sekalian yang tidak suka santan atau mungkin anti dengan santan, mungkin pembahasan kali ini cocok untuk kalian.

Namun, sebelum kita masuk ke pembahasan yang paling utama, saya mau membahas sekaligus mengulik sedikit hal yang masih berkaitan dengan tongseng ini, barangkali masih ada diantara kalian semua yang belum tahu apa sih tongseng ini.

Langsung saja, tanpa perlu lagi ada kata serta banyak basa-basi, kita langsung masuk ke pembahasannya.

Tongseng

cara memasak tongseng kambing tanpa santan

Di zaman ini masih ada ga si sohib sekalian yang belum mengenal Tongseng yang satu ini?, masakan yang dapat dibilang hampir serupa dan sejenis kari. Hanya saja, terdapat juga perbedaan dalam penggunaan bumbu dan potongan daging yang digunakan untuk membuat hidangan ini.

Bumbu yang terdapat pada tongseng ini biasanya yang digunakan lebih pedas dari gulai dan juga kari. Selain itu, dalam penggunaan bagian daging kambingnya, biasanya hidangan ini hanya menggunakan daging yang berasal dari bagian tulang punggung serta sekitaran bagian tulang rusuk saja.

Cara memasak tongseng kambing tanpa santan

cara memasak tongseng kambing tanpa santan

Setelah sebelumnya kalian telah mengetahui tongseng dari pembahasan saya sebelumnya, kali ini sudah saatnya saya akan menceritakan cara memasak tongseng kambing tanpa santan anti prengus.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata serta banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan mengenai cara memasak tongseng kambing tanpa santan.

Bahan-bahan :

350 gram daging kambing

2 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

2 batang serai

Kubis secukupnya (Dipotong-potong)

Tomat (di potong-potong sesuai selera)

Daun Bawang

Cabe (opsional sesuaikan dengan tingkat kepedasan kalian)

Kaldu jamur (bebas menggunakan merk apapun)

kecap manis (bebas menggunakan merk apapun)

Garam secukupnya

Gula Secukupnya

1 liter kaldu (bisa menggunakan air rebusan daging)

Bahan bumbu halus:

4 siung bawang putih

8 siung bawang merah

jahe (1,5 cm)

2 butiran kemiri

Lada bubuk (bebas menggunakan merk apapun)

Langkah dan Tahapan Pembuatan:

  1. Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah memasak daging kambing yang sudah disiapkan sebelumnya oleh kalian bersamaan dengan  sebatang serai, daun jeruk serta juga daun salam. Kemudian dilanjutkan dengan memasanya sampai empuk dan matang.
  2. Selanjutnya, kalian bisa melanjutkan dengan menumis bumbu halus sampai muncul dan tercium bau harum. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan serai, daun jeruk serta daun salam, kemudian kalian lanjutkan dengan menumisnya sampai sekiranya tercium bau harum.
  3. Setelah sekiranya tercium harum,kalian lanjutkan dengan memasukkan daging yang sudah kalian rebus dan masak tadi serta jangan lupa untuk menambahkannya dengan kaldu.
  4. Selanjutnya, kalian bisa menambahkan kubis, daun bawang, cabai (jika kalian menggunakannya), beserta kecap manis dan diaduk sampai semuanya tercampur dengan merata.
  5. Setelah sekiranya tercampur dengan merata, lanjutkan dengan menambahkan kaldu jamur, gula, garam secukupnya, dan lanjutkan dengan memasaknya sampai matang.
  6. Setelah sekiranya sudah matang, kalian bisa angkat dan kemudian  tongseng kambing tanpa santan siap dihidangkan serta disantap.

Beberapa Tips Serta Trik Agar Daging Kambing Tidak Bau Prengus

Eits, artikel kali ini belum selesai sampai situ aja sohib sekalian, setelah ini  saya akan melanjutkan dan membahas beberapa tips serta trik supaya daging kambing yang akan kalian masak nantinya tidak mengeluarkan bau prengus yang tidak sedap.

Langsung saja, tanpa perlu lagi ada kata serta banyak basa-basi, kita masuk ke pembahasan tips dan triknya.

Gunakan Rempah Yang Cukup Disaat Memasak

Di tips dan juga trik yang pertama, kalian disaat memasak bisa menggunakan rempah yang cukup saat memasak, contohnya jahe dan kunyit yang bisa kalian manfaatkan untuk menghilangkan bau prengus

Hal itu bisa terjadi dikarenakan, kunyit dan juga jahe memiliki aroma yang tajam dan khas dari masing-masing bahan tersebut, yang bisa membantu dalam persoalan menghilangkan bau menyengat prengus daging kambing saat dimasak.

Selain itu, terdapat juga manfaat lain kalau kalian menggunakan rempah yang cukup disaat memasak daging kambing ini, yakni membuat daging kambing kalian akan menjadi lebih empuk dibandingkan tanpa menggunakan rempah-rempah

Gunakan Lobak Untuk Menghilangkan Bau Prengus

Selain menggunakan rempah yang cukup, kalian juga bisa menggunakan lobak untuk membantu menghilangkan bau prengus yang mungkin belum banyak orang yang tahu akan hal ini.

Untuk menghilangkan bau prengus memakai lobak, kalian hanya cukup perlu memasaknya bersamaan dengan lobak ini selama kurang lebih 20 – 30 menit.

Jangan Dicuci Secara Langsung

Untuk tips yang terakhir yakni jangan sohib sekalian mencuci daging kambing secara langsung, karena hal itu bisa menyebabkan daging kambing kalian menjadi memiliki potengsi yang lebih besar untuk mengeluarkan bau yang tidak sedap atau prengus.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kalian bisa memakai alternatif dengan cara memasak daging kambing secara langsung di air yang sudah mendidih kemudian kalian tunggu sampai airnya mengeluarkan banyak busa, setelah itu bisa kalian angkat dan tiriskan sebelum diolah.

Cara tersebut bisa sohib sekalian gunakan untuk menghilangkan bau prengus, selain itu cara tadi juga membantu menghilangkan dari kotoran yang ada dari daging kambing

Akhiran

Itulah tadi artikel terkait dengan tongseng kambing tanpa santan anti prengus, saya harap artikel dan pembahasan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi sohib-sohib sekalian yang sedang mencari atau membutuhkan informasi terkait.

Oiya, kalian juga jangan lupa untuk mengunjungi dan menyimak artikel lainnya yang ada di website ini ya !, see u another chance guys