Cara Membuat Baceman Bawang

logo switch-foot.com

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kepada kalian semua cara membuat baceman bawang yang enak dan lezat. Dan cek juga mesin pengupas bawang untuk mempermudah kerja kalian.

Cara Membuat Baceman Bawang

Cara Membuat Baceman Bawang

Bawang putih baceman adalah bumbu utama untuk menyiapkan berbagai masakan. Selain itu, bumbu ini juga terbukti alami dan memiliki umur simpan yang lama. Jadi Anda tidak perlu membuat baman bawang putih setiap kali ingin memasak. Bawang putih baceman bisa disimpan selama 2 minggu hingga 1 bulan lho. Asalkan Anda tetap kedap udara dan mencegahnya menjadi lembab atau meneteskan air. Membuat baceman bawang putih di rumah dapat mempermudah dan menghemat waktu memasak. Yuk buat baceman bawang putih sendiri di rumah untuk dijadikan kaldu.

Berikut tips

  1. Bersihkan bawang putih.
    Bawang putih dari mana baceman dibuat harus terlebih dahulu dikupas dan dibersihkan. Saat mencuci, usahakan bawang putih kering terlebih dahulu sampai tidak ada air yang tersisa.
  2. Tambahkan bahan lainnya.
    Untuk membuat bawang putih yang enak, Baceman juga memiliki umur simpan yang lama. Anda membutuhkan beberapa bahan seperti kemiri, minyak wijen dan minyak sayur.
  3. Alat yang digunakan harus kering.
    Alat yang digunakan untuk menghaluskan bahan baceman bawang putih harus kering ya. Anda bebas menggunakan blender, chopper atau pulverizer. Jangan lupa untuk menyeka alat terlebih dahulu jika masih ada sisa air setelah dicuci.
    Wadah tempat penyimpanan baceman bawang putih nantinya juga harus dikeringkan terlebih dahulu. Karena sedikit air saja bisa menyebabkan baceman bawang putih berjamur dan tidak tahan lama.
  4. Haluskan dan simpan dalam wadah kaca tertutup rapat.
    Bawang putih dan kemiri harus dihaluskan. Tingkat kehalusannya bisa diatur sesuka hati, bisa dihaluskan sampai cukup halus sehingga masih ada tekstur bawang putihnya.
    Kemudian masukkan ke dalam wadah atau gelas kaca dan tutup rapat. Penting untuk memasukkannya ke dalam wadah kedap udara agar baceman bawang putih bertahan lama.
  5. Campur dengan minyak.
    Gunakan minyak wijen secukupnya untuk menambah rasa dan aroma pada baceman. Kemudian tuangkan minyak sayur sampai bawang putih dan kemiri benar-benar tertutup. Jangan lupa diaduk hingga merata.
  6. Simpan pada suhu kamar.
    Simpan siung bawang putih yang tertutup rapat pada suhu kamar. Gak usah dimasukin kulkas, nanti lembab.

Cara Membuatnya

bahan

  • 100 gram bawang putih (20-25 siung)
  • 1 buah kemiri

melangkah

  1. Kupas dan cuci bawang putih, tiriskan hingga kering. Jika perlu, bungkus dengan sapu tangan dan biarkan sepanjang hari sampai benar-benar kering. Bukan setetes air
  2. Haluskan lilin, tumbuk kasar bawang putih
  3. Taruh di gelas
  4. Tambahkan minyak goreng hingga menutupi seluruh permukaan bawang putih
  5. Tutup kedap udara. Biarkan berfermentasi
  6. Tunggu minimal selama 24 jam dan baceman siap digunakan, bisa digunakan juga untuk Nasi Goreng, Mie Jawa, Cabe Goreng dan aneka tumisan lainnya

Perkataan:

Dapat disimpan maksimal satu bulan jika disegel kedap udara. Semakin lama difermentasi semakin baik, meskipun lebih baik tidak membuat baceman bawang terlalu banyak (sekitar 1-2 minggu) agar selalu mendapatkan baceman bawang segar. * Dalam seminggu lebih baik disimpan di suhu ruangan, selebihnya hanya bisa disimpan di lemari es. * Anda harus meletakkan sendok khusus di dalamnya agar tidak terkontaminasi dengan tetesan air dan bahan lainnya saat Anda menggunakan sendok lain.
Cara Penggunaan:
Bumbui bawang bombay + minyak dengan sendok, lalu goreng dengan bumbu lainnya, tergantung cara penyajian dan selera. Jika minyak dalam toples telah menyusut atau hampir habis, Anda dapat menambahkan lebih banyak minyak.

Sekian artikel kami semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dan jika ada salah mohon maaf dan cek juga rumah sabut.