Cara Membuat Bolu Tanpa SP dan Baking Powder

logo switch-foot.com

Cara Membuat Bolu Tanpa SP dan Baking Powder. Ingin membuat bolu tapi menggunakan bahan-bahan sederhana yang sangat mudah ditemukan di toko dekat rumah Anda? Anda bisa membuat bolu dengan bahan tambahan yang ada di rumah dan mudah didapat juga.

Bahan tambahan untuk membuat Bolu adalah chocolatos, oreo, kismis, almond, keju, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat bolu tanpa sp dan baking soda. Tidak hanya lembut dan imut, tapi juga tidak terlalu rumit.

Bahan Cara Membuat Bolu Tanpa SP dan Baking Powder

  • 5 sendok makan tepung terigu
  • gula pasir 5 sendok makan
  • 6 sendok makan minyak sayur
  • 2 bubuk chocolatos
  • susu kental manis cokelat 2 saschet, larutkan dengan 5 sendok makan air hangat
  • 2 butir telur ayam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • Boleh pakai chocochips, meses, atau keju untuk topping (sesuai selera)

Cara Membuat Bolu Tanpa SP dan Baking Powder

Prosese Pembuatan :

  • Campur semua bahan di atas menjadi satu kecuali mentega cair, emulsifier dan minyak goreng.
  • Aduk hingga adonan merata.
  • Kemudian tambahkan emulsifier
  • Aduk terus hingga adonan terlihat mengembang.
  • Tambahkan mentega cair dan minyak secara bertahap seperti biasa. Aduk bolak-balik secara teratur agar kue bolu tidak terlalu kental.
  • Untuk membuat kue bolu lebih sempurna, tambahkan resep keju parut.
  • Jadikan kesan kue Anda lebih mewah. Tapi jangan terlalu banyak ya? Standar saja.
  • Setelah pencampuran selesai, siapkan loyang yang sebelumnya diolesi mentega.
  • Kemudian taburi dengan lapisan tipis tepung agar tidak lengket.
  • Saat memanggang, periksa tingkat kematangan dengan menusuk dengan tongkat atau ujung pisau.
  • Setelah matang, angkat segera dan sajikan.

Mengenali Dua Jenis Cara Membuat Blu Tanpa SP dan Baking Powder

Dari teknik pembuatannya, cara membuat bolu dibedakan menjadi 2, yaitu:

Kue Mentega Atau Kue Krim

Pembuatan butter cake atau shortening butter cake dimulai dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan yang creamy. Jenis kue ini membutuhkan pengembang berupa baking soda atau soda kue. Salah satu contoh kue mentega yang paling sederhana adalah kue pon yang terbuat dari mentega, gula, dan tepung, masing-masing berukuran 1 pon.

Di masa lalu, tidak ada bahan pengembang yang digunakan untuk kue mentega atau resep yang dipersingkat dan hanya mentega yang dikocok sampai lunak yang digunakan.

Kue Bolu Atau Kue Busa

Proses pembuatan Sponge cake diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung.

Berdasarkan teknik mengocok telur, kue bolu dibagi menjadi:
-Kue dengan putih telur dan kuning telur, masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah
-Tekstur cake yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake.
-Kocok putih telur dan kuning telur bersama-sama (Genoise).
-Kebanyakan kue bolu dan resep kue menggunakan kuning telur dan putih telur yang dikocok bersama.

Bahan yang Digunakan Harus Sesuai Dengan Suhu Ruangan


Dalam pengalaman kami sendiri, saat membuat kue bolu untuk pertama kalinya, menggunakan telur dingin dari lemari es menciptakan kue bolu yang sempurna. Ternyata telur dingin sulit mengembang saat dikocok. Begitu juga dengan margarin. Jangan menuangkan margarin yang baru saja meleleh ke dalam adonan, meskipun margarin masih panas. Tunggu agak hangat baru bisa ditambahkan ke adonan agar hasil kue bolunya sempurna.

Proses Pencairan Margarin


Margarin juga harus diperhitungkan dalam proses peleburan. Meskipun tidak boleh langsung ditambahkan setelah meleleh, ternyata margarin yang dilelehkan tidak boleh terlalu lama berada di suhu ruang. Caranya adalah segera cairkan margarin dalam wajan dengan api kecil setelah adonan setengah kalis. Anda tidak perlu menunggu semua margarin meleleh. Jika margarin hampir meleleh seluruhnya atau hanya sebagian kecil yang tidak meleleh, segera matikan api dan angkat dari kompor. Pindahkan segera ke dalam wadah yang agak lebar, tapi jangan di piring.

Soalnya, pas ditaruh di piring margarinnya cepat dingin, sedangkan margarin cair yang sudah dingin malah bikin bolunya alot. Bagaimanapun, sebagian kecil margarin akan meleleh dengan sendirinya karena suhu yang hangat, kemudian saat adonan masih diuleni, margarin hangat siap untuk dituangkan.

Perhatikan Wadah dan Alat yang Digunakan


Pastikan wadah dan alat yang digunakan benar-benar kering. Periksa satu per satu, jangan sampai air, minyak atau mentega menempel. Anda bahkan tidak bisa membasahinya karena ini akan mencegah adonan mengembang dan menjadi kental. Tentu saja, Anda harus membersihkan alat dan wadah sebelum digunakan, tetapi hanya mengelap saja tidak cukup, karena harus lembab. Usahakan biarkan mengering dengan sendirinya semalaman di suhu ruangan, maka alat dan wadah siap digunakan!

Tips Untuk Menuangkan Bahan

Anda tidak bisa hanya bermain selama Anda menuangkannya. Ternyata menuangkan bahan ke dalam adonan juga perlu dilakukan secara perlahan. Misalnya tepung terigu (ayak terlebih dahulu agar tidak menggumpal). Boleh tuang sedikit dulu, aduk dengan spatula. Jika sudah tercampur rata, tuang lagi sampai habis. Agar tidak terlalu sering mengaduknya, Anda bisa mencampurkan tepung terigu, baking powder, susu bubuk, coklat bubuk, atau tepung maizena. Bahan cair seperti margarin juga bisa dipadukan dengan mie, susu cair atau santan.

Kocok Adonan Untuk Waktu Yang Lama


Saat Anda membuat spons, Anda tidak bisa mengocoknya terlalu lama. Pertama kali Anda mengocok telur dengan gula dan pengemulsi, gunakan blender dengan kecepatan rendah. Kemudian cukup tingkatkan kecepatan mixer untuk membuat adonan naik dan tingkatkan ke kecepatan tertinggi untuk menguleni adonan. Waktu pengocokan juga harus disesuaikan. Jika Anda berhenti terlalu cepat, adonan akan menjadi kurang stabil dan akan cepat jatuh, meskipun masih dalam proses pemanggangan.

Namun jika terlalu lama, adonan justru akan mengambil terlalu banyak udara, yang akan menyebabkan gumpalan. Intinya, ikuti resep dan petunjuknya dengan cermat dan jangan berimprovisasi sembarangan. Kecuali jika teman Anda sudah ahli dalam membuat kue bolu.

Atur Suhu Oven

Sebelum Anda memasukkan adonan ke dalam oven roti, Anda perlu memanaskan oven terlebih dahulu agar adonan tidak terlalu lama berada di dalam oven. Seiring waktu, adonan yang mengembang justru akan turun kembali saat masih dalam. Panaskan oven selama 5-10 menit. Jangan terlalu panas karena adonan akan cepat gosong.

Ingatlah untuk selalu mengikuti petunjuk resep dengan cermat. Jika adonan belum mengembang sempurna, jangan membuka dan menutup pintu oven, karena nantinya kue akan jatuh. Untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum, Anda bisa menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate untuk menusuk bagian tengah kue. Jika tidak ada adonan yang menempel, kue bolu Anda sudah matang sempurna

Demikian pembahasan mengenai resep membuat kue bolu yang biasa dibuat oleh ibu rumah tangga. Ternyata kue bolu banyak sekali rasanya, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.