Cara Membuat Cakwe Goreng Spesial

Cara Membuat Cakwe Goreng

Cara Membuat Cakwe Goreng – ini adalah kue berbentuk panjang dengan bahan baku tepung. Resep cara membuat cakwe goreng ini banyak dijual di hampir semua pasar di Medan dan sekitarnya.

Dengan perpaduan rasa yang enak dan harum serta tekstur yang lembut membuat lidah kita bergetar. Nah, bagi yang ingin menyajikan cakwe Medan di rumah tanpa harus datang ke Medan. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya akan mengulas resep cara membuat cakwe goreng yang enak dan mudah. Silahkan lihat di bawah ini.

Fakta – Fakta Cakwe

Cara Membuat Cakwe Goreng

Jajanan kaki lima memang tidak pernah mengecewakan, kecuali harganya yang murah, tetapi rasa dari hidangan sederhana ini tidak ada harganya. Padahal, meski bukan dari Indonesia, kakwe merupakan salah satu masakan favorit banyak orang.

Cakwe mirip dengan roti panggang, tetapi dapat disajikan dengan cara yang berbeda. Jika Anda penggemar jajanan yang sering mengisi pure ayam ini, berikut lima fakta tentang cakwe yang jarang diketahui orang.

1. Cakwe adalah Menu Sarapan Khas China

Cakwe – Ini bukan masakan Indonesia lho, masakan ini berasal dari China namanya Youtiao, biasanya dijadikan menu snack sarapan pagi. Biasanya, orang-orang di luar sana menambahkan sepotong ke bubur. Namun, cakwe biasanya dikonsumsi langsung dengan tambahan minyak cabai.

2. Memiliki Sejarah yang Sangat Mengerikan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kakwe memiliki bentuk dua potong adonan? Ternyata, menurut sejarah masa lalu, jajanan ini dibuat sebagai protes publik terhadap sejumlah selebritas yang berkhianat. Dua potong adonan yang dikumpulkan bersama-sama digoreng dalam minyak panas, yang berarti sepasang pengkhianat untuk diajari. Di sinilah nama Yojagui lahir, yang berarti hantu panggang.

3. Ragam Bidikan dari Negara Asal

Cakwe tidak hanya dikonsumsi dengan bubur atau minyak cabai, tetapi juga banyak hal lain seperti cakwe isi babi, lontong, cakwe dalam sup dan sebagainya.

4. Aneka Nama Lain Cakwe

Tak heran jika banyak orang menyebut cakwe dengan nama lain karena banyak sekali nama yang tercipta. Dari You Tiao, China Oil Stick, Chinese Crullers, Char Kway, Chinese Oil Stick, You Cha Gui, Deep Fried Ghosts.

5. Proses Produksinya Sangat Sederhana

Cakwe dibuat dari bahan dasar yang sangat sederhana yaitu tepung terigu, soda kue, baking powder, air, minyak, garam dan gula sebagai bahan utamanya. Setelah tercampur dan didiamkan semalaman, potong-potong adonan, lalu goreng hingga berwarna cokelat keemasan.

Cara Membuat Cakwe Goreng

Cara Membuat Cakwe Goreng

Bahan Cakwe :

  • Tepung terigu 250 gram
  • Air bersih serta matang 240 ml
  • Penyedap rasa sesuaikan
  • Bawang putih 1/2 sendok makan (halus-kan)
  • Garam dapur 1/2 sendok teh
  • Ragi instan atau fermipan 11 gram
  • Gula pasir 1 sendok makan

Bahan Saos :

  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Penyedap rasa sesuaikan
  • Garam dapur sesuaikan
  • Cuka 1 sendok makan
  • Air bersih dan matang 100 ml
  • Cabe merah 2 buah
  • Bawang putih 2 siung

Cara Membuat :

  1. Pertama, siapkan saus dengan menambahkan gula, bumbu, garam meja, cabai merah dan bawang putih ke dalam jeruk nipis.
  2. Kemudian giling hingga halus dan lembut.
  3. Tambahkan cuka, bersihkan dan air matang ke dalamnya, aduk kembali hingga tercampur.
  4. Kemudian tuangkan ke dalam panci dan didihkan sampai empuk, lalu angkat dan saring, lalu sisihkan.
  5. Kemudian, masukkan gula dan garam meja ke dalam mangkuk dan siapkan kue, lalu aduk hingga larut dan tambahkan air tawar. Sisihkan dulu.
  6. Ambil mangkuk dan cepat masukkan ragi, pure bawang putih, bumbu dan tepung terigu ke dalamnya.
  7. Kemudian tuangkan perlahan gula pasir yang sudah dicairkan dan tuangkan air bersih dan matang hingga tercampur.
  8. Lanjutkan menguleni sampai adonan benar-benar rata dan halus.
  9. Jika Anda menutupi adonan dengan kain lembab selama sekitar 20 menit atau sampai adonan naik.
  10. Kemudian uleni adonan yang disisihkan sampai adonan benar-benar halus.
  11. Setelah itu tutup dengan kain selama 30 menit lagi atau tutup sampai mengembang lagi.
  12. Kemudian giling adonan sesuai selera atau penyedap rasa, lalu uleni adonan hingga tipis dan berbentuk persegi panjang.
  13. Lalu bulatkan kembali adonan dengan rolling pin dan tekan bagian tengahnya dengan ringan menggunakan pisau, lidi atau lidi.
  14. Kemudian panaskan minyak goreng dan goreng kue sampai berwarna cokelat keemasan.
  15. Angkat dulu dan tiriskan.
  16. Kemudian sajikan dengan saus yang sudah disiapkan sebelumnya

Selengkapnya Cara Membuat Stup Roti Tawar Oreo Enak Bangett

Tips

Cara Membuat Cakwe Goreng tidak sesederhana membuat kebiasaan. Dua mangkuk roti panggang ini sering dijual bersama-sama dengan para pedagang. Tetapi Anda dapat mengatakan bahwa cara membuat kue lebih rumit dari biasanya. Apalagi bagi Anda yang memiliki tekstur keriput, cekung dan lembut. Jangan khawatir, simak enam tips cara membuat kue nastar dari Sajian Sedap agar proses pembuatan kakwe gagal.

1. Gunakan Starter Adonan

Jangan mencampur semua bahan untuk kue sekaligus. Bagi adonan menjadi dua yaitu starter dan adonan tepung. Adonan awal terdiri dari campuran ragi, air dan gula. Fungsi adonan awal ini adalah untuk meningkatkan pemuaian kue. Dapatkan informasi, inspirasi dan wawasan di email Anda.

Rekam Email Kocok hingga adonan tercampur rata dan berbusa sebelum menambahkan adonan utama ke adonan tepung. Ingatlah untuk menggunakan ragi aktif karena ini juga merupakan faktor penting dalam munculnya kue. Faktor penting lainnya adalah mengikuti resepnya. Banyaknya adonan starter membuat kue menjadi sangat longgar dan lembut. Akhirnya, itu dengan cepat mereda.

2. Tambahkan Amonia

Amonia juga merupakan bahan penting dalam persiapan cakwe. Zat ini banyak dijual dalam bentuk bubuk di toko kelontong. Jangan menggunakan terlalu banyak amonia karena akan menyebabkan bau tak sedap dari makanan. Ini juga dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, tenggorokan, dan paru-paru.

Anda bisa menggunakan baking powder dan soda sebagai pengganti amonia. Namun hasilnya tidak sama dengan cakwe, karena bentuk dan perkembangannya berbeda.

3. Diamkan Adonan Untuk Waktu yang Lama

Faktor penting lainnya dalam membuat kue adalah kesabaran. Adonan cekwe harus diistirahatkan lama, ditutup dengan plastik wrap atau serbet minimal enam jam. Pedagang kakwe yang saya temui mengatakan butuh malam untuk mengistirahatkan adonan cakwe.

4. Bantu Kembangkan Kue Sebelum Digoreng dengan Tangan

Sebelum mencelupkan kue ke dalam minyak goreng, tarik daging babi sedikit agar melar. Ini akan membantu labu panggang naik lebih baik.

5. Gunakan Minyak Goreng Panas

Sebelum menggoreng kue, pastikan minyak goreng sudah panas. Gunakan api sedang untuk menggoreng kue. Jangan takut labunya belum matang. Pasalnya, sebelum digoreng adonan dicincang halus dan diremas-remas.

6. Jangan Menggoreng Kue Sekaligus

Ini berarti kue memiliki ruang untuk mengembang di penggorengan. Adonan yang berhasil dapat digulung lima kali sebelum digoreng.

Begitulah artikel saya kali ini mengenai Cara Membuat Cakwe Goreng yang bisa kalian contoh dan tirukan di rumah bersama keluarga dan teman – teman kalian semua. Karena caranya mudah banget dan hasilnya pun sangat lezat dan sangat asik untuk dinikmati saat kondisi santai.

Maaf jika ada salah kata pada artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat, terima kasih dan selamat mencoba. Good Luck.