Cara Membuat Cilok Tanpa Daging Yang Empuk

logo switch-foot.com

Jika kalian akan mencari cara membuat cilok tanpa daging yang empuk maka kalian sudah datang ke tempat yang benar. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dan langsung saja kita masuk ke resepnya!!!

cara membuat cilok tanpa daging yang empuk
cara membuat cilok tanpa daging yang empuk

Cara Membuat Cilok Tanpa Daging Yang Empuk

Cilok yang merupakan kependekan dari aci dicolok merupakan salah satu jajanan khas Jawa Barat yang sangat digemari masyarakat. Selain harganya yang murah, rasa cilok yang asin memang bisa membuat Anda ingin makan jajanan ini setiap saat. Biasanya hanya dengan Rp. 5.000, kamu bisa menikmati cilok sampai kenyang lho! Meskipun Anda sudah sering makan cilok, namun tahukah Anda asal mula jajanan ini? Yuk cari tahu lebih banyak tentang jajanan Cilok!
Dibalik nama Cilok

Cilok adalah kependekan dari aci dicolok. Dalam bahasa Sunda, acis adalah pati yang menjadi bahan utama dalam jajanan Bandung ini. Cilok biasanya disajikan dengan sambal kacang, kecap, dan sambal. Kemudian jelas ditusuk di tusuk sate seperti namanya, yang dimasukkan. Sekilas, cilok terlihat sama dengan bakso, namun bahan utamanya yang membedakan kedua makanan tersebut. Ada juga cilok kuah dan jika kalian pengen tau lebih lanjut bisa cek web kami tentang Cilok Kuah untuk diJual

Jenis Cilok

Cilok juga memiliki beberapa jenis, meski bahan utama yang digunakan tetap benar. Satu hal yang membedakan adalah isinya. Beberapa jenis cilok mengandung telur atau daging giling. Ini semua yang membedakan jenis cilok. Namun pada dasarnya setiap cilok memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, sehingga sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Rahasia Chilok yang lezat

Sebenarnya membuat cilok sangat sederhana lho. Anda hanya perlu aci yang dicampur dengan tepung sagu dan tepung terigu. Jadi tinggal sediakan air panas yang dimasak bersama bawang putih cincang halus, bumbu dapur, garam dan merica. Kemudian tambahkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung dan aci yang bisa Anda uleni. Setelah itu Anda bisa membentuknya menjadi irisan lalu merebusnya dalam air mendidih hingga muncul ke permukaan.

Tempat yang bagus untuk makan Cilok

Kini untuk menikmati cilok yang enak, tidak perlu jauh-jauh ke Bandung. Bahkan sekarang sudah banyak pedagang yang berjualan cilok keliling menggunakan kereta belanja. Cilok yang disajikan harus selalu dipanaskan di dalam panci, agar selalu bisa dinikmati selagi hangat. Makan cilok paling enak dimakan panas-panas lalu ditaburi sambal kacang, kecap asin, dan sambal tergantung selera. Harganya juga sangat murah, mulai dari Rp. 3.000 hingga Rp. 6.000, Anda bisa mendapatkan porsi besar.

Cara Membuat Cilok

bahan-bahan

  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram tepung tapioka/kanji
  • 1 telur
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • Royco
  • garam
  • cukup air
  • 2 sendok makan minyak goreng (segar)

Ambil langkah

  1. Pertama, campur tepung, kanji, royco dan garam.
  2. Blender/blender bawang putih dan merica bubuk. Lalu masukkan ke dalam adonan
  3. Campur bumbu halus dan campuran tepung, tambahkan telur, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga diperoleh adonan yang kalis.
  4. Bentuk cilok sesuai selera (bisa diisi dengan telur rebus yang dipotong-potong/daging/irisan cabai, dll).
  5. Rebus air asin dan sedikit minyak goreng, hingga air mendidih (tambahkan sedikit garam agar rasa kuah meresap saat cilok matang). Masukkan cilok ke dalam air mendidih dan rebus selama kurang lebih 40 menit dengan api sedang.
  6. Angkat rebusan cilok lalu kukus cilok kurang lebih selama 40 menit. Setelah cilok matang, keluarkan dari oven dan sajikan
  7. Resep sambal cilok: campur 10 sendok makan saus tomat dengan sedikit bawang putih yang dihaluskan (sekitar 1 sendok teh bawang putih cincang halus), tambahkan 4 sendok makan air dan masak dengan api kecil hingga mendidih. Angkat dan siap menyelam untuk cilok