Cara Membuat Cocomesh

cara membuat cocomesh

Hallo sobat semuanya, pada kesempatan sekaligus artikel kali ini saya mau membagikan kepada kalian bagaimana cara membuat cocomesh yang bisa sobat sobat sekalian buat juga pastinya.

Tetapi sebelum ke pembahasan utama tersebut, yakni cara membuat cocomesh, saya ingin terlebih dulu membahas sedikit beberapa hal yang masih berkaitan dengan bahan dasar dari cocomesh ini, yakni sabut kelapa.

Kalau gitu ga perlu lagi kita berlama lama dengan pembukaan serta basa basi semacamnya, kita langsung saja masuk ke dalam topik pembahasan dari yang berkaitan dengan sabut kelapa ini.

Sabut Kelapa

cara membuat cocomesh

Sabut kelapa atau sabut kelapa dikenal luas dengan berbagai khasiatnya, mulai dari akar, buah bahkan batangnya yang juga kaya akan khasiat. Kelapa juga banyak dimanfaatkan dari akarnya, dengan itu kita sudah bisa membuat kerajinan hanya dengan menggunakan sabut kelapa atau sabut kelapa, dengan tangan atau dengan mesin.

Sabut kelapa merupakan bagian dari mesocarp (tempurung) kelapa yang masih mentah. Kelapa yang biasanya dibuang, dan seringkali hanya menjadi sampah di bawah pohon kelapa, tetap membusuk bahkan mengering. Kebanyakan juga menggunakannya untuk memanaskan kompor, menggantikan kayu.

Secara tradisional, orang mengubah kelapa menjadi tali dan membuat kerajinan dari bahan tempurung kelapa, yang masih sangat ekonomis. Karena kelapa memberikan banyak manfaat dari penggunaan sabut kelapa.

Namun, kelapa masih menjadi bahan pokok utama kelapa. Dari produk Cocofibre ini dapat dihasilkan berbagai macam turunan dengan manfaat yang besar dan lengkap, baik yang dapat diproduksi dengan tangan, dengan tangan maupun dengan mesin.

Manfaat Sabut Kelapa

Kalau tadi saya sudah membahas sedikit latar dari sabut kelapa, disini saya juga akan membagikan beberapa manfaat sabut kelapa untuk kegunaan dan kehidupan kita. Nah bagi yang penasaran, berikut dibawah ini beberapa manfaat dari sabut kelapa yang bisa kita manfaatkan.

Sabut Kelapa Dijadikan Kerajinan Keset

Sejauh ini kebanyakan dari masyarakat juga memanfaat kelapa sebagai permadani karena banyak manfaat yang bisa digunakan serta membantu masyarakat. Produk-produk tersebut banyak yang diberi nama sesuai dengan kebutuhannya, seperti welcome, welcome, sugeng rawuh, bonjour, Bula, Annyeonghaseyo, dll, dan juga menciptakan citra positif saat dipasang di depan rumah atau kantor.

Sabut Kelapa Dijadikan Kerajinan Gantungan Kunci

Nah selain dijadikan kerajinan keset, sabut kelapa ini ternyata juga bisa loh untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan berupa gantungan kunci. Berbagai varian dan bentuk pun bisa dibuat loh dengan sabut kelapa ini, misalnya gantungan kunci berbentuk hati, hewan, kendaraan, nama, dan berbagai varian bentuk lainnya.

Cara Membuat Cocomesh

cara membuat cocomesh

Setelah tadi saya sudah membahas latar serta juga beberapa manfaat dari sabtu kelapa, kini saatnya saya akan mulai masuk ke dalam pembahasan dari cara membuat cocomesh ini yang pastinya juga bisa kalian buat juga dengan cara yang simple dan mudah, jadi sobat sobat sekalian ga perlu lagi khawatir ataupun takut pembuatan dari cocomeshnya gagal.

Selain itu, pastinya pembahasan kali ini yang sudah sobat tunggu dari tadi bukan ?, bagi kalian yang sudah penasaran, kita langsung saja masuk ke dalam pembahasan dari cara membuat cocomesh ini.

Bahan dan Alat :

  • Sabut kelapa berumur sedikit tua
  • Mesin pengurai sabut
  • Mesin pemintal sabut

Cara Pembuatan :

  1. Pertama, sobat sekalian bisa mempersiapkan terlebih dulu sabut kelapa yang sudah berumur sedikit tua
  2. Setelah itu, kalian bisa menggiling sabut kelapanya menggunakan mesin pengurai sabut sesuai kebutuhan kalian.
  3. Selanjutnya, setelah selesai sobat giling sabut kelapanya, kalian bisa menjemurnya terlebih dahulu sampai kering.
  4. Setelah sudah kering, kalian bisa memintal sabut kelapanya menjadi tambang dengan menggunakan mesin pemintal sabutnya.
  5. Kemudian, setelah jadi tambang kalian hanya perlu merajutnya menjadi jaring atau cocomesh ini.
  6. Setelah selesai rajut, kalian bisa langsung menggunakan cocomeshnya.

Akhiran

Itulah tadi pembahasan pada postingan artikel ini yang membahas bagaimana cara membuat cocomesh yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat bagi kalian yang sedang tertarik ataupun membutuhkan informasi terkait cocomesh ini.

Sampai jumpa lagi sobat sobat sekalian, see you guys and goodbye !.