Cara Membuat Comboran Kambing

logo switch-foot.com

Cara membuat comboran kambing tidaklah susah. Untuk kalian para peternak, pastinya menginginkan hewan ternak kalian memiliki boot yang gemuk dan juga tetap sehat. Untuk mendapatkan hasil ternak yang seperti itu, kita harus memberikan pakan kambing yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Pastinya hal tersebut membutuhkan modal yang terbilang mahal, untuk itu kita bisa membuat pakan kambing fermentasi sendiri di rumah. Comboran kambing dapat kalian gunakan sebagai pakan untuk menunjang berat badan dan juga kesuburan hewan ternak kalian.

Dan pastinya dengan kita membuatnya sendiri, kita akan menghemat biaya pengeluaran untuk hewan ternak. Tanpa basa basi lagi, berikut ini adalah pembahasan cara membuat comboran kambing.

Comboran Kambing

Sebelumnya, definisi dari comboran kambing adalah pakan campuran dari beberapa bahan pakan yang biasa diberikan pada kambing ternak dan memiliki kandungan utama protein. Pakan comboran ini biasanya diberikan ara peternak untuk proses penggemukan hewan ternak. Cara ini paling banyak kita temukan di daerah pedesaan.

Para peternak desa percaya bahwa sangat penting untuk memberikan pakan comboran pada hewan ternak. Hal ini dikarenakan biasanya para peternak desa hanya mengandalkan pakan hasil merumput atau ngarit yang biasa mereka lakukan. Dengan memberikan pakan comboran, hewan ternak akan tumbuh dengan cepat, kualitasnya lebih bagus, dan juga maksimal.

Pakan yang baik untuk diberikan pada hewan ternak adalah pakan yang memiliki kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, lemak, dan mineral. Protein ini memiliki fungs untuk menggantikan sel-sel yang rusak dengan membentuk sel – sel tubuh yang baru dan juga sebagai sumber energi.

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai sumber energi dan juga membentuk lemak tubuh. Sedangkan lemak berfungsi untuk membawa vitamin A, D, E, K dan sebagai sumber energi juga. 

Baca juga: Begini Cara Buat Silase Pakan Kambing

Cara Membuat Comboran Kambing

cara membuat comboran untuk kambing

Sebenarnya cara membuat pakan kambing tidaklah susah, kalian bisa memuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan – bahan yang ada di sekitar kita. Ada berbagai jenis bahan pakan yang bisa kita gunakan untuk membuat pakan comboran. Biasanya menggunakan bahan sisa insur seperti ampas tahu, ampas gamblong, ampas bir, dll.

Di bawah ini adalah pembahasan cara pembuatan comboran kambing yang mudah dan cepat.

Pembuatan Pakan Comboran untuk Kambing

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan ember dengan ukuran yang besar, dedak halus, air, garam, dan star bio atau bisa diganti dengan Bossdext, bioplus, veterna, dll. cairan ini berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi yang akan kita lakukan.
  2. Sementara untuk bahan dedak atau bekatul ini dapat kalian ganti dengan sisa industri pertanian seperti ampas tahu, ampas bir, ampas gamblong, dll yang memiliki kandungan protein tinggi.
  3. Langkah selanjutnya adalah masukkan dedak halus atau bekatul pada ember yang berukuran besar tadi. Sebagai contoh, untuk 25 liter air kita membutuhkan bekatul seberat 1 kg. Kemudian masukkan sekitar 2 sendok makan garam.
  4. Setelah itu, masukkan juga 2 sendok makan star bio pada wadah ember tadi.
  5. Apabila dedak, garam, dan juga star bio sudah dimasukkan pada wadah ember, larutkan dengan air secukupnya.
  6. Kemudian aduk semua bahan tadi hingga tercampur rata.
  7. Jika semua sudah tercampur rata, kalian bisa memberikan pakan comboran pada kambing ternak kalian.
  8. Untuk jangka pemberiannya, sebaiknya 1 hari 2 kali pada pagi hari dan sore hari setelah kambing selesai makan pakan hijauan.

Apabila salah satu bahan pembuatan comboran tidak ada, kalian dapat menggantinya dengan bahan lain yang memiliki kandungan serupa, yang terpenting adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Jangan berpatok pada suatu jenis bahan pakan saja, karena masih banyak bahan pakan ternak yang manfaatnya hampir sama.

Contoh Bahan Pakan Lainnya untuk Comboran Kambing

  • Ampas bir
  • Bisa juga ampas tahu
  • Ampas tempe
  • Dedak
  • Brand polar
  • Parutan telo afkir
  • Air tempe
  • Tumpi kedelai
  • Kulit kacang halus
  • Dll