Cara Membuat Gula Semut

cara membuat gula semut

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai cara membuat gula semut berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Tahukah anda bagaimana cara membuat gula semut ?? Ehh sebelumnya, tahukah kamu apa itu semut gula? Gula semut bukan berarti gula yang dimakan semut lho. Gula semut adalah gula yang terbuat dari gula kelapa atau nira dengan bentuk akhir bubuk.

Apa kamu mengerti gula kelapa? Gula kelapa di Indonesia biasa disebut gula merah atau gula jawa. Merupakan salah satu pemanis alami yang terbuat dari nira pohon kelapa. Getah yang diperoleh kemudian dipanaskan hingga kadar air berkurang dan berubah menjadi kental.

Getah yang mengental setelah dipanaskan lama kemudian dicetak menjadi gula merah blok atau gula semut. Gula kelapa yang biasa digunakan untuk pembuatan makanan memiliki rasa karamel dan manis.

Mungkin di telinga kita masih belum banyak yang mengenal gula kelapa dalam bentuk bubuk atau disebut gula semut. Padahal jika menggunakan gula semut akan jauh lebih praktis dibandingkan dengan gula kelapa cetak ataupun gula batangan.

Cara membuat gula semut sendiri ada dua macam, yaitu yang dibuat dari gula kelapa cetak dan langsung dari nira kelapa.

Mari kita lihat cara membuat gula semut.

Cara Membuat Gula Jahe Semut

Cara pembuatan gula rasa jahe hampir sama dengan pembuatan gula semut organik. Namun perlu ditambahkan proses pembuatan dan pencampuran rasa jahe alami. Cara membuat gula semut juga bisa menggunakan mesin gula semut.

Untuk rasa jahe yang natural dapat diambil dari buah jahe yang tipis dan berukuran kecil namun memiliki kualitas pedas yang lebih tinggi dibandingkan dengan jahe gajah.

Emprit jahe diambil dari kebun sendiri dengan sistem pertanian organik tanpa pupuk kimia. Setelah jahe dipanen, kemudian digiling hingga menghasilkan jahe halus lalu peras dengan saringan atau kain bersih lainnya.

Gula rasa jahe dibuat melalui beberapa tahapan proses produksi, antara lain:

1. Penebangan getah oleh penyadap dari pohon kelapa

2. Pengolahan air kelapa menjadi gula kelapa siap dijadikan gula organik sampai mendidih dan siap dihaluskan

3. Produksi ekstrak jahe yang terbuat dari jahe alami untuk membuat sari pati.

4. Mencampurkan pati jahe ke dalam getahnya setelah direbus hingga matang dan siap digerus menjadi gula organik.

5. Setelah tercampur, gula yang sudah siap digerus perlahan-lahan hingga tingkat kehalusan dan kelembutannya merata.

6. Saring gula yang dihancurkan dengan halus dan lembut untuk memastikan keseragaman kehalusan dan kelembutan.

cara membuat gula semut

Cara Membuat Gula Semut Dari Batang Tebu

Cara membuat gula semut dari batang tebu yaitu dengan menggiling batang tebu untuk mendapatkan nira, nira tebu kemudian disaring dan diuapkan hingga suhu pekat getah 115-125 ° C.

Konsentrasi getah didinginkan dengan cara diaduk sampai suhu getah 60-70 ° C. Pengadukan dilanjutkan berulang-ulang sehingga diperoleh gula halus.

Gula semut dari nira tebu berwarna coklat kekuningan, sedangkan gula semut nira aren berwarna coklat kemerahan.

Kelebihan Gula Semut

Setelah kita mengetahui cara membuat gula semut, perlu kita ketahui juga bahwa memiliki beberapa keunggulan diantaranya lebih mudah larut dalam air karena kandungan air pada gula lebih sedikit, mempunyai rasa dan aroma manis yang sangat unik, gula semut. juga lebih awet dan bentuk kemasannya. lebih unik sehingga menimbulkan minat untuk membelinya.

Gula semut banyak dipasarkan di tempat-tempat yang bisa Anda jual dengan harga terjangkau. Di sisi lain, gula semut bisa digunakan untuk mengobati penyakit dan juga untuk keperluan rumah tangga. Ini karena gula semut mengandung bahan-bahan seperti:

-Vitamin A bagus untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

-Vitamin C dapat mencegah sariawan dan mencerahkan kulit dari dalam.

-Mineral yang mudah larut di dalam tubuh untuk menyehatkan tubuh.

Protein membantu meregenerasi sel-sel tua dalam tubuh.

Selain itu, terdapat pula jumlah dan jenis zat dan senyawa dalam gula semut antara lain sebagai berikut:

-Nourishing total 386 kalori

-Jumlah air 10 gram

– Jumlah lemaknya 3 gram

-Jumlah karbonat adalah 76 gram

-Kalsium berjumlah 76 miligram

-Phosphorus berjumlah 37 miligram

-Protein sebanyak 3 gram

Nah itu dia sob! Sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan semoga artikel yang saya buat berguna buat kalian sekian terimakasih.