Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa

Cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa sangatlah mudah, karena selain ramah lingkungan, juga karena biaya produksi kelapa yang sangat murah. Sabut kelapa juga memiliki banyak manfaat.

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan tentang manfaat sabut kelapa. memberi Anda cara membuat pot kelapa dari sabut kelapa. Dan produk apa yang bisa Anda gunakan dari kelapa menjadi kelapa? Menarik bukan? Mari lihat!

Sabut Kelapa

Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa

Tanaman kelapa memiliki beberapa manfaat. Seluruh tanaman digunakan untuk tujuan yang berbeda, yaitu batok kelapa. Kulit kelapa kering dapat digunakan untuk berbagai kerajinan. Kali ini saya memberikan contoh penggunaan kelapa kering.

Salah satu kelebihan kelapa kering adalah digunakan untuk membuat pot gantung, pot gantung terbuat dari kelapa basah dan mudah menyerap air, sehingga manfaat pot gantung dapat digunakan untuk menanam jenis tanaman, seperti misalnya kadaka, tanduk rusa, suplir dll.

Selain digunakan untuk menanam pakis, pot gantung juga dapat digunakan untuk menanam anggrek, namun secara alami akan memberikan kesan natural dan elegan pada tanaman anggrek.

Manfaat Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada beberapa manfaat kelapa yang biasa digunakan oleh warga sekitar perkebunan kelapa, berikut ini adalah sebagai berikut:

1. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pupuk Organik

Sabut kelapa sebagai bahan dasar organik kelapa memiliki kandungan mineral yang juga cukup tinggi dalam mineral dan baik untuk pertumbuhan tanaman, sehingga kelapa sangat dianjurkan untuk dibuat menjadi pupuk organik.

Selain itu, pupuk organik dari kelapa memberikan 60% lebih banyak air daripada pupuk biasa. Oleh karena itu, master kelapa sangat dianjurkan di daerah dengan curah hujan rendah atau di daerah yang terkena kekeringan.

2. Sabut Kelapa Sebagai Penetral Aroma Semen Pada Kolam yang Baru Dibuat

Kolam ikan segar seringkali meninggalkan bau beton yang tidak sedap. Hal ini tentu saja membuat budidaya ikan menjadi sulit. Cara alami untuk menghilangkan bau beton di kolam yang baru dibuat adalah dengan menggunakan sabut kelapa. Suka?

Caranya cukup sederhana, cukup taburi kelapa, atau bisa dicampur dengan daun busuk dan dibiarkan selama 1 atau 2 minggu, dan setelah itu airnya akan berwarna coklat hingga hijau. Perubahan warna air menunjukkan bahwa kolam siap untuk lingkungan pemancingan.

3. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Ada juga produk kerajinan sabut kelapa lain yang dikenal di daerah kami yaitu sabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau barang. Sehingga dapat menghasilkan berbagai macam kerajinan unik dari berbagai daerah.

Kerajinan tangan yang diminati banyak orang adalah kerajinan tangan berupa tas, dompet dan cinderamata yang bisa dijadikan poster dan cinderamata di tempat-tempat wisata.

4. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Anda sudah tahu bahwa briket berasal dari batok arang atau kelapa bukan? Tentu saja, pemantik api sekarang juga bisa dibuat dari sabut. Dan mungkin Anda merasa seperti orang asing ketika korek api berasal dari sabut.

Briket yang bahan utamanya sabut kelapa memiliki sifat yang lebih ramah lingkungan dan Anda akan menekan biaya produksi karena biaya produksi briket kelapa lebih murah dibandingkan briket arang.

Cara membuat briket kelapa juga mudah, karena prosesnya hampir sama dengan cara membuat briket kelapa.

5. Sabut Kelapa Sebagai Media Pembakaran Pengganti Fossil Minyak atau Kertas

Keuntungan umum dari kelapa adalah sering digunakan oleh penambang batu bara di batok kelapa yang menjadikan kelapa sebagai lingkungan api. yang masih menggunakan masakan tunggu tradisional.

Industri seperti keramik dan genteng juga sering menggunakan sabut kelapa, karena tempurung kelapa kering mudah terbakar dan juga menyebabkan api yang stabil.

6. Sabut Kelapa Sebagai Penyaring Air Sederhana

Salah satu manfaat sabut kelapa yang sangat penting adalah sebagai alat bantu penyaringan air sederhana. Tekstur kelapa yang berserat dapat membantu proses penyaringan air.

Bagaimana proses penyaringan berlangsung? Berikut kami sajikan cara sederhana dan mudah. Langkah pertama batok kelapa harus dibersihkan terlebih dahulu kulit arinya baru bisa digunakan untuk menyaring airnya.

Air yang melewati saringan kelapa dipisahkan dari sampah atau kotoran dan akan lebih mudah untuk mendapatkan air yang lebih bersih. Namun proses ini harus dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan air jernih yang maksimal.

7. Sabut Kelapa Sebagai Pengganti Kayu untuk Memasak

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, Anda akan jarang melihat orang memasak dengan kayu atau sabut kelapa. Namun bagi yang pernah tinggal di kampung atau bermain di kampung, pasti orang memasak dengan kayu bakar atau sabut kelapa.

Ditemukan, biasanya setelah mengambil kelapa. Kue tersebut kemudian dijemur dan setelah dikeringkan dipanggang dalam oven tradisional atau di atas tumpukan batu bata.

Keunggulan kelapa sebagai pengganti kayu bakar adalah sifatnya yang kering sehingga kelapa memiliki sifat mudah terbakar dan dapat menimbulkan api yang cukup stabil. Dari proses ini mengeluarkan banyak asap tetapi tidak membuat kesalahan, biasanya masakan yang dimasak dengan cara ini sangat enak.

Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa

Alat :

  • Pisau
  • Gunting
  • Bor
  • Pisau Besar

Bahan :

Tali Serabut Tempurung Kelapa Kering

Langkah-langkah :

  1. Keluarkan sabut kelapa dari batok kelapa yang sudah kering, kemudian gunakan linggis untuk mengeluarkan sabut kelapa agar sabutnya masih jalinan. kalau di pedesaan biasanya membersihkan kelapa dengan cara ini. Tempurung kelapa karena itu masih dianyam. Bungkus batok kelapa dan potong bagian atasnya dengan pisau besar. Anda bisa menggunakan mesin pengolah kelapa untuk meringankannya.
  2. Tandai bagian bawah dan atas setiap belahan dengan tipe ex. Bagian ini dibor untuk mengikat separuh batok kelapa, serta untuk mengikat tali ke pot.
  1. Bor dengan hati-hati di sisi yang ditandai.
  2. Ikat ijuk di setiap lubang pohon kelapa sehingga setiap bagian ayam dapat disambung.
  3. Setelah membentuk ikatan dalam, silangkan ikatan luar, lakukan hal yang sama untuk semua bagian sabut kelapa.
  4. Pot sabut kelapa siap digunakan untuk menanam anggrek atau pakis.

Sekian artikel cara membuat kerajinan pot dari sabut kelapa, semoga bermaanfaat bagi kita semua!