Cara Membuat Keripik Kentang Agar Tetap Renyah

Cara Membuat Keripik Kentang Agar Tetap Renyah

Selamat datang di artikel saya, pada artikel kali ini saya akan memberikan resep lagi atau tips lagi yaitu cara membuat keripik kentang agar tetap renyah dan enak walaupun telah disimpan selama beberapa hari.

Keripik Kentang

Banyak orang di dunia menyukai jajanan yang mengandung keripik kentang. Teksturnya yang renyah dan crunchy membuat orang berhenti mengunyahnya.

Rasanya berbeda. Bisa juga dicelupkan ke dalam berbagai jenis saus keripik kentang yang bisa membuat banyak orang lupa diri saat sedang mengemil keripik kentang.

Camilan keripik kentang ini juga sangat cocok untuk menemani Anda menonton acara TV favorit atau saat Anda sedang bersantai. Namun siapa sangka camilan keripik kentang ini dibuat secara kebetulan.

Dikutip dari akun YouTube Great Big Story, pada tahun 1853, seorang chef di sebuah restoran bernama Moon’s Lake House di Saratoga Springs, New York bernama George Crum sedang menyajikan hidangan kepada pelanggannya.

Saat itu, seorang pelanggan Crum meminta untuk membuat kentang goreng. Dan ternyata setelah diperkenalkan, pelanggan mengeluh kepada Crum. Tidak diragukan lagi dia membawa kembali hidangan yang telah disiapkan Crom.

Sejarah camilan keripik kentang, dibuat karena marah
George Crum, penemu snack keripik kentang.

Pelanggan mengeluh bahwa kentang Crum terlalu lunak. Kemudian Crum mengganti french fries dengan kentang goreng yang dibuatnya kembali, namun ternyata pelanggan masih belum puas dengan hasil memasak Crum tersebut.

Setelah beberapa kali menyiapkan french fries sesuai selera pelanggan, akhirnya Crum terguncang. Dia marah dan memotong kentang menjadi selembar kertas dan menggoreng kentang.

Bahkan setelah akhirnya memperkenalkannya kepada pelanggannya, Crum tidak menyangka pelanggan akan menyukai keripik kentang yang dibuat Crum. Keripik kentang ini akhirnya dikenal di seluruh dunia sebagai keripik kentang.

Manfaat keripik Kentang

Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf


Selain bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, keripik kentang juga mampu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Kandungan vitamin B6 dalam makanan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf sehingga dapat mencegah kerusakan otak dan sistem saraf.

Menjaga kesehatan kulit


Manfaat lain dari makanan ini juga sudah terbukti menjaga kesehatan kulit. Nutrisi seperti vitamin C, B6, potasium, magnesium, seng dan fosfor sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit agar kulit tetap sehat dan terlindungi.

Menjaga kesehatan tulang


Mengkonsumsi keripik kentang akan bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium di dalamnya mampu menjaga kesehatan tulang sehingga dapat mencegah kerusakan tulang.

Mencegah Kanker


Kanker merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian bagi yang terkena. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi keripik kentang. Kandungan vitamin B6 di dalamnya mampu mencegah kanker sehingga Anda terbebas dari risiko kanker dalam tubuh.

Membantu dalam pembentukan sel


Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B6 dapat membantu pembentukan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi keripik kentang. Makanan ini mengandung vitamin B6 yang membantu membuat sel berfungsi dengan baik.

Resep atau Cara Membuat Keripik Kentang Agar Tetap Renyah

Cara Membuat Keripik Kentang Agar Tetap Renyah sebenarnya sangatlah mudah, berikut ini caranya

1. Cara Membuat Keripik Kentang Agar Tetap Renyah

Bahan-bahan

  • 1 kg kentang
  • 1 sdm cuka putih
  • Secukupnya air untuk merendam kentang
  • Secukupnya air bersih untuk cuci kentang
  • Secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah

  1. Kupas kentang dan cuci bersih, potong kentang bentuk stik, atau pakai alat pemotong kentang bentuk stik, masukkan direndaman air yang sudah diberi air cuka.+/- 30 menit
  2. Siapkan air cucian buat mencuci kentang, cuci dan tiriskan pada saat akan digoreng, jika belum mau digoreng jangan dicuci dulu nnti kentangnya menghitam.
  3. Panaskan minyak goreng, goreng sampai kering dan matang angkat tiriskan.

Baca juga : “Cara Membuat Keripik Kentang Balado yang Lezat dan Simpel”

2. Cara Membuat Keripik Kentang Agar Tetap Renyah

Bahan-bahan

  • 1 kg kentang
  • 1 sdm cuka
  • Secukupnya air es dan es batu
  • Secukupnya air bersih untuk cuci kentang
  • Secukupnya minyak goreng
  • Bahan bumbu
  • 1 siung bawang putih geprek
  • 1 sdt garam
  • 100 ml air

Langkah-langkah

  1. Cuci kentang, kupas kentang, dan rendam dalam air agar kentang tidak coklat karena teroksidasi
  2. Iris tipis kentang dengan alat pemotong keripik atau dengan pisau biasa juga bisa, tapi harus lebih semangat ya irisnya kalo pake pisau biasa hehe
  3. Setelah teriris tipis rendam kembali dalam air, biasanya air akan keruh oleh getah kentang. Lalu cuci kentang sampai benar2 bersih dan air rendaman jadi bening, saya cuci 5x
  4. Setelah benar2 bersih, rendam kentang dalam air lagi dan tambahkan 1 sdm cuka dapur, diamkan 10 menit
  5. Setelah 10 menit biasanya irisan kentang jadi lebih kaku dan kuat, cuci kembali hingga bersih. Lalu siram irisan kentang dengan air es dan es batu
  6. Campur bahan bumbu lalu tuang dalam botol spray, jika tidak ada botol tidak apa nanti bisa dicipratkan saja
  7. Sebelum menggoreng tiriskan kentang dengan wadah berongga atau saringan agar air asat. Proses meniriskan irisan kentang bertahap, jd yg ditiriskan langsung goreng.
  8. Panaskan minyak dengan api besar, setelah minyak panas turunkan api ke api sedang cenderung kecil. Masukkan irisan kentang, sambil sesekali diaduk agar tidak saling menempel. Setelah keripik setengah kering semprot bahan bumbu atau cipratkan bahan bumbu ke dalam wajan. Kemudian Balik dan goreng keripik hingga kuning agak kecoklatan sedikit.
  9. Angkat keripik dan tiriskan dengan tissue penyerap minyak (saya pake tissue biasa gppa). Setelah suhu ruang simpan keripik dalam toples tertutup rapat. Oiya bisa juga ditambahkan bumbu tabur ya sesuai selera teman teman, selamat mencoba, semoga bermanfaat 

Nah itulah resep atau tips yang dapat saya bagikan, selamat mencoba.