Cara Membuat Kopi Cold Brew yang Bisa Dicoba

Cara Membuat Kopi Cold Brew yang Bisa Dicoba

Cold brew atau seduh dingin adalah salah satu metode menyeduh kopi yang sedang digemari saat ini. Ada banyak cafe yang menghidangkan kopi ini sebagai salah satu menu andalan di cafe mereka, begitu pula permintaan-permintan yang semakin meningkat setiap harinya. Tapi, tahu kah Anda, bagaimana cara membuat cold brew coffee yang sedap?

Teknik cold brew ini sebenarnya sudah digunakan di Jepang sejak berabad-abad lalu, tetapi teknik seduh ini terkenal karena tampilannya kopi yang lebih soft dan lebih tasty. Beberapa produk mesin untuk umkm, selah satunya mesin pembuat kopi.

Cara Membuat Kopi Cold Brew Menggunakan Hario Mizudashi Coffee Pot

Bahan yang dibutuhkan :

  • Pot mizudashi
  • 80 gr bubuk kopi medium.
  • 500 gr air mineral dingin/suhu ruangan.

Cara Membuat :

  1. Giling biji kopi menggunakan messin pengilig kopi pada ukuran medium coarse (cukup kasar saja) kurang lebih 80 gr.
  2. Masukkan bubuk kopi ke bagian strainer (saringan) Mizudashi. Pasang strainerke pot.
  3. Tuang air dingin sebanyak 500 gr.
  4. Aduk kopi secara perlahan agar kopi dan air bisa tercampur seluruhnya. Jangan gunakan benda-benda yang berujung tajam saat mengaduk agar tidak merusak filternya.
  5. Tutup pot Mizudashinya. Kemudian masukkan ke lemari es. Waktu pas untuk ‘merendam’ kopi cold brew pada umumnya adalah 8-12 jam, tapi lamanya pendinginan ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.
  6. Jika sudah, keluarkan Hario Mizudashi coffee pot dari lemari es. Copot bagian saringannya (strainer), jika ingin membiarkan saringan di dalam pot setelah ekstraksi, maka rasanya akan menjadi lebih pekat dan lebih pahit.
  7. cold brew coffee siap dinikmati.

Alasan Cold Brew

Cara populer menyeduh kopi memang memakai air panas. Dengan air panas sari kopi akan larut dengan cepat. Sebaliknya merendam kopi dengan air dingin dalam waktu lama akan memberi waktu kopi dan air untuk berinfusi lebih lama.

Tetapi hal yang penting dari merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dengan air adalah mengurangi rasa pahit biji kopi. Juga membuat rasa kopi lebih halus dan mengurangi rasa asam kopi. Mesin pembuat kopi yang mudah simpel.

Keuntungan Menggunakan Metode Cold Brew

Metode cold brew termasuk gampang dilakukan, jadi kita dapat membuat sendiri. Karen proses ektraksinya yang cukup lama, menyebabkan cold brew mempunyai rasa asam dan pahit yang sedikit.

Jadi cukup aman diminum bagi orang yang menderita asam lambung tinggi. Dan saat proses ekstrasi itu pula kopi dapat menghasilkan rasa manis secara alami.

Untuk penyimpanan, cold brew memiliki masa simpaan yang sedikit lebih lama karena disimpan dalam lemari es dan masih bisa mendapatkan kualitas terbaiknya.

Kopi cold brew ini dapat disimpan paling maksimal selama 2 minggu.

Manfaat dari Kopi Cold Brew

Proses menyeduh kopinya yang berbeda ini menyebabkan sejumlah khasiat luar biasa bisa diperoleh dari mengkonsumsi minuman jenis ini. berikut adalah manfaatnya:

1. Meningkatkan Mood Secara Efektif

Kafein yang dihasikan pada kopi cold brew ini memiliki kemampuan tidak hanya untuk menjaga fokus tetapi juga untuk meningkatkan, mood terutama saat kita kurang tidur.

Penelitian yang dilakukan kepada 370 ribu orang menyatakan bahwa orang yang meminum kopi memiliki tingkat depresi yang lebih rentah.

2. Meningkatkan Metabolisme

Semakin tinggi metabolisme tubuh seseorang, semakin banyak pula kalori yang terbakar saat kita beristirahat. Kopi dipercaya dapat meningkatkan metabolsme tubuh seseorang sampai 11%.

3. Membantu Kamu Hidup Lebih Lama

Umumnya, mengonsumsi kopi cold brew bisa menurunkan risiko kematian. Karena hal ini dapat mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, strokes, cedera, diabetes, kecelakaan, sistem pernapasan, maupun infeksi. Salah satu penyebabnya adalah karena kopi memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

Demikian artikel cara membuat kopi cold brew yang dapat saya sampaikan, semoga kita yang mau membaca dan mengamalkannya bisa mendapatkan manfaat, dan semoga kita selalu diberi kesehatan. Terima kasih