Cara Membuat Kopi Latte Seenak Buatan Cafe

Cara Membuat Kopi Latte

Halo guys, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tentang cara membuat kopi latte. Nah, daripada ke cafe, kalian bisa membuat sendiri dirumah. Tentunya dengan bahan sederhana dan cara yang sangat simple. Penasaran? Yuk simak artikel dibawah ini.

Latte atau coffe latte (bahasa Italia untuk kopi susu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa tipis di atasnya. Perbandingan antara susu dan kopi dalam caff latte adalah 2:1. Di Amerika Serikat, kombinasi latte terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, sehingga lebih seperti susu daripada cappuccino.

Perbedaan Latte dan Cappuccino

Cara membuat kopi latte

Latte dan cappuccino pada dasarnya memiliki komposisi yang sama, tetapi jumlah yang berbeda. Segelas latte dan cappuccino keduanya mengandung espresso, steamed milk, dan foamed milk.

Komposisi cappucino cukup seimbang di setiap bahannya. Sedangkan latte memiliki komposisi steamed milk terbesar. Perbedaan takaran komposisi inilah yang membuat rasa cappuccino dan latte jadi berbeda. Latte memiliki rasa milky atau rasa susu yang lebih kental. Cappuccino memiliki rasa yang lebih pahit daripada latte.

Latte atau cappuccino biasanya disajikan panas. Tapi bisa juga disajikan dengan es batu. Namun, ketika dicampur dengan es, busa pada cappucino menjadi lebih tipis atau hilang. Hal ini juga berlaku untuk latte, sehingga rasa keduanya lebih mirip dengan es krim.

Tips Membuat Latte Tanpa Mesin

1. Persiapkan bahan-bahannya

Untuk hasil latte yang maksimal, Anda juga perlu memilih biji kopi yang berkualitas baik. Beberapa jenis bahan yang perlu Anda siapkan adalah kopi, krimer, susu, dll. Menggunakan bahan-bahan yang baik dan berkualitas akan membuat latte buatan Anda semakin nikmat.

2. Persiapkan kopinya

Jika Anda tidak memiliki alat untuk membuat kopi, Anda bisa menggunakan kopi bubuk sesuai sendok makan. Namun, Anda bisa menggiling biji kopi sendiri untuk mendapatkan bubuk kopi dengan rasa yang lebih kuat. Tentu saja, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan latte buatan Anda.

3. Membuihkan susu

Latte juga menggunakan susu sebagai salah satu bahannya dan kamu tidak perlu menggunakan steamer untuk membuat buih susunya. Namun, Anda juga bisa menggantinya dengan menggunakan microwave dengan menuangkan susu ke dalam gelas sebelum dipanaskan. Jangan lupa untuk mengocok toples dengan kuat selama 30-60 detik sebelum memanaskannya dalam microwave selama 30 detik.

4. Padukan kopi dan susu

Langkah selanjutnya adalah mencampur susu dan kopi. Anda bisa menahan susu dengan cara memegangnya dengan sendok agar hanya busanya saja yang terpisah. Dengan cara ini tentu saja hasilnya lebih maksimal.

5. Sajikan latte

Setelah semua langkah selesai, Anda tinggal menyajikan latte Anda. Jika sudah berpengalaman, Anda bisa membuatnya dengan bentuk yang unik dan menyenangkan. Dengan begitu, tentu saja latte Anda akan menjadi sangat enak.

Baca juga : Cara Membuat Cold Brew

Cara Membuat Kopi Latte

1. Kopi Latte Coklat

Cara membuat kopi latte

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan cocoa powder
  • 50 ml air
  • 30 ml simple syrup
  • 100 ml susu cair
  • 1 sachet nescafe
  • 30 ml air
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Kopi Latte Coklat

  1. Pertama, seduh coklat bubuk dengan menggunakan air panas. Kemudian tambahkan simple sirup aduk sampai tercampur rata.
  2. Setelah itu, tambahkan es batu secukupnya. Jika mau menikmati dengan keadaan hangat tidak perlu pake es batu ya.
  3. Lalu tambahkan susu cair di bagian ke dua. Seduh nescafe dengan air panas. Taruh di bagian atas lalu sajikan.

2. Iced Coffe Latte

Bahan-bahan

  • Kopi
  • Susu segar
  • Cream
  • Whipped cream (jika suka)
  • Kopi cold brew (optional)

Cara Membuat Iced Coffe Latte

  1. Seduh kopi seperti yang biasa Anda lakukan di rumah. Jika Anda menyukai metode tuangkan, silakan. Biji kopi yang ingin Anda gunakan juga akan sesuai dengan selera Anda lagi. Namun, semakin tinggi rasa manis dari biji kopi yang diseduh, maka hasilnya akan semakin nikmat.
  2. Biarkan kopi dingin dengan sendirinya setelah diseduh. Jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari es dan biarkan suhunya turun ke suhu ruang.
  3. Setelah kopi dingin, tuangkan ke dalam wadah dan masukkan ke dalam lemari es. Bekukan semalaman dan ubah menjadi es batu kopi.
  4. Setelah kopi berubah menjadi es batu, masukkan ke dalam gelas untuk menambah komposisi selanjutnya.
  5. Jika Anda menyukai kopi yang rasanya sedikit lebih kuat, isi setengah gelas dengan minuman dingin yang sudah diseduh sebelumnya. .
  6. Dalam mangkuk terpisah, tuangkan 1 cangkir susu murni (hangat) dan 2-3 sendok makan krim kental. Aduk rata hingga teksturnya berbusa.
  7. Kemudian tuangkan campuran susu ke dalam gelas yang sudah berisi kopi dan es batu. Es batu langsung meleleh saat terkena cairan susu hangat. Kemudian tambahkan campuran susu sampai penuh atau tergantung selera Anda.
  8. Kemudian tambahkan whipped cream sesuai selera.
  9. Sajikan dengan baik untuk semakin mempermanis tampilan.

Nah, itulah cara membuat kopi latte. Untuk kalian yang punya usaha kopi, kalian bisa menggunakan mesin pembuat kopi, agar lebih efektif dan efisien. Dan untuk mesin lainnya kalian bisa mengunjungi rumahmesin. Selamat mencoba 🙂