Cara Membuat Kopi Susu Kekinian

logo switch-foot.com

Kopi susu sangat digemari oleh semua orang dari berbagai golongan. Hal tersebut dikarenakan rasa kopi yang sangat khas dan nikmat disatukan dengan susu yang terksturnya creamy. Kopi susu bisa dinikmati dalam keadaan dingin maupun panas. Meskipun sudah banyak orang yang menjualnya, kamu bisa, lho, mencoba membuat  kopi susu sendiri di rumah. Cara membuat kopi susu kekinian pun sangat mudah untuk dipraktikkan.

Kopi dicampurkan dengan susu memanglah suatu kenikmatan yang sempurna. Banyak sekali yang menyukai perpaduan ini. Terbukti dari kepopuleran kopi susu yang bahkan sudah mencapai seluruh penjuru dunia.

Banyak kedai kedai pinggir jalan dan café café yang menjual kopi susu. Itu dikarenakankopi susu yang banyak digemari sehingga penjualan kopi susu pun meningkat. Kopi susu tidak hanya bisa kamu nikmati di café, namun kamu bisa mencoba membuatnya sendiri. Rasa kopi susu buatan sendiri juga pastinya enak, tak kalah dengan kopi susu yang biasa kamu beli.

Kopi utuh memiliki tekstur yang keras, sehingga dalam mengolahnya menjadi minuman kopi membutuhkan suatu mesin khusus, yaitu mesin pembuat kopi. Dengan mesin tersebut, akan lebih mudah dalam membuat kopi. Namun ada cara lain yang lebih mudah lagi, yaitu dengan membeli kopi bubuk yang banyak sekali dijual di warung sekitar kita. Ada banyak penjelasan mengenai beragam jenis mesin, mulai dari mesin industri, mesin minuman, dan makanan di Rumah Mesin.

Cara membuat kopi susu kekinian itu simpel dan mudah. Kopi dan susu cair atau susu kental manis adalah bahan bahan utama yang diperlukan dalam membuat kopi susu. Meskipun begitu, berbagai bahan lainnya juga bisa kamu tambahkan untuk menambah cita rasa kopi susu buatanmu.

3 Cara Membuat Kopi Susu Kekinian

cara membbuat kopi susu kekinian

Di bawah ini saya akan memberikan 3 cara membuat kopi susu kekinian yang bisa kamu jadikan referensi dan kamu coba di rumah untuk menemani kegiatanmu.

1. Kopi Susu Sederhana

Pada resep pertama ini saya ingin mebagikan resepkopi susu sederhana yang akan dinikmati dalam kondisi panas. Karena ini sederhana, maka bahan dan cara membuat kopi susu kali ini juga sederhana dan mudah serta simpel. Kopi susu sederhana hanya membutuhkan bahan bahan seperti kopi bubuk dan susu cair. Cara membuat kopi susu sederhana adalah sebagai berikut.

Bahan Bahan:

  • 1 sendok makan kopi bubuk tanpa ampas
  • 150 ml susu cair
  • 2 sendok makan krimer

Cara Membuat:

  1. Pertama tama siapkan sebuat panic berukuran kecil.
  2. Tuang susu cair ke dalamnya. Jangan lupakan juga untuk menambahkan 1 sendok makan kopi bubuk tanpa ampas. Aduk aduk dan masak dengan api kecil hingga mendidih.
  3. Tuangkan larutan dalam panic ke dalam gelas.
  4. Berikan krimer dan aduk aduk hingga tercampur rata.
  5. Kopi susu sederhana siap dapat kamu nikmati saat masih keadaan panas atau hangat agar rasanya lebih nikmat.

2. Mocha Cocoa

Mocha cocoa adalah minuman yang terbuat dari kopi, susu cair, dan sesuai namanya cocoa yaitu cokelat. Ada juga bahan bahan lainnya yang digunakan dalam membuat mocha cocoa, yaitu brown sugar dan vanili. Penggunaan brown sugar dan cokelat tentu saja memberikan rasa manis yang lhas pada mocha cocoa.

Selain sebagai penambah cita rasa, vanili juga bisa memberikan aroma yang harum pada minuman bernama mocha cocoa ini. Rasanya tidak usah ditanya lagi, tentu saja enak. Kopi yang berpadu dengan susu, cokelat dan vanili mampu memberikan rasa yang memanjakan lidah kita. Langsung saja ini dia cara membuat mocha cocoa.

Bahan Bahan:

  • 1 sendok teh kopi bubuk tanpa ampas
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 2 sendok makan cokelat bubuk
  • 1 sendok makan brown sugar
  • 200 ml susu cair
  • Whipped cream secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama dalam membuat mocha cocoa adalah menyiapkan panic berukuran kecil.
  2. Selanjutnya masukkan bahan bahan yang digunakan untuk membuat mocha cocoa, yaitu kopi bubuk, vanili, cokelat bubuk, brown sugar, dan juga susu cair.
  3. Masak hingga mendidih sambil terus diadu aduk dan memasaknya menggunakan api kecil saja.
  4. Jika sudah mendidih, tuangkan ke dalam gelas.
  5. Hiasi atasnya dengan whipped cream dan taburan cokelat bubuk.
  6. Mocha cocoa siap dinikmati dalam keadaan panas.

3. Spice Cappuccino

Cappuccino adalah salah satu jenis kopi yang terbuat dari kopi dan juga susu. Menikmati secangkir cappuccino sangat nikmat saat sedang suntuk dan mengantuk. Apalagi ditambah pada saat hujan dan suhu yang dingin. Cocok sekali untuk minum spice cappuccino.

Karena selain dibuat menggunakan kopi dan susu, juga ada beragam rempah rempah seperti kayu manis dan pala yang hadir dalam minuman ini. Seperti yang kita ketahui, penggunaan rempah rempah pada minuman akan menghangatkan kembali tubuh kita. Selain itu, cita rasanya pun akan semakin unik. Langsung saja, ini dia cara membuat spice cappuchino.

Bahan Bahan:

  • 1 sendok makan kopi bubuk tanpa ampas
  • 1 sendok makan gula aren
  • 200 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • Sedikit pala bubuk
  • Whipped cream secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan pamci ukuran kecil. Panaskan susu cair dengan panci ini hingga mendidih.
  2. Selama memasak, jangan lupa untuk menambahkan kopi bubuk tanpa ampas, gula aren, kayu manis bubuk, dan pala bubuk ke dalam panci dan aduk aduk terus. Proses memasak menggunakan api kecil.
  3. Tuangkan ke dalam gelas. Hiasi dengan whipped cream dan taburan kayu manis bubuk agar tampilannya lebih cantik.
  4. Spice cappuccino siap disajikan.

Itu dia 3 cara membuat kopi susu kekinian. Sangat mudah bukan? Kopi susu panas sangat cocok dinikmati saat sedang hujan. Rasanya sangat nikmat. Selamat mencoba resep di atas.