Cara Membuat Kopi Yang Enak Dan Mudah Dibuat

logo switch-foot.com

Pada artikel ini, saya akan memberikan cara membuat kopi yang enak. Seperti yang kita ketahui bahwa kopi memiliki banyak jenis, maka akan kita bahas sebagai berikut.

Kafe atau kedai kopi memiliki banyak variasi dan cara membuat kopi yang enak. Sayangnya, tidak semua penikmat kopi memiliki banyak waktu luang untuk menikmati kopi di kafe. Bagi penikmat kopi yang sibuk, kami punya tips membuat kopi ala cafe enak yang mudah Anda coba di rumah.

Dalam membuat kopi ala kafe, penting untuk memilih dan memahami bahan, alat, dan jenis minuman kopi. Karena minuman yang baik dimulai dari bahan baku dan peralatan yang baik.

Cara menyeduh kopi ala cafe tidaklah sulit, tapi butuh persiapan dan latihan. Jangan berkecil hati jika percobaan pertama Anda tidak sebagus kafe. Kafe Barista tidak langsung menjadi ahli hanya dengan sekali mencoba.

Memilih bahan bukanlah masalah kecil, membuat kopi yang baik dimulai dari bahan yang tepat. Poin tepatnya dalam hal ini adalah metode, biji kopi, dan bahan lain yang digunakan harus sesuai dengan jenis minuman yang ingin dibuat.

1. Arabika atau Robusta

Dua jenis kopi yang paling umum adalah Robusta dan Arabika, keduanya memiliki karakteristik dan kandungan zat yang berbeda. Arabika memiliki rasa yang tidak terlalu pahit karena kandungan kafeinnya yang lebih rendah, namun rasanya cenderung asam. Robusta cenderung pahit karena lebih tinggi kafeinnya, tetapi memiliki aroma yang lebih tajam dan tidak berasa asam.

Jika Anda seorang pemula dan ingin mencoba cara manual brewing brewing , disarankan untuk menggunakan biji arabica. Robusta memiliki rasa yang tajam, jadi membuat kopi yang enak membutuhkan lebih banyak eksperimen.

2. Kualitas Biji Kopi

Membuat kopi ala kafe yang baik membutuhkan biji yang berkualitas, karena biji yang berkualitas buruk tidak hanya berasa berbeda tetapi juga dapat merusak cita rasanya.

Untuk rasa dan aromanya yang lebih nikmat, disarankan membeli biji kopi dan menggilingnya sebelum menyeduh kopi. Biji yang dimaksud adalah biji kopi yang telah disangrai ( biji kopi sangrai) bukan mentah ( biji kopi ) mentah.

Kualitas biji kopi ada beberapa tingkatan, tingkatannya dibagi menurut jumlah cacat atau cacat. Cacat pada biji kopi disebabkan oleh banyak faktor, kondisi tanam, pemetikan, hama, dll.

Menurut standar SCAA, kopi grade dibagi menjadi grade 1 sampai 5. Grade 1 adalah biji kopi kualitas tertinggi dengan jumlah cacat penuh & lt; 5 biji per 300 gram. Sedangkan biji kopi grade 5 merupakan biji kopi kualitas terendah dengan jumlah full defect> 86 biji per 300 gram.

Tentunya biji kopi grade 1 memiliki kualitas rasa terbaik, oleh karena itu banyak kafe hanya menggunakan biji grade 1 pilihan.

3. Ukuran Giling

Langkah pertama cara menyeduh kopi ala kafe yang enak, Anda perlu memperhatikan ukuran gilingannya. Ukuran gerinda memengaruhi kontak, waktu ekstraksi, dan aliran.

Hati-hati, semakin halus gilingannya, semakin cepat proses ekstraksi namun rasa pahitnya. Pasalnya, aliran air akan terhambat dan semakin lama waktu kontak (air dan kopi) serta terjadi ekstraksi berlebih.

sangat kasar, kasar, sedang, halus sedang, halus, dan sangat halus dalam urutan dari yang lebih kasar ke lebih halus.

Cara membuat kopi bubuk sangat mudah, sesuaikan ukurannya dengan cara anda membuat kopi.

  • Ekstra kasar adalah yang paling kasar, bedaknya terlihat seperti lada. Pabrik ini cocok untuk minuman dingin karena ekstraksi rasa yang lama.
  • Kasar sedikit lebih halus dari pada ekstra kasar, seperti garam laut (bukan garam olahan). Biasanya kopi bubuk seperti ini digunakan untuk french press.
  • Sedang adalah sedang, bubuk terasa seperti pasir. Pengukuran ini digunakan untuk sebagian besar metode pembuatan bir manual.
  • Kehalusan media dalam transisi gilingan sedang dan halus. Jadi, bedaknya lebih halus dari medium tapi tidak sehalus itu. Penggiling ukuran ini paling baik digunakan untuk metode tuang.
  • Fine adalah ukuran yang biasa Anda dapatkan jika membeli bubuk kopi jika tidak memesan ukuran khusus. Bedaknya seperti garam halus. Digunakan jika metode pembuatan bir Anda melibatkan mesin.
  • Ultra halus jarang digunakan karena memerlukan penggiling khusus. Ukurannya seperti tepung. Digunakan untuk membuat kopi Turki.

4. Single Origin atau Blend

Single origin adalah minuman kopi yang menggunakan biji kopi dari daerah yang sama . Kopi Indonesia yang terkenal dengan kelezatan single originnya adalah Gayo, Bali Kintamani, dan Mandailing.

Single origin memang enak, tapi terlalu sederhana karena hanya mengandalkan satu karakteristik. Untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya, caranya adalah dengan mencampurkan atau memblender.

Setiap kafe memiliki ramuannya sendiri atau yang disebut dengan Houseblend . Anda juga dapat mencoba memadukan kacang yang berbeda dengan rasio yang berbeda.

Misalkan Anda menggabungkan Tim Tim Gayo, Ateng Super, dengan Mandailing. Hasilnya adalah kopi dengan & nbsp; body & nbsp ;, keasaman rendah, karakter aroma coklat manis, dan tidak meninggalkan sisa rasa yang pahit.

Menemukan paduan yang tepat membutuhkan banyak kesabaran, waktu dan usaha. Jika ingin yang lebih mudah, Anda bisa membeli racikan kopi yang banyak tersedia di kafe atau tempat pemanggang seperti Kopi Sasame.

5. Memilih Susu dan Cokelat untuk Kombinasi Kopi

Dalam tata cara pembuatan kopi, ada dua bahan pelengkap yang sering digunakan yaitu susu dan coklat. Susu digunakan untuk berbagai jenis minuman berbasis espresso seperti latte, cappuccino, dan macchiato. Sedangkan coklat digunakan sebagai campuran utama mochaccino.

Dalam memilih susu, gunakan susu yang masih mengandung lemak. Jangan gunakan susu jenis rendah atau tanpa lemak . & Nbsp; Lemak dalam susu memudahkan Anda berbusa dan memberi konsistensi yang lebih baik.

Cokelat digunakan untuk berbagai macam minuman kopi yang nikmat seperti mochaccino dan frappuccino. Hindari menggunakan sirup coklat yang sudah jadi. Meski mudah ditemukan dan digunakan, sirup cokelat yang ada di pasaran memiliki kandungan gula yang tinggi.

Kami menyarankan Anda menggunakan bubuk kakao murni. Jika Anda suka yang manis, Anda bisa menggunakan bubuk coklat manis yang tidak memiliki gula sebanyak sirup coklat.

Berbagai jenis minuman dan cara membuat kopi menggunakan cokelat dan susu sebagai pelengkap. Jangan sembarangan memilih karena akan membuat hasil akhirnya tidak menyenangkan.

Cara Membuat Kopi Berbasis Espresso

Minuman kopi jenis ini menggunakan espresso sebagai dasarnya. Jangan gunakan kopi brewed manual untuk membuat minuman jenis ini karena rasanya tidak enak.

1 . Espresso

Espresso adalah konsentrasi biji kopi yang terbagi menjadi shot tunggal (7-9 gram) dan shot ganda (10-14 gram). Idealnya suhu air untuk espresso adalah 93 ° C. Mesin espresso menggunakan timer dan pengatur suhu otomatis, pastikan untuk selalu menyiram sisa air dari mesin (flush) setiap kali membuat espresso baru.

Anda dapat menggunakan rok presso jika tidak memiliki mesin pembuat kopi. Ada banyak alternatif untuk membuat kopi gaya kafe yang enak tanpa mengeluarkan banyak uang.

Alat dan bahan:

  • Cangkir espresso
  • Presso skirt
  • 12 gram (double shot) kopi bubuk halus
  • Air
  • Turunkan tuas rok presso.
  • Rebus air hingga 93 ° C.
  • Taruh kopi di atas skirt presso.
  • Masukkan air ke dalam rok presso.
  • Angkat tuas dengan hati-hati, jangan terlalu cepat, karena air panas bisa menyembur ke atas.
  • Letakkan cangkir espresso di bawah portafilter.
  • Tekan tuas sampai tidak ada air yang tersisa.
  • Selamat menikmati.

2. Americano

Americano adalah salah satu minuman kopi hitam terpopuler di Amerika. Aromanya kuat seperti espresso, tapi rasanya tidak terlalu kental. Secara visual, crema di americano tidak terlalu panjang berwarna hitam karena kebanyakan rusak saat ditambahkan air panas.

Cara membuat kopi hitam yang satu ini cukup mudah karena tidak banyak bahan dan alat yang dibutuhkan.

Alat dan bahan:

  • Cangkir
  • Mesin espresso
  • 12 gram kopi bubuk halus
  • Air panas

Baca juga: Cara Membuat Kopi

Cara menyeduh kopi americano ala kafe:

  1. Masukkan kopi ke dalam mesin espresso.
  2. Nyalakan mesin espresso.
  3. Rebus air hingga 93 ° C.
  4. Panaskan cangkir (opsional).
  5. Tuang espresso ke dalam cangkir (30 ml).
  6. Tambahkan air panas.
  7. Selamat menikmati.

3. Long Black

Yang membedakan hitam panjang dengan americano adalah urutan masuknya air ke dalam air. Hitam panjang akan terasa lebih kental pada awalnya, tetapi semakin ringan Anda meminumnya, crema pada hitam panjang akan lebih terlihat daripada americano.

Alat dan bahan:

  • Cangkir
  • Mesin espresso
  • 12 gram kopi bubuk halus
  • Air panas

Cara menyeduh kopi ala cafe hitam panjang:

  1. Masukkan kopi ke dalam mesin espresso.
  2. Nyalakan mesin espresso.
  3. Panaskan cangkir (opsional).
  4. Tuang air panas ke dalam cangkir.
  5. Tambahkan espresso (30 ml).
  6. Selamat menikmati.

4. Capuccino

minuman yang berasal dari Italia. Bahannya adalah espresso double shot dan susu kukus.

Alat dan bahan:

  • Cup
  • Mesin espresso
  • 12 gram kopi bubuk halus
  • Air panas
  • Susu
  • Pitcher uap

Cara membuat kopi capuccino ala kafe:

  1. Masukkan kopi ke dalam mesin espresso.
  2. Nyalakan mesin espresso.
  3. Masukkan susu ke dalam teko kukus, isi hanya setengah dari teko.
  4. Panaskan susu hingga kira-kira. 90 C.
  5. Kocok susu dengan french press. Jika menggunakan mesin espresso yang canggih, gunakan pembuih hingga berbusa.
  6. Masukkan ujung buih hanya 1 cm dari permukaan susu agar ringan dan berbusa.
  7. Berhentilah jika buih telah memenuhi teko.
  8. Tuang espresso ke dalam cangkir (30 ml).
  9. Biarkan teko dan cangkir dengan jarak sekitar 6 cm.
  10. Tuang susu yang sudah dikukus dan berbuih langsung ke tengahnya.
  11. Saat menuang, persingkat jarak sembari mempercepat penuangan agar buih berada di atas dan tampak cerah.
  12. Selamat menikmati.

5. Latte

Latte atau cafe latte memiliki komponen yang sama dengan cappucino, tapi hanya menggunakan sedikit buih. Minuman ini sangat digemari karena dapat lebih divariasikan dari segi penyajian dan rasa.

Alat dan bahan:

  • Cup
  • Mesin espresso
  • 14 gram kopi bubuk halus
  • Air panas
  • Susu
  • Pitcher uap

Cara membuat kopi latte bergaya cafe :

Masukkan kopi ke dalam mesin espresso.
Nyalakan mesin espresso.
Siapkan susu ke dalam steam pitcher.
Kukus susu sampai mengental, kira-kira. 90 ° C.
Kocok susu dengan french press. Jika menggunakan mesin espresso yang canggih, gunakan pembuih hingga berbusa.
Hentikan ketika busa mulai tampak menutupi permukaan, tidak perlu sebanyak cappucino.
Putar teko agar buihnya bercampur dengan susu.
Tuang espresso ke dalam cangkir (30 ml).
Tuang 90 ml susu rebus dan berbusa.
Tuang perlahan-lahan langsung ke tengah kopi agar warnanya merata (Anda bisa berlatih seni latte sambil).
Nikmati.
Jangan langsung terobsesi dengan seni latte, yang penting rasio susu dan kopi. Seni latte meningkatkan presentasi dan terlihat lucu, tetapi membuat kopi yang enak membutuhkan ketelitian. Percuma memiliki penampilan yang bagus tapi rasa minumannya kurang enak.

Demikian artikel yang saya buat kali ini, jangan lupa untuk baca juga resep lainnya di rumahmesin.com. Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda.