Cara Membuat Kue Odading Goreng Mang Oleh Yang Viral

Cara Membuat Kue Odading Goreng

Berita viral di media sosial perlu tahu yang namanya Odading? Ya, Odading Mang By yang viral di media sosial karena video promosinya yang kocak dan siap pakai, membuat Odading ini jadi incaran banyak orang. Sejak video tersebut viral, toko Odading di Bandung sudah ramai dan antre. Lalu apa itu odading dan bagaimana Cara Membuat Kue Odading Goreng? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Odading

Cara Membuat Kue Odading Goreng

Apa itu Odading? Odading adalah kue/roti goreng khas Bandung yang memiliki tekstur seperti cakwe. Bentuknya lebih besar dan mengembang, sehingga sering disebut roti bantal. Di tempat lain, Odading dikenal dengan nama Gembuk, Kue Bantal, dan Bolang Baling. Ada sejumput biji wijen di bagian luar Odading yang menambah kekayaan rasa dan tekstur dari Odading itu sendiri.

Odading sebenarnya sudah ada sejak lama, namun sejak beredarnya video promosi Odading Mang Oleh yang begitu aneh dan berbeda dari yang lain, kembali viral. Hal ini menarik perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Inilah mengapa Odading saat ini sedang viral dan dikenal banyak orang Indonesia.

Ingin mencoba Odading Mang Oleh tapi malas ke Bandung dan malas mengantri? Bagaimana kalau kita coba cara membuat kue odading goreng yang viral? Tentu saja, Anda tidak perlu mengantri sama sekali. Jika tertarik, yuk simak resep viral dari Odading Mang Oleh ini!

Cara Membuat Kue Odading Goreng

Ada beberapa resep Cara Membuat Kue Odading Goreng Mang Oleh Viral. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep Odading Mang Oleh Viral? Berikut ini adalah beberapa resep yang perlu kalian coba dalam membuat resep Odading Mang Oleh Viral :

1. Kue Odading Original

Cara Membuat Kue Odading Goreng

Bahan – Bahan :

  • Tepung terigu 500 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Ragi instan 2 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Air hangat 200 ml
  • Biji wijen putih
  • Minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Siapkan wadah terlebih dahulu dan tambahkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan dan garam. Campur semuanya secara merata.
  2. Kedua, siapkan wadah lain, buka wadah dan tuang telur. Kemudian kocok telur. Tidak butuh waktu lama untuk mengocok telur.
  3. Sekarang tuangkan campuran tepung dari wadah pertama ke wadah kedua dengan telur kocok. Aduk semuanya hingga tercampur rata.
  4. Sekarang kita tuang air hangat ke dalam adonan sambil kita uleni adonan dengan tangan sampai adonan tercampur rata dan elastis/padat.
  5. Jika sudah, diamkan adonan resep Odading dalam wadah tertutup selama 30 menit hingga mengembang.
  6. Setelah adonan mengembang, buka wadah dan ambil sedikit adonan.
  7. Gilas adonan satu per satu dan taburi dengan wijen putih. Ulangi langkah ini sampai semua adonan habis.
  8. Saatnya menggoreng adonan resep Odading. Ambil wajan, taruh di atas kompor, tuangkan minyak dan panaskan.
  9. Jika minyak sudah terlihat panas, masukkan adonan resep Odading dan goreng hingga kuning kecoklatan atau matang.
  10. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

2. Kue Odading Tanpa Telur

Cara Membuat Kue Odading Goreng

Bahan – Bahan :

  • terigu protein tinggi 250 gram
  • 50 gram terigu protein sedang (segitiga biru)
  • gula pasir halus 100 gram
  • ragi 1,5 sdt
  • soda kue 1 sdt
  • air putih 150 ml
  • margarin 40 gram
  • wijen, secukupnya
  • minyak goreng

Cara Membuat :

  1. Campur tepung terigu, gula halus, ragi, baking powder. Campur dengan baik.
  2. Tuang air sedikit demi sedikit dan uleni hingga setengah kalis.
  3. Tambahkan margarin, uleni kembali. Bulatkan adonan.
  4. Taburi mangkuk dengan sedikit tepung, masukkan adonan ke dalam wadah. Biarkan istirahat selama 1 jam. Tutup plastik. Tunggu hingga ukurannya menjadi dua kali lipat.
  5. Pukul-pukul adonan, uleni lagi.
  6. Gilas adonan, potong dengan pisau.
  7. Olesi dengan air dan taburi dengan biji wijen.
  8. Tutup kembali dengan plastik, diamkan selama 10 menit.
  9. Goreng hingga matang.

3. Kue Odading Manis

Cara Membuat Kue Odading Goreng

Bahan – Bahan :

  • air 60 ml
  • ragi 1 sdt
  • gula putih 4 sdt
  • 1 butir telur
  • mentega cair 2 sdm
  • vanilla 1 sdm
  • garam 1/4 sdt
  • susu uht 100 ml
  • tepung terigu 250 gram
  • gula halus 150 gram

Cara Membuat :

  1. Campur ragi dan 1 sendok makan gula putih, aduk rata. Biarkan selama 5 menit.
  2. Tambahkan sisa gula, mentega cair, vanili dan garam. Campur dengan baik.
  3. Tambahkan susu dan tepung secara bertahap.
  4. Sembari menaburkan tepung sedikit demi sedikit, uleni hingga kalis.
  5. Pindahkan ke wadah yang sudah dilapisi minyak goreng. Tutup dengan serbet, diamkan selama 1-2 jam sampai volumenya dua kali lipat.
  6. Keringkan adonan dan uleni sebentar. Taburi sedikit dengan tepung dan diamkan selama 45 menit.
  7. Goreng hingga matang.
  8. Taburi dengan gula halus

Selengkapnya Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama Untuk Ayam Goreng

Tips

Beberapa tips dalam Cara Membuat Kue Odading Goreng yang bisa kalian coba dan kalian praktekkan di rumah dan akan menghasilkan kue odading yang empuk, renyah serta lembut tentunya.

1. Gunakan Ragi Baru

Bahan penting dalam membuat odaden mengembang adalah ragi baik yang masih aktif. Campur ragi dengan air hangat terlebih dahulu untuk melihat apakah ragi yang akan digunakan masih aktif. Jika mengembang, ragi masih bisa digunakan.

2. Air Hangat Untuk Menguleni

Menggunakan air untuk menguleni adonan tidak hanya menggunakan air hangat untuk mengaktifkan ragi. Air hangat mempercepat adonan yang diuleni. Jika ingin adonan lebih lembut, gunakan sedikit air lagi agar adonan tidak menjadi kental atau keras.

3. Tinggalkan Adonan

Diamkan adonan sekitar 40 menit hingga mengembang atau proof. Tempatkan di area dapur yang gelap, tutup wadah adonan agar tidak kehilangan kelembapan dan ragi untuk cepat menggembungkan adonan.

4. Olesi Dengan Tepung Kering

Setelah mengembang dan dikosongkan, potong adonan menjadi kotak-kotak sesuai kebutuhan. Setelah menambahkan biji wijen sebelum menggoreng adonan, taburi sedikit tepung di bagian luar agar renyah dan garing setelah digoreng.

5. Goreng Dengan Minyak Panas dan Api Kecil

Pastikan api tidak terlalu besar saat menggoreng odading. Jangan sering dibalik agar minyak tidak terlalu banyak menyerap. Balik saja sekali ketika Odading sudah terlihat coklat.

Cara Membuat Kue Odading Goreng Mang Odading Viral sangat mudah! Tentunya kita tidak perlu jauh-jauh berkendara ke Bandung dan lelah mengantri di Odading Mang By Shop. Anda bisa dengan mudah membuat odading sendiri di rumah. Setelah dimasak, odading harus segera dimakan. Odading Mang Viral paling enak saat panas. Saat sudah dingin, bisa menjadi sedikit kenyal dan kurang renyah. Jadi Anda harus buru-buru jika membuat resep Odading Mang dari Viral di rumah.

Ingin Membuat Mang Odading Ini Dengan Resep Viral Di Rumah? Kalau begitu langsung saja buat Resep Mang Odading dari Viral ini dan jangan lupa disimak ya. Siapa tahu bisa viral dan menghasilkan keuntungan.