Cara Membuat Lepet Jagung

logo switch-foot.com

Baiklah kawan kawan bertemu lagi dengan saya, nah disini saya akan memberikan artikel tentang cara membuat lepet jagung, oke tanpa basa basi berikut cara membuatnya dan resep yang diperlukan.

Manfaat Dari Jagung

Melancarkan saluran pencernaan

Jagung mengandung serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Serat ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat membuat saluran pencernaan lebih aktif. Karena mengandung serat, jagung bisa dikonsumsi untuk meredakan dan mencegah sembelit.

Mata yang sehat

Jagung mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein. Jenis diet ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jagung secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat jagung lainnya adalah dalam menjaga kesehatan tulang, terutama bagi orang yang kesulitan mencerna susu atau yang memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa. Ini karena ada sekitar 90 mg fosfor dalam satu porsi jagung.

Jumlah ini sesuai dengan 10% dari kebutuhan harian fosfor untuk orang dewasa. Fosfor adalah nutrisi yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang dan gigi.

Mencegah Depresi

Magnesium yang terkandung dalam jagung dapat membantu meningkatkan funsi dan kesehatan pada otak. Tingkat magnesium yang rendah dikatakan meningkatkan risiko mengembangkan depresi. Oleh karena itu, konsumsi jagung secara teratur dapat meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh untuk mengurangi risiko depresi.

Periksa tekanan darah Anda

Kandungan mineral potasium dan magnesium, serta antioksidan dalam jagung juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsi jagung secara teratur mungkin memiliki manfaat dalam mencegah tekanan darah tinggi.

Namun, jagung tidak boleh ditambahkan garam berlebih karena berpotensi meningkatkan tekanan darah.

Melawan radikal bebas

Jagung kaya akan antioksidan dan vitamin C, yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Antioksidan diketahui dapat menangkal efek radikal bebas, yang dapat meningkatkan risiko penyakit dan penuaan dini.

Kalau kalian ingin menikmati manfaat jagung maka kalian harus memilih jagung dengan ciri ciri yang bersih dan bagus. Setelah dicuci, jagung bisa direbus, dipanggang, atau dikukus hingga matang.

Baik untuk kesehatan jantung

Memiliki jantung yang sehat hingga usia lanjut merupakan dambaan banyak orang. Hal itu dikarenakan kebanyakan orang yang meninggal oleh serangan jantung sangat banyak. Dikarenakan itu tidak ada salahnya sekali sekali kita memakan jagung rebus untuk menjaga kesehatan jantung.

Jagung masak mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengontrol kadar kolesterol darah sehingga masalah kardiovaskular bisa lebih terkontrol. Vitamin C dalam jagung juga dapat membantu menurunkan asam amino di pembuluh darah Anda. Tingginya kadar asam amino dapat menyebabkan masalah pembuluh darah serta masalah jantung.

Kaya akan antioksidan

Manfaat jagung bagi kesehatan selanjutnya dapat menjadi sumber antioksidan. Kandungan antioksidan pada jagung diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Selain itu, kadar lutein, sejenis antioksidan yang ditemukan dalam jagung, dapat membantu melindungi mata dari kerusakan sel.

Ada juga zeaxanthin, karotenoid paling umum yang ditemukan pada tanaman, yang manfaatnya dapat meningkatkan kesehatan mata.

Mencegah kanker paru-paru

Manfaat jagung selanjutnya dapat mencegah risiko kanker paru-paru, dibantu oleh kandungan cryptoxanthinnya. Kandungan tersebut baik untuk menjaga perkembangan kanker paru-paru ganas. Kanker paru-paru merupakan pembunuh pria nomor satu di Indonesia.

Pada orang dengan kanker paru-paru, sel-sel paru-paru menjadi abnormal dan bersifat kanker dan tidak terkendali. Kanker paru-paru umumnya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun. Jenis kanker ini sering dikaitkan dengan merokok, dengan 85% kanker paru-paru terjadi pada perokok. Tetapi orang yang tidak merokok juga berisiko terkena kanker paru-paru.

Jagung Lepet

cara membuat lepet jagung
44042753 – ear of corn in a corn field in summer before harvest.

Bahan:

3 buah jagung manis, kupas, haluskan dengan mixer
3 sdm jagung manis yang dihaluskan
6 sdm tepung maizena
3 sdm tepung terigu
180 gr kelapa parut kupas
120 gr gula pasir
Garam secukupnya
Kulit jagung untuk pembungkus, cuci dan tiriskan

Cara Membuatnya :

  1. Panaskan kukusan hingga menjadi beruap.
  2. Campur semua bahan hingga tercampur lalu cicipi.
  3. Ambil 1 lembar kulit jagung dan tambahkan 2 sendok makan adonan.
  4. Lipat kulit jagung hingga isiannya memadat sampai semuanya habis.
  5. Kukus sekitar 30 menitan sampai benar benar matang.
  6. Angkat dan sajikan.

Sekian dari saya pada artikel cara membuat lepet jagung ini, nah bagi kalian yang ingin membuat lepet jagung atau olahan yang lain, kalian bisa menggunakan mesin perontok jagung, gunakan mesin yang bersih dan berkualitas ya.