Cara Membuat Perkedel Jagung yang Dihaluskan

cara membuat perkedel jagung yang dihaluskan

Jadi di artikel ini saya akan berbagi cara membuat perkedel jagung yang dihaluskan yang bisa kamu coba buat dirumah. Perkedel merupakan makanan khas Indonesia yang biasa dimakan bersama makanan lain sebagai lauk tambahan. Meski begitu perkedel ini mempunyai ciri khas rasa tersendiri.

Tips Membuat Perkedel Supaya Tetap Bagus saat Digoreng

Perkedel merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Dari restoran Padang hingga Warteg hingga santapan mewah, ada di mana-mana. Mudah dibuat dan rasanya enak. Apalagi jika dijadikan sebagai pendamping makan uduk dan soto. luar biasa!

Kritik umum saat membuat kue adalah kue menjadi rapuh dan berminyak setelah dipanggang. Alasannya mungkin karena bahan yang kaya air seperti kentang, susu cair dan mentega. Simak tips di bawah ini untuk membuat perkedel yang enak.

1. Campur adonan dengan bahan menempel

Anda bisa menambahkan lem seperti telur, tepung terigu/tepung tapioka, dan tepung beras. Misalnya, untuk 500 gram kentang, Anda bisa menambahkan sekitar 1 butir telur, 2 sendok makan tapioka/kanji, atau 1 sendok makan tepung. Tapi dicelupkan ke putih telur sebelum digoreng.

2. Sebelum digoreng diamkan adonan sebentar dalam kukusan

Jika Anda memiliki lemari es, Anda dapat meninggalkan adonan yang Anda buat di lemari es selama sekitar 30 menit. Hal ini memungkinkan adonan untuk mengikat lebih erat sehingga kue tidak hancur saat digoreng.

3. Celupkan putih telur

Saat adonan kue siap untuk digoreng, pertama-tama celupkan kue berbentuk ke dalam campuran putih telur. Ingat, cuma bagian putihnya ya, karena putih telur membuat kue perkedel menjadi kaku dan susah hancur ketika digoreng dibandingkan dengan kuning telur.

4. Goreng pada minyak panas

Sangat mudah, tetapi juga penting, untuk menggoreng perkedel dalam minyak yang sangat panas. Gunakan api sedang agar adonan lebih cepat matang tanpa terlalu lama direndam dalam minyak.

Tips lainnya adalah menggunakan wajan besar dengan baskom yang dalam agar seluruh permukaan kue terendam. Misalnya wajan yang dilapisi marmer anti lengket, tahan korosi dan tidak berbahaya bagi kesehatan. Dengan ukuran 30 cm, penggorengan besar ini cocok untuk memasak terlalu banyak kue sekaligus.

5. Balik perkedel ketika menggoreng

Gulung kue hanya sekali saat alasnya berwarna cokelat dan keras. Jika Anda membungkusnya beberapa kali, kue akan lebih mudah jatuh dan berminyak.

Selain tips di atas, jika proses penggorengan juga dipengaruhi oleh pengolahan bahan utama kue, kue akan hilang atau tidak gosong. Saat biasanya dikukus, kukus kentang apa adanya, tanpa memotongnya, begitu juga dengan kulitnya.

Cara Membuat Perkedel Jagung yang Dihaluskan

cara membuat perkedel jagung yang sudah dihaluskan

Setelah mengetahui tips dari membuat perkedel ini mari kita membuat perkedel nya. Kali ini yang akan dibuat adalah perkedel jagung. Cara membuatnya hampir mirip dengan perkedel kentang cuma yang beda hanya di bahan yang digunakan.

Sekilas juga cara membuat perkedel ini hampir sama dengan cara membuat bakwan jagung. Keduanya juga dapat digunakan sebagai pendamping makanan dan juga sebagai camilan. Tetapi sebelum membuat kedua makanan ini jagung harus dipipil terlebih dahulu dengan mesin pemipil jagung atau dipipil secara manual.

Berikut ini cara membuat perkedel jagung yang dihaluskan:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 buah jagung manis
  • 1 buah telur ayam
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah cabai rawit
  • 2 buah cabai merah
  • penyedap rasa secukupnya sesuai selera
  • 1/2 sdt merica
  • garam secukupnya selera
  • 1 batang daun bawang
  • 1 batang seledri
  • tepung terigu secukupnya

Cara membuat perkedel jagung:

  1. Hancurkan jagung terlebih dahulu (ditaburi atau dicampur)
  2. Kemudian semua bumbu dihaluskan (dicampur atau dicampur)
  3. Campurkan bumbu halus ke dalam jagung yang sudah digiling terlebih dahulu
  4. Aduk hingga matang, lalu tambahkan telur dan aduk kembali
  5. Kemudian tambahkan tepung (sesuai selera atau kira-kira) untuk mengencangkan adonan dan aduk kembali hingga rata
  6. Kemudian masukkan irisan daun bawang dan seledri beserta bumbunya dan aduk kembali sampai rata (garam ditambahkan ke dalam campuran bumbu untuk ini)
  7. Jika dirasa adonan masih kurang lengket bisa ditambahkan tepung terigu hingga adonan terasa lengket
  8. Setelah adonan tercampur rata dan mengental, nyalakan kompor dan jangan lupa tambahkan minyak dan tunggu hingga panas
  9. Jika terasa panas, adonan bisa digoreng dengan api kecil
  10. Bentuknya bulat atau lebar, tergantung selera
  11. Tunggu beberapa menit sambil melihat ke belakang agar kue matang sempurna dan merata
  12. Jika sudah terlihat matang, matikan kompor, angkat, dan taruh di piring
  13. Sekarang perkedel jagung sudah siap dan siap disantap.

Itulah tadi bagaimana cara membuat perkedel jagung yang sudah dihaluskan dan juga tipsnya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu membuat perkedel, Selamat mencoba.