Beginilah Cara Mudah Membuat Polar Pakan Kambing

logo switch-foot.com

Hai sobat peternak, kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat polar pakan kambing yang mudah dan juga cepat. Kalian tidak perlu membelinya ada toko peternakan yang akan menghabiskan uang pengeluaran. Tanpa basa – basi lagi, berikut ini adalah tutorial cara membuat polar untuk kambing terna kalian.

Apa itu Polar?

cara membuat polar pakan kambing

Pada dasarnya polar adalah hasil sampingan atau limbah dari industri penggilngan gandum. Biasanya gandum yang digiling ini akan digunakan sebagai tepung terigu. Limbah dari penggilingan gandum yang akan menghasilkan tepung terigu inilah yang dinamakan polar.

Karena hal  ini, nama lain dari polar adalah dedaknya gandum. Polar ini merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat konsentrat yang biasanya digunakan sebagai bahan tambahan combowm.

Hal ini bisa terjadi karena polar memilik kandungan lemak, protein, vitamin, dan mineral yang melimpah dari pada dengan biji keseluruhannya. Selain itu, pola juha mengandung polikasarida strukutural yang jumlahnya bisa dibilang lumayann banyak.

Tetapi faktanya polar tidak dapat kalia berikan pada hewan ternak dalam jumlah yang banyak. Maksimalnya adalah 40 % dari total ransum. Sebab polar menyimpan zat pencahar yang bisa menyebabkan hewan ternak terkena mencret.

Apakah Polar Baik untuk Pakan Kambing?

Memang penggunaan polar terbilang baik untuk menguatka kambing. Tetapi, kambing meruoakan hewan pemamah biak yang dangat memerlukan pakan yang seratnya kasar dan lumayan besar. Dan apabila kita memberikan polar pada kambing ternak dengan kadar yang banyak, hal ini akan menyebabkan kambing ternak kita terkena mencret.

Baca juga: Begini Cara Fermentasi Basah untuk Pakan Kambing

Kandungan Nutrisi Polar

Pasti kalian bertanya – tanya berapa si kandungan nutrisi yang ada pada polar? Polar memiliki kadar protein 14,5%. Naik turunnya kandungan nutrisi yang terkandung pada polar ini dapat dipengarui oleh cara perawatannya.

Maka dari itu, kadnugna polar pada tahun ini bisa saja berbeda dengan kandungan polar padat tahun yang akan mendatang. Memang kadar nutrisinya akan tetap tinggi, tetapi mungkin hanya naik turun sedikit saja.

Yang menjadi perbandingan yaitu kandungan lemak kasar, kandungan pati, gluten, serat kasar, dan asam amino yang dikandungnya. Di bawah ini merupakan perbedaan kandungan nutrisi antara bran dan polar :

Nutrisi (% BK)Wheat branPolar
Kadar airMaksimal 14,5Maksimal 14,5
Protein KasarMinimal 14,5Minimal 14,5
Lemak KasarMaksimal 4,3Maksimal 4
Serat KasarMinimal 7Minimal 9,5
KarbohidratMaksimal 30Maksimal 20
AbuMaksimal 5,5Maksimal 6,5

Cara Membuat Polar Pakan Kambing

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mencampurkan polar dengan air bersih sampai lumayan basah. Tingkat kebasahannya dapat kalian sesuaikan sampai jika digenggam airnya tidak menetes dan juga jika dibuka kepalan polar tidak akan hancur.
  2. Langkah selanjutnya adalah mengukus polar selama 15 sampai 20 meit. Jika suda diamkan sampai suhunya kembali normal.
  3. Tambahkan ragi tempe dengan jumlah 0,5 dari banyaknya polar. Sebagai contohnya,  jika jumlah polar sebanyak 100 kilogram, maka jumlah ragi tempe yang akan dibeerkann adalah 500 gram.
  4. Kemudian campurkan semua bahan yang tadi sampai merata.
  5. Jika dirasa sudah merata, letakkan pada wadah yang rapat, kalian bisa menggunkan ember. Jika sudah, diamkan selama 2 sampai 3 hari.
  6. Langkah yang terakhir yaitu menjemur, mengeringkan, dan juga menggiling ulang jika kalia tidak keberatan. Hal ini dikarenakan akan adanya miselium yang warnanya putih mirip ketika membuat tempe. Maka, pasti polar yang kita fermentasi akan membeku.

Meningkatkan Mutu Polar dengan Fermentasi   

Polar dapat digunakan untuk fermentasi karena polar memiliki kandungan pati yang mudah untuk langsung dimanfaatkan oleh bakteri fermentasi. Polar dari gandum memiliki kadar protein kasar yang lumayan besar yaitu sekitar 15%.

Kandungan serat kasar pada polar gandum adalah sekitar 10%. Apabila ditotal, kandungan yang terdapat pada polar tergolong rendah untuk kambing ternak.