Cara Membuat Prakarya dari Sabut Kelapa yang Mudah Untuk Dicoba

Cara Membuat Kerajinan Pot dari Sabut Kelapa

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara membuat prakarya dari sabut kelapa, bacalah dan simaklah sampai habis agar kalian bisa mengetahui dan juga mempraktekan sendiri. Selain membuat tentang cara mengolah nasi, saya juga membuat kerajinan dari kelapa.

Cara Membuat Prakarya dari Sabut Kelapa

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan banyak perkebunan kelapa. Sejak kecil kita sudah mengetahui bahwa pohon kelapa memiliki banyak manfaat dari akar hingga daun. Misalnya, sabut kelapa yang biasanya dibuang, sebenarnya bisa diolah kembali menjadi tikar yang terbuat dari sabut kelapa.

Menggunakannya sampai sekarang, buahnya menjadi santan dan minyak. Batangnya digunakan untuk membuat kayu dan daunnya untuk membuat sapu, dan sebagainya. Limbah dari sabut kelapa yang dibuang sebenarnya dapat dijadikan sebagai produk yang dapat bermanfaat bagi lingkungan dan juga membawa nilai ekonomi bagi pedesaan.

Pada umumnya masyarakat  hanya memanfaatkan sabut kelapa untuk  kebutuhan bahan bakar rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar. Di daerah penghasil kelapa, arang ini sering dibuang. Usaha-usaha pembuatan genteng dan batu bara sangat sering membutuhkan sabut kelapa untuk proses pembakarannya.

Namun ada beberapa perajin yang memanfaatkan sabut kelapa ini untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Suka dengan bisnis pengolahan kelapa?

Cocofiber, juga dikenal sebagai sabut kelapa, merupakan bahan utama untuk memproduksi berbagai produk kerajinan. Minyak kelapa yang masih kasar dan juga kental dapat diolah untuk memperoleh serat lunak dengan dua cara, yaitu teknik tradisional dan teknik modern. Berikut ini adalah contoh cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa yaitu kerajinan tikar.

Alat yang Anda Butuhkan :

  • Rimbagan
  • Palu
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet

Bahan yang Anda Butuhkan :

  • Sabut kelapa
  • Tali dari sabut kelapa
  • Minyak kelapa

Cara Membuuat Keset :

Siapkan alat dan bahan. Bentuk sabut kelapa yang sudah anda siapkan seperti bantal. Seteklah itu pasangkan tali ke ujung sebagai jalur untuk menenun. Beri minyak secukupnya pada tali agar bahan anyaman tidak tergenang.

Tenun tali sebagai starter juga dasar. Anyaman kelapa seperti menenun, masukan dari atas disusun merata hingga terisi semua. Setiap baris ditutup dengan cara dipukul dari atas dengan palu agar tikar kokoh dan juga memiliki kekuatan.

Setelah selesai menenun, kemudian permukaan tikar dipotong agar rata. Kunci tali atau tali agar tenunan tidak mudah lepas.

Manfaat Sabut Kelapa

  1. Untuk menetralkan bau semen. 
  2. Sebagai pupuk organik.
  3. Dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan brike.
  4. Sebagai bahan kerajinan dasar.
  5. Juga bisa menjadi sebagai ketahanan terhadap erosi di tebing.
  6. Pembuatan sapu ijuk.
  7. Sebagai kertas pengganti media pembakaran.
  8. Juga bisa menjadi bahan pembuatan coco net.
  9. Sebagai bahan baku jok, selimut dan spring bed.
  10. Yang terakhit juga bisa menjadi bahan pembuatan keset.

Baca juga : Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Keuntungan Bisnis Sabut Kelapa

Di Indonesia sendiri merupakan penghasil kelapa. Sabut kelapa yang kering dibuang bergitu saja. Usaha-usaha pembuatan genteng dan batu bara sangat sering membutuhkan sabut kelapa untuk proses pembakarannya.

Pengrajin menggunakan sabut kelapa untuk mengolahnya menjadi barang yang berguna, seperti sapu lantai dan alas kaki. Seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi serta dengan proses pengolahan kelapa yang semakin inovatif, sabut kelapa dapat menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Baca juga : Cara Membuat Lepet Jagung yang Enak dan Mudah Dicoba Untuk Pemula

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat yang menjelaskan tentang cara membuat prakarya dari sabut kelapa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)