Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana

Haloo guys… Di artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentan cara membuat sayur lodeh sederhana. Saking sederhananya kalian dapat membuatnya sendiri dirumah.

Sayur Lodeh

Ada satu sayur yang sering dihidangkan untuk keluarga oleh ibu-ibu rumah tangga, sayur apa itu? ini sayur lodeh Meski sayur lodeh bisa dibilang cukup sederhana, rasanya sangat menggugah selera. Sayuran ini terbuat dari beberapa bahan herbal.

Kebanyakan ibu rumah tangga menggunakan bahan-bahan yang mereka ketahui dari resep yang diajarkan atau diajarkan kepada mereka di masa lalu.

Namun ada kesamaan yaitu kekhasan sayur lodeh dengan bahan yang sama yaitu menggunakan santan, namun ada beberapa varian yang tidak menggunakan santan sama sekali dan diganti dengan bahan yang memberikan rasa gurih pada sayur tersebut.

Rasa lodeh nabati yang gurih dan nikmat bisa membuat siapa saja yang memakannya lapar. Bagi Anda yang sudah bosan dengan sayur-sayuran yang hanya Anda santap saat disajikan di meja makan, tidak ada salahnya mencoba makan sayur lodeh.

Sayuran ini tidak hanya enak, tetapi juga menambah selera makan keluarga di rumah. Padahal, sayur lodeh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena sayuran ini terbuat dari sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

JIka kalian ingin menyantap sayur lodeh tidak usah bingung lagi, karena sayur lodeh sudah dapat kita dapatkan dimana mana, dari warteg hingga hotel. Namun daripada harus membeli sayur lodeh, lebih baik kita membuat sayur sendiri di rumah.

Cara Membuat Sayur Lodeh Sederhana

Nah bagi kalian yang bingun bagaimana cara membuat sayur lodeh sederhana. Disini saya akan membagikan resep dan cara membuatnya kepada kalian.

Bahan sayur lodeh:


150 g wortel

2 buah terung ungu

100 g kacang panjang

1 buah labu siam

100 g kol

3 sdm minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan:


6 butir bawang merah

8 siung bawang putih

5 buah cabai merah keriting

3 lembar daun salam

4 cm lengkuas

1 liter santan cair

100 g biji melinjo

50 g daun melinjo

5 buah cabai hijau, iris serong

300 ml santan kental

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan wortel dan potong menjadi bentuk balok, ambil terong dan potong menjadi 2 panjang, potong kacang panjang sekitar 3 cm, Potong labu siam, iris kol.
  2. Siapkan wajan dan masukan bumbu halus kedalamnya lalu tambahkan daun salam dan lengkuas. Lalu masak hingga muncul aroma harum.
  3. Siapkan panci dan masukan biji melinjo, wortel, kacang panjang, cabai hijau dan labu siam. Masak hingga setengah matang lalu masukan bumbu yang sudah ditumis tadi dengan santan kental, garam, dan gula pasir. Aduk terus.
  4. Setelah mendidih masukan terong dan kol, terus masak hingga semua bahan matang dan jika sudah matang masukan daun mlinjo lalu aduk hingga daun melayu.
  5. Angkat sayur lodeh dan sajikan.

Nilai Gizi Sayur Lodeh


Sayur Lodeh terkenal dengan rasanya yang gurih dan nikmat, namun tahukah Anda nilai gizi Sayur Lodeh? Berikut Nilai Gizi Sayur Lodeh dari website terpercaya

Dalam jamu lodeh yang beratnya 100 gram ini kami temukan mengandung nutrisi dengan perincian sebagai berikut:

Ada lemak yang terkandung sekitar 12,45 gram lemak dari 100 gram sayur lodeh.
Ada kandungan Protein yang sekitar 9,08 gram dari 100 gram sayuran lodeh.
Kalsium terdiri dari sekitar 135 miligram dari 100 gram sayuran lodeh.
Energi yang terkandung ada sekitar 240 kilokalori dari 100 gram sayur lodeh.
Zat besi sekitar 4,16 miligram untuk 100 gram jamu lodeh.
Fosfor terdiri dari sekitar 184 miligram dari 100 gram sayuran lodeh.
Karbohidrat yang terkandung sekitar 30,65 gram dari 100 gram sayur lodeh.
Dalam soda sayur yang beratnya 100 gram ini juga mengandung beberapa vitamin, dengan rincian:

Yang pertama adalah vitamin A: 1465 IU dari 100 gram sayur lodeh.
Selain itu, vitamin B1: 0,14 miligram 100 gram sayur lodeh.
Yang ketiga ada vitamin C: 29 miligram dari 100 gram sayur lodeh.


Manfaat Mengkonsumsi Sayur Lodeh


Sayur lodeh memiliki banyak manfaat sebagai bahan dasar sayur lodeh biasanya terong, labu kuning, kacang panjang, kluwih, kulit mlinjo, terong, daun mlinjo dan tempe sebagai bahan pelengkapnya.

Bahan-bahan diatas mengandung serat, vitamin dan mineral, jika lebih spesifik kacang panjang merupakan sumber protein dan mengandung asam folat, labu kuning mengandung serat dan karbohidrat, daun mlinjo dan terong mengandung antioksidan yang digunakan tubuh untuk melawan radikal bebas, sedangkan kelapa susu memberikan lemak bagi tubuh.

Konsumsi sayur lodeh secara teratur tidak diperbolehkan karena dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Jadi jangan sering-sering makan sayur lodeh. makan secara teratur agar tidak menimbulkan reaksi buruk dari tubuh.

Itulah artikel yang dapat saya bagikan pada kali ini. Jika kalian ingin membaca artikel yang serupa, dapat membaca artikel cara membuat sayur lodeh ini. Atau bisa check artikel berfaedah lainnya di website ini.