Cara Membuat Sempol Tanpa Daging

Artikel cara membuat sempol tanpa daging ini saya tujukan pada kalian yang ingin memakan sempol tanpa menggunakan daging. Berikut tata cara pembuatannya.

Sempol Tanpa Daging

Mencari cara membuat sempol tanpa daging? dan terasa enak, mudah dan unik? ini resep yang anda cari. Untuk membuatnya benar-benar sulit sulit mudah. Karena jika penanganannya buruk, rasa yang dihasilkan sempol bisa hambar bahkan tidak enak.

Padahal, jika sempol tanpa daging tersebut diolah dengan baik, maka akan memiliki rasa dan aroma yang mampu menggugah selera makan kita. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kelezatan sempol tanpa daging. Pertama-tama jenis bahan, kesegaran bahan, cara memasak dan menyajikannya.

Nah kali ini saya akan berbagi cara membuat sempolan tanpa daging yang enak menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah dibuat di rumah. Hidangan yang memiliki manfaat bagi tubuh kita ini bisa diolah dan menghasilkan sempol lezat tanpa daging.

Cara Membuat Sempol Tanpa Daging

cara membuat sempol tanpa daging

Cara membuat sempol tanpa daging yang enak ini menggunakan 11 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut cara membuat sempol tanpa daging yang enak.

Bahan:

300 gr tepung tapioka
200 gr tepung terigu
3 siung bawang putih (haluskan)
1 sendok teh merica bubuk
kaldu ayam secukupnya
Garam secukupnya
Cukup air
telur
Tusuk sesuai selera
Saus sambal
Jumlah minyak yang tepat

Cara membuat sempol tanpa daging:

  1. Siapkan wadah dan masukkan tepung terigu, tepung tapioka dan bawang putih yang sudah dihaluskan.
  2. Masukkan air, garam, merica bubuk dan kaldu ayam ke dalam mangkuk lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata dan bisa dibentuk.
  3. Bentuk adonan menjadi bentuk memanjang atau bulat dan tempelkan pada tusuk sate. Ambil sedikit minyak dan oleskan pada tangan Anda agar pasta tidak lengket.
  4. Siapkan panci dan isi dengan air sampai cukup penuh untuk merebus pasta sempol. Rebus pasta sempol hingga sempol mengapung di permukaan air.
  5. Jika adonan sudah mengapung, angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan wajan dan panaskan bersama minyak goreng hingga mendidih. Setelah mendidih, tambahkan sempol tanpa pelapis apapun.
  7. Ambil wadah dan kocok telur yang sudah dibumbui dengan merica bubuk dan garam sampai keluar busanya.
  8. Keluarkan sempol dari wajan dan tiriskan. Tunggu minyaknya turun, jika sudah turun rendam atau lumuri sempol dengan telur kocok. Dan masak sempol hingga berwarna keemasan.
  9. Angkat dan tiriskan sempolnya, tunggu sampai minyaknya turun.
  10. Jika minyak sudah turun, letakkan sempol di piring saji dengan saus sambal.

Kunci sukses membuka usaha jalanan

Tidak peduli seberapa kecil kedengarannya, untuk menjadi pedagang kaki lima yang sukses Anda memerlukan beberapa saran yang mendukung agar Anda tidak mudah menyerah di bawah tekanan. Selain kebutuhan modal usaha, beberapa unsur yang harus diperhatikan saat membuka PKL, yaitu:

Mengembangkan kemampuan bersaing

Seperti yang Anda ketahui, ada banyak pedagang kaki lima. Tentu saja, mereka akan menjadi pesaing Anda dalam memulai bisnis, tetapi Anda harus dapat mengembangkan keterampilan yang baik dengan pesaing Anda.

Sebagai pesaing, jangan memperlakukan pesaing Anda secara negatif, mencurigai atau menghindarinya. Namun, jadikan partner kompetisi Anda dan dorongan yang akan mendorong Anda untuk bisa belajar dan lebih kreatif.

Loyalitas pelanggan

Kualitas pelayanan ketika konsumen pertama kali mengunjungi toko atau store akan menjadi hal yang akan menentukan respon mereka terhadap bisnis Anda.

Jika konsumen senang, maka sangat mungkin mereka kembali dan menjadi pelanggan Anda. Mereka tidak akan ragu untuk merekomendasikan kepada teman atau kerabatnya jika pelayanan yang diberikan sangat baik.

Juga, menerima ulasan dan komentar konsumen dengan sikap terbuka adalah salah satu layanan hebat yang Anda berikan kepada mereka untuk membuat mereka merasa lebih dihargai.

Tentukan strategi pemasaran yang tepat

Pemasaran sangat penting dalam menjalankan bisnis, apapun bidang dan jenis usahanya. Strategi pemasaran yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan usaha, begitu juga dengan PKL.

Pilih lokasi yang pasti mudah dijangkau konsumen, artinya tidak sulit ditemukan. Selalu jaga kebersihan tempat kerja Anda agar konsumen merasa nyaman. Gunakan sosial media untuk promosi juga agar semakin luas jangkauannya.

Tahukah Anda ada beberapa kasus restoran atau warung makan kaki lima di kota Yogyakarta yang menjadi kontroversi dan viral video karena pemilik toko memanfaatkan situasi alias aji sementara. Ya, mereka menaikkan harga seenaknya untuk semua orang yang datang, terutama wisatawan.

Untuk itu, tawarkan harga yang terjangkau kepada konsumen tanpa membeda-bedakan apakah mereka penduduk lokal atau wisatawan. Selalu jujur tentang bisnis Anda, sertakan harga untuk membuat konsumen merasa nyaman. Jika PKL Anda sudah sukses, ingatlah untuk selalu menjaga mutu dan kualitas.

Profitabilitas

Lakukan pembukuan berkelanjutan yang dapat digunakan untuk melacak jumlah pemasukan dan pengeluaran untuk bisnis PKL Anda. Bisa juga mengurangi jumlah pengeluaran yang tidak terlalu diperlukan. Sehingga Anda dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih cermat.

Jadi dengan kata lain, siapa pun bisa sukses dalam bisnis, bahkan jika mereka adalah seorang pedagang kaki lima. Kerja keras dan ketahanan mental adalah modal dasar untuk menjadi pengusaha sukses.

Artikel sempol saya akhiri sampai sini saja, JIka kalian ingin membaca artikel tentang sempol lainnya dapat membaca artikel cara membuat sempol ini. Baca juga artikel yang ada pada website ini untuk info menarik lainnya.