Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama Untuk Ayam Goreng

Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama

Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama – Ayam goreng tepung bisa disebut sebagai lauk favorit oleh banyak orang dikalangan semua usia, mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Karena ayam goreng tepung ini bisa dimakan dengan apa saja, seperti saus sambal, sambal matah, dan lain – lainnya.

Namun sayangnya, tidak mudah untuk memasak ayam goreng tepung. Karena jika salah caranya, ayam goreng tepung crispy ini tidak akan garing dan cenderung menjadi alot atau keras. Tapi jangan khawatir, di sini saya akan mengulas tentang cara membuat tepung crispy tahan lama untuk ayam goreng yang tetap enak dan renyah walaupun sudah dingin.

Tips Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama

Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama

Kerenyahan kulit luar ayam berbalut tepung tidak membuat orang berhenti memakannya. Ayam crispy dengan tepung tidak hanya disajikan sebagai lauk dengan berbagai hidangan lainnya seperti roti burger atau wafel. Karena merupakan salah satu makanan yang paling digemari, maka tidak heran jika banyak restoran cepat saji yang menawarkan ayam krispi berbahan dasar tepung sebagai menu utamanya.

Anda tidak perlu membelinya di restoran karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah karena sangat mudah disiapkan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak ayam crispy dengan tepung. Selain itu, proses memasaknya memang cukup lama dan membutuhkan kesabaran ekstra.

Seringkali banyak orang yang gagal memasaknya karena kesalahan kecil seperti salah menggunakan minyak sehingga tidak memberikan tekstur renyah yang diinginkan. Ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat menggunakan tepung untuk memasak ayam crispy. Berikut ulasannya:

1. Gunakan Kaki Ayam Saja

Kebanyakan orang hanya menggunakan bagian paha ayam untuk diolah menjadi ayam crispy. Padahal, semua bagian ayam bisa dimasak menjadi ayam criapy yang renyah dan nikmat, salah satunya bagian dada. Untuk memasak dada ayam, potong kecil-kecil terlebih dahulu agar ayam lebih cepat matang.

2. Goreng Segar Dari Freezer

Jika Anda menyimpan ayam di lemari es atau freezer, usahakan untuk tidak langsung menggorengnya, karena ini akan menurunkan suhu minyak dan membuat ayam tidak matang sempurna. Hal ini juga mengakibatkan kulit ayam tidak memiliki tekstur yang renyah yang menjadi ciri khas ayam berbahan dasar tepung yang renyah.

3. Jangan Rendam Ayam Di Air Asin

Kebanyakan orang sering melewatkan tahap ini. Padahal, air garam bisa membuat daging ayam lebih renyah. Rendam potongan ayam dalam air asin selama sekitar 4 jam sebelum ditaburi tepung. Cara ini menciptakan tekstur daging yang renyah dan empuk.

4. Teknik Pelapisan Tepung Yang Salah

Kunci untuk membuat tepung crispy adalah menggunakan teknik pelapisan tepung yang tepat. Kebanyakan orang hanya melakukan pelapisan tepung sekali sebelum menggoreng.

Padahal, urutan yang benar adalah melapisinya dengan tepung terigu dan telur, lalu melapisinya lagi dengan telur dan tepung roti agar kulitnya garing. Jangan lupa untuk mencampur bumbu seperti merica dan garam ke dalam setiap lapisan tepung juga untuk memberikan rasa ayam yang hangat.

5. Goreng ayam dengan minyak yang terlalu panas

Minyak goreng yang terlalu panas akan membuat ayam cepat gosong bagian luarnya, meskipun ayam belum matang. Goreng ayam pada suhu 165 ° C selama sekitar 15 hingga 18 menit. Juga, cobalah untuk tidak menggoreng ayam secara bersamaan karena dapat mengisi wajan. Wajan penuh akan menurunkan suhu minyak dan meningkatkan waktu memasak, yang akan memberi Anda makanan ayam renyah yang Anda butuhkan.

Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama

Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg ayam ( sesuai selera )

Bumbu Marinasi :

  • bawang putih 3 siung
  • ketumbar 1/2 send0k makan
  • kunir bubur 1/4 sendok makan
  • garam 1 sendok makan
  • penyedap rasa 1/4 sendok makan
  • merica 1/4 sendok makan
  • 1/4 air air perasan jeruk nipis

Bumbu Tepung :

  • tepung terigu 1/4 kg
  • tepung beras 3 sendok makan
  • maizena 5 sendok makan
  • tepung crispy 3 sendok makan
  • 2 sendok makan tepung tapioka

Bumbu Celupan :

  • air secukupnya
  • telur 1 butir
  • garam 1/2 sendok makan

Cara Membuat :

  1. Bersihkan dan potong ayam terlebih dahulu, lalu campurkan dengan bumbu marinasi secara merata, kemudian simpan di dalam kulkas kurang lebih sehari semalam agar bumbu marinasi benar – benar meresap secara merata.
  2. Campurkan adonan tepung kering dan bumbu tepung, aduk – aduk secara bersamaan hingga tercampur dengan rata, lalu sisihkan.
  3. Untuk adonan celupan yang pertama, lalu ambil 6 sendok dari adonan tepung, lalu tambahkan garam, penyedap rasa dan tambahkan air hingga adonan encer.
  4. Adonan celupan yang kedua cukup masukkan telur dan garam, lalu beri air secukupnya.
  5. Ambil ayam yang sudah dimarinasi dari kulkas lalu celupkan ke dalam telur, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung yang kering,.
  6. Setelah itu celupkan ke dalam adonan tepung yang encer, lalu celupkan lagi ke dalam adonan tepung yang kering tekan – tekan supaya bisa menghasilkan crispy yang bagus, lakukan berulang – ulang hingga ayam habis.
  7. Panaskan minyak goreng, minyaknya kalau bisa yang banyak dan menggunakan panci saja supaya  minyak bener – bener banyak.
  8. Masukkan ayam ke dalam minyak panas dengan api sedang, pastikan ayam sampai benar – benar terendam.
  9. Tunggu hingga ayam berwarna kecoklatan, jangan terlalu sering membolak – balikan ayam supaya tidak menyerap minyak terlalu banyak.
  10. Angkat dan sajikan ayam ( dengan sambal / saos akan lebih nikmat )

Kandungan

Manfaat membuat ayam crispy dengan tepung terigu cukup besar dan penting untuk kesehatan tubuh kita. Berikut manfaat yang bisa Anda manfaatkan:

1. Daging Ayam Mengandung Protein Yang Baik Untuk Otot

Protein merupakan zat yang dibutuhkan tubuh. Olahan ayam juga merupakan salah satu makanan yang tinggi protein. Kandungan protein yang tinggi pada ayam olahan juga dapat membantu mempermudah pembentukan otot. Biasanya, manfaat daging ayam digunakan untuk orang yang ingin membangun pertumbuhan otot.

2. Tingkatkan Metabolisme

Anda Tidak hanya ada protein saat kamu makan ayam, ada juga vitamin B6 yang bisa membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh lho! Jadi Anda tidak perlu khawatir menjadi gemuk saat makan ayam. Dan yang terpenting, jangan berlebihan saat makan ayam olahan dan perhatikan cara memasak ayamnya.

3. Jaga Kesehatan Tulang

Daging ayam mengandung beberapa mineral seperti fosfor dan kalsium. Dalam makanan mineral ini ternyata dapat membantu tubuh Anda menjaga kesehatan tulang agar lebih kuat. Apakah ada di antara Anda yang merasa tulang Anda keropos? Wow, sepertinya makan ayam adalah makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Olahan ayam sebenarnya bisa dijadikan sebagai makanan diet, namun dengan persiapan yang berbeda dari biasanya. Misalnya tidak diolah dengan minyak goreng panas untuk mencegah kolesterol jahat dalam tubuh, biasanya tekniknya dilakukan dengan cara merebus atau menggoreng dengan virgin oil. Di bagian dada dan paha, jumlah proteinnya mencapai 25 hingga 30 gram per potong. Selain itu, ayam dapat memiliki efek penuh pada perut kita.

5. Menangkal Risiko Kanker

Selain itu, kandungan seperti vitamin B, niasin, dan selenium juga dapat melawan sel-sel radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan berbagai jenis kerusakan DNA dalam tubuh Anda. Jadi tunggu apa lagi.

Itulah beberapa informasi Cara Membuat Tepung Crispy Tahan Lama untuk ayam goreng, berdasarkan manfaat dan tips yang perlu diperhatikan saat membuat tepung crispy tahan lama untuk ayam goreng. Anda yang di rumah harus mencobanya untuk mengetahui betapa mudah dan sederhananya membuat ayam krispi tepung biasa. Banyak keberuntungan.