Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga Yang Bisa Dilakukan Sendiri

cara mengolah sampah rumah tangga

Sampah organik bisa dibuat pupuk kompos untuk tanaman agar tanaman bisa tumbuh dengan subur dan sehat.Berikut cara mengolah sampah rumah tangga.

Cara Mengolah Sampah Rumah Tangga Yang Bisa Dilakukan Sendiri

cara mengolah sampah rumah tangga

Mengelola bahan sampah dengan bijak dapat membantu menyelamatkan lingkungan kita

Tujuan dari pengelolaan semua bahan sampah adalah supaya sampah memiliki sebuah nilai ekonomi atau untuk merubahnya menjadi sebuah bahan yang tidak membahayakan untuk kesehatan lingkungan.

Dengan melakukan cara membuat pupuk kompos untuk sampah yang rumah tangga dengan cara yang benar, kamu dapat membantu untuk kejar semua mimpi untuk menekan dampak hal yang negatif sampah terhadap kesehatan lingkungan.

1.Pisahkan tempat sampah untuk organik &
anorganik

Sediakan 2 tempat sampah yang berbeda untuk organik & anorganik.

Pisahkan juga semua sampah-sampah yang kering supaya nantinya bisa kamu daur ulang,

hingga sampah tanpa terlihat kotor atau bau,gunakan mesin pencacah kompos.

2.Ganti Alas Plastik Sampah menjadi Koran atau Kardus

Pasti banyak yang sangat ingin bertanya, gimana cara mengganti bahan yang plastik yang biasa digunakan sebagai alas untuk tempat untuk sampah atau gimana cara untuk membuang sampah dengan cara yang benar?

Saat sampah semua sudah dipilah dengan cara yang benar, maka kita tidak perlu lagi menggunakan bagian alas plastik. Kita bisa menggunakan bahan dari kertas koran, kardus, atau bahkan dengan tanpa alas satupun, langsung buang ke tempat sampahnya.

3.Ubah sampah organik menjadi pupuk kompos

Cara mengolah bahan sampah rumah tangga berbahan yang organik paling ramah dengan lingkungan adalah menjadikannya sebuah kompos untuk berkebun.

Kalau kamu tidak suka untuk melakukan berkebun, kamu tetap bisa menyumbangkan bahan sampah kompos kepada organisasi yang yang bergerak di bidang pertanian atau perkebunan, nantinya bahan sampah-sampah ini akan lebih bermanfaat untuk orang lain agar bisa dimanfaatkan.

4.Mendaur ulang sampah anorganik kering

Kamu bisa membuat bahan D.I.Y. barang-barang seperti bahan dari botol bekas menjadi pot untuk tanaman, kaleng menjadi tempat untuk menyimpan semua bumbu. Selain itu, kamu juga bisa untuk memilah bagian sampah plastik yang tertutup seperti bahan botol plastik yang dapat untuk didi daur ulang dan juga sampah plastik terbuka yang jika dihancurkan akan menjadi biji plastik.

Kemudian sampah tersebut diberikan ke bank yang khusus sampah. Hal ini membantu untuk meringankan kerja para teman-teman dari pemulung.

5.Memberikan sisa minyak jelantah ke instansi pengolahan minyak

Jangan pernah menuangkan bahan minyak ke saluran pembuangan dapur ya.

Minyak yang sisa yang dibuang di wastafel bisa menyumbat bagian pipa saluran air

yang yang lebih buruk bisa mencemari bagian saluran air di seluruh kota.

Minyak yang sudah jelantah ini bisa disumbangkan dengan cara sebelumnya didinginkan ,

diletakkan ke dalam wadah agar bisa diubah menjadi biodiesel yang lebih bersih.

Biodiesel adalah bahan bakar yang nontoksin dan dapat terurai sehingga dapat menggerakkan mesin pada mobil sekaligus membantu kesehatan lingkungan.

6.Mengelola sampah berbahaya

Jangan membuang barang yang berbahaya dan mengandung bahan kimia seperti baterai atau tinta untuk printer ke tempat sampah yang biasa. Sampah yang mengandung bahan kimia sangat berbahaya untuk lingkungan.

Pisahkan bagian sampah jenis ini dan bawa langsung ke pusat untuk daur ulang sampah sehingga bisa akan dikelola dengan cara yang tepat.

Untuk sampah yang bahan elektronik yang sudah rusak,

kamu bisa mengembalikannya ke perusahaan yang sudahmemproduksinya untuk mereka daur ulang menjadi bahan produk elektronik yang baru.

7.Minimalisir konsumsi plastik atau sampah lainnya

Hal gampang yang bisa banget untuk kita lakukan adalah kurangi produksi sampah plastik dan organik sebisa mungkin. Misal belanja ke pasar membawa tas belanja sendiri agar tidak menggunakan plastik,

lalu kalau pergi bawa alat makan sendiri atau tempat minum sendiri supaya tidak ada plastik yang akan terbuang. Karena bahan sampah sekecil apapun akan berdampak besar bagi lingkungan kita.

Berkontribusi terhadap kesehatan lingkungan bisa dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita sendiri.

Belajar mengolah bahan sampah rumah tangga tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan lingkungan,

tetapi juga bisa mengasah ide kreativitas kita dan meningkatkan kepekaan kita terhadap barang yang kita beli.

Mungkin itu yang bisa disampaikan informasi tentang cara mengolah sampah rumah tangga,semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan Terimakasih.