Berikut 8 Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Awet

cara menyimpan buah di kulkas agar awet

Halo semuanya, kali ini saya akan menunjukkan cara menyimpan buah di kulkas agar awet. Penasaran bagaimana Yuk simak!

Buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, kami menganjurkan setiap hari untuk makan buah-buahan. Membeli dan menyimpan buah itu penting, agar asupan nutrisi dari makanan tetap terjaga. Sayangnya, tidak sampai buah benar-benar busuk! Akibatnya, tentu saja buahnya dibuang.

Jika demikian, coba periksa cara penyimpanannya. Buah bisa cepat busuk jika cara penyimpanannya salah. Pada titik ini, mari kita lihat cara terbaik untuk menyimpan buah-buahan agar tetap segar dan segar.

Berikut 8 Cara Menyimpan Buah di Kulkas Agar Awet

cara menyimpan buah di kulkas agar awet

1. Pisahkan buah lama dan baru

Saat membeli buah dalam jumlah banyak, biasanya kita akan menggabungkan buah baru dan lama. Hal ini membuat buah-buahan tua menjadi campuran sehingga kita sering tidak memprioritaskannya saat memakannya. Untuk mengelilingi buah yang lama agar tidak busuk, coba pisahkan buah yang lama dan yang baru agar kita utamakan buah yang lama agar cepat habis.

Yuk Mampir Ke Website Kami : Rumah Mesin

2. Simpan di tempat yang kering

cara menyimpan buah di kulkas agar awet

Simpan buah di tempat yang kering, agar buah tetap lembab sehingga kadar air tetap terjaga. Selain itu, jika buahnya tetap lembab, tidak akan membusuk dan cepat tumbuh.

Yang terbaik dari semuanya, jangan mencuci buah sebelum menyimpannya di lemari es. Sebab, air yang menempel pada buah justru bisa menghasilkan buah yang basah dan mudah busuk. Simpan buah dalam wadah tertutup dan lapisi dengan kertas untuk menyerap kelembapan.

3. Bungkus apel dengan kertas

Apel menghasilkan lebih banyak gas etilen daripada buah lainnya. Gas ini membantu buah matang lebih cepat dan menyebabkan proses pembusukan. Jadi, agar apel tidak ‘mencemari’ buah lain, bungkus apel dengan kertas agar tetap segar.

4. Jangan simpan pisang di kulkas

cara menyimpan buah di kulkas agar awet

Hentikan kebiasaan menyimpan pisang di lemari es. Saat pisang masuk ke dalam lemari es, aroma dan rasanya akan menurun. Usahakan pisang disimpan pada suhu ruangan dan hindari sinar matahari langsung agar pisang tidak cepat matang dan busuk.

Jika Anda memastikan pisang yang Anda beli sangat lembut, maka pisang tersebut dapat diolah menjadi makanan seperti pancake atau muffin. Tidak ada yang membuang, kan?

5. Jangan menumpuk jeruk

Jeruk membutuhkan ruangan yang sejuk agar segar. Jeruk juga memiliki daya simpan yang lama jika disimpan di lemari es. Tapi ingat, jangan menyimpan tumpukan. Kebiasaan ini hanya akan membuat jeruk cepat busuk dan boros.

Baca Juga : Produk Vacuum Sealer

6. Simpan mangga di kulkas

Harap menjadi buah yang matang dengan cepat. Untuk meminimalkan proses ini, Anda dapat menyimpan mangga di lemari es untuk meningkatkan umur mangga agar lebih tahan lama.

7. Semangka juga harus disimpan di lemari es

Semangka mengandung banyak air. Saat dipotong, jadi buahnya juga berumur pendek. Untuk lebih lama, simpan semangka dalam wadah plastik dan masukkan ke dalam lemari es agar tidak mencemari buah-buahan lainnya dan semangka masih bisa dinikmati untuk beberapa hari ke depan.

8. Keringkan anggur sebelum menyimpannya di lemari es

Untuk menjaga kesegarannya, cuci anggur dan keringkan sebelum dimasukkan ke dalam lemari es. Anggur bisa bertahan hingga 10 hari di lemari es, dan 3 bulan di dalam freezer. Dengan cara ini, anggur bisa tetap segar saat dikonsumsi.

Itulah pembahasan tentang cara menyimpan buah di kulkas agar awet. Semoga membantu, terima kasih.