Cara Minum Virgin Coconut Oil ntuk Diet

Cara Minum Virgin Coconut Oil ntuk Diet

Virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa dara, diyakini mempuyai kualitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa biasa, karena melewati beberapa proses ekstraksi yang berbeda. Virgin coconut oil dihasilkan langsung dari santan kelapa segar tanpa melewati proses pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman sehingga tidak merubah sifat alami minyak. Ternyata, kegunaan VCO untuk Kesehatan sangat menakjubkan. Yuk, ketahui informasi cara minum virgin coconut oil untuk diet lengkapnya!

Mengapa VCO Sangat Bermanfaat untuk Diet?

Virgin coconut oil alias VCO juga sangat populer karena manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan.

VCO biasanya banyak dibutuhkan oleh mereka yang sedang menjalankan  diet dengan pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak karena VCO mudah dan cepat dikonversikan menjadi bahan bakar di liver.

VCO tidak sama dengan minyak kelapa biasa karena bahan mentah maupun proses ekstraksinya tidak menggunakan panas sama sekali. Perbedaan proses pembuatan ini membuat kandungan nutrisi dalam VCO juga tidak sama dengan minyak kelapa biasa.

Kandungan nutrisi itulah yang memberikan manfaat untuk diet dan kesehatan. Lantas, apa saja manfaat VCO yang ampuh untuk diet dan menurunkan berat badan? Simak berikut ini.

1. Membakar energi lebih banyak

Tubuh membutuhkan energi yang tinggi. Untuk itu, tubuh membutuhkan kandungan asam lemak rantai yang terkandung dalam VCO.

Mengonsumsi 1-2 sendok makan asam lemak rantai per hari akan meningkatkan pemakaian energi sebesar 120 kalori per hari. Jadi, jika kamu mengonsumsi VCO, tubuh akan membakar energi lebih banyak dan berat badanmu akan menurun.

2. Membantu mengurangi nafsu makan

Mengonsumsi VCO juga dapat membantu mengurangi asupan kalori sebanyak 256 kalori per hari. Manfaat ini didapat dari kandungan asam lemak rantai dalam VCO yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori harian.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan asam lemak rantai dalam VCO juga digunakan sebagai energi oleh tubuh dan cenderung tidak disimpan sebagai lemak. Hal ini tentu akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Membantu pembakaran lemak

VCO memiliki manfaat untuk mendorong tubuh membakar lemak lebih banyak dibandingkan bahan makanan lainnya. Selain itu, VCO juga dapat membantu membakar lemak di perut yang cenderung sulit dihilangkan.

5. Melancarkan pencernaan

Kesehatan pencernaan juga merupakan faktor penting saat diet. VCO dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral yang larut dalam lemak dengan lebih efektif.

Selain itu, VCO juga meningkatkan kinerja sistem pencernaan serta membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur.

Konsumsilah VCO dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan. Upaya diet dan penurunan berat badan juga harus tetap diseimbangkan dengan pola makan yang sehat dan minum air putih minimal dua liter per hari, disertai dengan olahraga yang teratur. Kamu juga bisa mengonsultasikan penggunaan VCO untuk diet kepada spesialis gizi sebelum mengonsumsinya.

Lalu, bagaimana cara terbaik dalam mengonsumsi virgin coconut oil atau VCO? Berapa takaran VCO yang tepat untuk diet? Simak berikut ini.

Cara Minum Virgin Coconut Oil ntuk Diet

Virgin coconut oil atau VCO bisa diminum setiap hari secara langsung sekitar dua sendok makan atau 30 ml. Takaran ini dirasa cukup sehingga kamu masih memiliki ruang untuk mengonsumsi lemak sehat dari bahan makanan lainnya, seperti kacang-kacangan dan alpukat.

Untuk aturan minumnya sendiri yaitu, satu sendok makan sesudah makan pagi (sarapan), dan satu sendok makan sebelum atau sesudah makan siang atau satu sendok makan sebelum makan malam.

Usahakan juga untuk mengonsumsi VCO minimal satu jam sebelum atau sesudah makan karena semakin lama jarak antar minum VCO dengan makan, khasiatnya pun akan lebih efektif. Jadi, jangan meminumnya kurang dari satu jam antara mengonsumsi VCO dengan makan.

Jika sebelumnya kamu belum pernah mengonsumsi VCO, maka sebaiknya konsumsilah VCO dengan meningkatkannya secara bertahap, mulai dari satu sendok teh per hari hingga menjadi dua sendok makan per hari dalam waktu satu hingga dua minggu.

Itulah beberapa informasi mengenai cara minum virgin coconut oil untuk diet, dan olahan kelapa. Seemoga bermanfaat dan dapat diapliasikan dirumah ya teman-teman.

Terima Kasih.