Cara Mudah Membersihkan Layar Laptop Bikin Kembali Kiclong

logo switch-foot.com

Kebanyakan orang membersihkan layar laptop adalah pekerjaan yang sangat mudah sekali. Cukup dengan mengambil tisu atau kain lalu tinggal di lapkan saja di bagian layar laptopnya selesai. Mudah bukan??? Ya itu kalau anda masih beruntung loh, karena dengan cara sembarangan bisa membuat layar jadi rusak nantinya. Membersihkan secara sembarangan akan menjadikan layar bermasalah salah satunya layar bergaris atau meninggalkan titik disana. 

Memiliki spesifikasi laptop yang keren akan jadi percuma saja kalau layarnya mengalami kerusakan. Disamping dengan ketidak nyamanan saat melihat juga akan mengganggu saat di gunakan.

Maka dari itu wajib sekali mengetahui bagaimana cara untuk membersihkan layar laptop sendiri. Mengutip dari andra 7208 computer begini caranya:

#1. Cari Tahu Jenis Layarnya

Layar laptop sendiri memiliki ragamnya mulia dari yang berlapis kaca, led, hingga lcd. Jenis bahannya ini akan berpengaruh sekali di dalam proses pembersihan dan bahan yang di gunakan. MIsalkan yang berlapis kaca ini bisa di bersihkan menggunakan pembersih yang mengandung alkohol dengan kadar yang ringan atau tisu basah. Namun untuk jenis led atau lcd, sebaiknya gunakna kian yang halus atau microfiber.

#2. Laptop di matikan

Sebelum mulai melakukan bersih – bersih, jangan lupa untuk mematikan laptopnya terlebih dahulu. Bila laptop masih menyala maka akan berakibat sangat fatal nantinya. Salah satunya adalah konsleting. Selain itu ketika dalam keadaan mati, maka debu yang ada pun mudah terlihat karena cahaya yang ada pada layar pun tidak membuat samar.

#3. Tutup Keyboard

Sebelum membersihkan, ada baiknya keyboard yang ada ini di tutup telebih dahulu. Gunanya agar kotoran yang sudah di bersihkan pada layar ini tidak berpindah ke keyboard. 

#4. Gunakan Kain halus/mikrofiber

Proses membersihkan layar monitor tidak bisa memakai kain yang sembarangan. Pilih kain yang halus, salah satu yang di rekomendasikan adalah microfiber. Hindari menggunakan tisu, karena meskipun tisu terasa lembut namun sangat bisa sekali meninggalkan goresan di layar yang ada. 

Ambil kain microfiber, lalu mulai bersihkan bagian layar yang kotor. Bila di rasa kotorannya ini membandel, maka bisa gunakan cairan pembersih khusus atau memakai minyak kayu putih.

Yang paling penting adalah cairan atau minyak kayu putih tersebut jangan langsung terkena layar laptopnya. Tetapi sempotkan atau tuangkan ke kain terlebih dahulu baru untuk membersihkan layar laptop yang kotor. 

#5. Bersihkan Dengan Lembut

Ini juga penting, saat membersihkan bagian layar laptop lakukan dengan lembut dan perlaha. Perlu di ketahui bahwa layar ini sangat mudah rusak. Karena tersusun dari partikel – partikel kecil. Bila partikel ini mengalami tekanan yang keras, maka bisa jadi akan mengalami kerusakan. Tekan atau gosok secara perlahan saja. Yang nantinya kotoran juga akan terangkat di kian yang di gunakan.

Mudah sekali bukan caranya membersihkan layar laptop. Persoalan ini sering sekali untuk reparasi laptop di depok. Sehingga di butuhkan biaya yang besar untuk perbaikannya. Maka dari itu jauh lebih baik merawat dari pada harus menggantinya.