Cara Penanganan Limbah Padat Dengan Mengikuti Tips Ini

cara penanganan limbah padat

Cara penanganan limbah padat, Limbah ini adalah sesuatu yang sangat merugikan bagi manusia yang ada di bumi ini. Ini hanya asumsi saya saja. Karena dengan adanya limbah ini kita semua akan terjangkit penyakit dan lain nya.

Biasanya bisa juga dapat merugikan kita semua para umat manusia, ketika hujan turun dengan lebat di tanah dan berangsur dengan waktu yang sangat lama sekali tanah yang tidak cepat meresap air ini. Kerajinan limbah dari plastik.

Akan menyebabkan banjir, tanah juga akan tergenang tanaman-tanaman juga akan tergenang air banjir. Seiring berjalan nya banjir ini lalu limbah ini akan tergenang bersamaan dengan banjir tersebut. Dengan mesin pencacah plastik.

Sangat membuat itu menjadi mimpi buruk bagi kita sebagai umat manusia dengan fenomena banjir dengan ada nya limbah ya teman-teman. Harus nya dengan ada nya penganggulangan limbah kita bisa mencegah nya loh teman-teman.

Akan tetapi sebelum cara penaganan limbah padat, mari kita bahas terlebih dahulu seperti apa itu limbah dan juga akan menambah wawasan kita mengenai ilmu dari yang di dapat dari artikel ini ya teman-teman.

Cara Penanganan Limbah Padat Dengan Mengikuti Tips Ini

cara penanganan limbah padat

Beberapa Tips Penanganan Limbah

Sebelum nya kita langsung mengetahui tips penanganan limbah padat ini, mari kita membahas dari limbah itu seperti apa agar kita kaya akan ilmu pengetahuan ya teman-teman semua.

Dengan pengertian limbah ini yang akan di awali, limbah ini adalah merupakan sesuatu buangan yang dihasilkan dari sesuatu proses dari produksi baik industri mau juga domestik bisa di sebut juga rumah tangga.

Dengan masyarakat sekitar yang tinggal, di pastikan sudah akan memproduksi limbah-limbah yang telah di gunakan sebelum menjadi limbah. Nah biasa nya limbah itu bisa di sebut menjadi sampah.

Ada juga beberapa sampah, ada air kakus atau black water dan juga ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik dan juga lain sebagai nya. Dengan jenis ini kita sudah mengetahui jenis limbah yang di produksi oleh kita sebagai manusia.

Kita sebagai manusia yang tinggal di dunia ini sudah pasti akan menghasilkan limbah, yang sudah di jelaskan di atas tersebut. Limbah ini memiliki banyak jenis juga ya teman-teman.

Nah dengan beberapa limbah yang tadi jelaskan di atas tersebut. Mari kita ketahui bagaimana cara penanganan limbah tersebut sebagai berikut :

  • Yang pertama ini adalah dengan media penimbunan

Yang pertama ini adalah penimbunan, dari penimbunan ini memiliki dua cara penimbunan sampah yang sangat lah umum di kenal oleh masyarakat kita ya teman-teman yaitu penimbunan terbuka dan juga metode sanitary landifill.

Pada metode penanganan limbah padat di penimbunan terbuka, sampah dikumpulkan dan ditimbun begitu saja dalam lubang yang dibuat pada suatu lahan, biasanya di lokasi tempat pembuangan akhir.

Metode penimbunan merupakan metode kuno yang memberikan dampak negatif lain. Di lahan penimbunan terbuka, berbagai hama dan kuman penyebab penyakit dapat berkembang biak.

Metode sanitary landfill yang lebih modern, biasanya dibuat sistem lapisan ganda yaitu plastik dan lempung. Kemudian dibuat pipa-pipa saluran untuk mengumpulkan cairan serta gas metan yan terbentuk dari proses pembusukan sampah.

Kelemahan utama penanganan sampah dengan metode penimbunan adalah cara ini memerlukan lahan yang luas. Sampah penimbunan adalah cara ini memerlukan lahan yang luas. Sampah akan terus dihasilkan sementara lahan semakin berkurang.

  • Yang kedua ini adalah dengan insinerasi

Yang kedia ini adalah dengan menggunakan metode insinerasi, dalam pembakaran limbah padat menggunakan suatu alat yang disebut insinerator.

Kelebihan dari proses insinerasi adalah volume sampah berkurang sangat banyak, bisa mencapai 90%. Meski demikian, tidak semua jenis limbah padat dapat dibakar dalam insinerator.

Jenis limbah padat yang cocok untuk insinerasi di antaranya adalah kertas, plastik, dan karet. Kelemahan utama metode insinerasi adalah biaya operasi.

Yang mahal. Selain itu, insinerasi menghasilkan asap buangan yang dapat menjadi pencemar udara. Pencemaran udara ini dapat mengganggu pernapasan kita semua lho dan juga membuat bau tidak sedap pada baju kita yang sedang kita pakai.

Dengan tips di atas artikel yang berjudul cara penanganan limbah padat ini ada 2 tips akan tetapi masih ada beberapa tips lain nya. Di karenakan sesuatu dan lain hal saya akan memberikan 2 tips yang biasa di gunakan oleh masyarakat sekitar. Save Earth guys !