Ciri – ciri Arsitektur Villa

Desain rumah Bali umumnya dikelilingi oleh tembok yang sepintas bila dilihat mirip dengan tembok benteng era dahulu. Dalam satu komplek rumah, jumlah bangunan sangat sedikit terdapat 6 buah. Tetapi, pasti sobat VOIRE tau dong, bersamaan dengan kemajuan era serta kian sempitnya lahan, rumah Bali tidak lagi sebesar dahulu. Arsitektur Bali merupakan arsitektur yang diwariskan secara turun temurun di Bali. Arsitektur Bali Modern saat ini telah sangat tumbuh pesat, terlebih style arsitektur Vernacular dimana arsitek ataupun pembuat desain menggunakan bahan- bahan lokal buat membangun bangunan struktur serta rumah- rumah di Bali.

Material yang biasa digunakan dirumah- rumah bangunan Bali ialah batu bata, kayu, kelapa, jerami atap, bambu, kayu jati serta batu alam. Banyak rumah serta vila di Bali menghasilkan bangunan dengan atmosfer santai serta tropis natural. Dikala ini mencampurkan style tradisional serta modern dalam arsitektur di rumah Bali modern masih menempatkan filosofi arsitektur Bali selaku prioritas utama. Berikut arsitektur villa yang terdapat dibali bagi sinanarsitek.com

Daftar Isi:

  1. Angkul- Angkul Ataupun Gerbang Rumah Adat Bali
  2. Atmosfer Taman Yang Luas
  3. Struktur Ruang Yang Rapi
  4. Material Bangunan yang Alami

Angkul- Angkul Ataupun Gerbang Rumah Adat Bali

Saat sebelum sobat merambah pintu utama, sobat tentu hendak melewati angkul- angkul. Dalam arsitektur Bali, angkul- angkul mempunyai kedudukan spiritual tidak hanya guna buat keamanan serta pribadi dari pemikiran luar. Secara spiritual, tembok besar ini dipercaya bisa mencegah ilmu gelap serta roh jahat. Wujud kotak dari batu alam berhiaskan tumbuhan palem serta deretan bambu hias pada tembok jalur masuk sukses memadukan arsitektur rumah Bali dengan style modern.

Atmosfer Taman Yang Luas

Karakteristik khas arsitektur Bali yang berpadu harmonis dengan atmosfer alam, halaman ataupun juga zona hijau pada rumah tradisional Bali ialah aspek yang sangat berarti dalam arsitekturnya. Style arsitektur Bali termotivasi dari konsep Tri Hita Karana, arsitektur Bali umumnya terdiri dari 3 buah faktor penghubung keharmonisan ialah jiwa, raga serta tenaga.

Kenyataan menarik dari taman yang luas ini yakni perputaran hawa hendak berjalan dengan optimal pada bidang dalamnya rumah sehingga hendak menimbulkan rumah terasa sejuk serta pula asri. Keberadaan taman yang luas pada rumah tradisional Bali

Struktur Ruang Yang Rapi

Pada pembagian ruang dalam rumah Bali diperoleh dari pelaksanaan filosofi Tri Angga dengan 3 buah tingkatan. Tingkatan tersebut merupakan tingkatan utama kemudian madya serta terakhir nista. 3 tingkatan ini sesungguhnya mempunyai arti tertentu. Misalnya pada bagian utama yang ialah bagian dengan peran paling tinggi ataupun kepala. Kemudian bagian madya ialah bagian tengah ataupun tubuh serta bagian nista yang terletak sangat rendah serta kotor.

Pada arsitektur tradisional, bagian utama berarti bagian rumah yang memakai material bangunan bali berbentuk atap ijuk serta alang- alang. Tetapi disebabkan bersamaan berkembangnya era serta mau membuat konsep arsitektur Bali modern hingga memakai bahan modern semacam genteng.

Material Bangunan yang Alami

Konsep arsitektur Bali yang harmoni dengan alam, hingga dari itu pemakaian materialnya juga, memakai material dari alam berbentuk batu, kayu serta pula bambu. Material yang digunakan ini mempunyai arti spesial yang diperuntukan buat berikan pengharapan terciptanya keharmonisan antara manusia dengan lingkungannya, pula dengan sesama manusia serta manusia kepada Tuhannya.

Pada umunya, material bangunan pada arsitektur Bali, yang digunakan buat membangun rumah Bali ini tidak disamaratakan sebab ada pengaruh ekonomi serta strata sosial pemiliknya. Sebab itu warga biasa pada umunya memakai tanah liat selaku dindingan bangunan pada rumah balinya.

Kesimpulan :
Untuk kalian ingin memiliki villa idaman bisa kalian bangun, desain yang terbilang sederhana ini memiliki nuansa tropis ini bisa di kombinasikan dengan desain modern. Jika kalian ingin mememebangun rumah minimalis dengan bernuansa tropis modern, kalian bisa konsultasi dengan jasa desain rumah supaya desain villa tropis kalian bisa terlihat modern.