Fungsi Jaringan WAN

logo switch-foot.com

Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang luas cakupannya dapat mencapai satu negara bahkan benua. Jaringan ini merupakan gabungan dari LAN dan MAN yang wilayahnya dipisahkan secara geografis dengan jaringan dan Internet terkini.

Membangun jaringan WAN membutuhkan kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga menggunakan satelit. Oleh karena jangkauannya yang luas, membuat WAN memerlukan biaya yang sangat besar.

Fungsi WAN

Sebagai jaringan computer yang melebihi LAN dan MAN, WAN mempunyai manfaat yang lumayan mentereng. Berikut adalah manfaat berasal dari jaringan WAN.

1. Membuat Arus Komunikasi Menjadi Lebih Mudah dan Cepat
WAN merupakan jaringan yang termasuk daerah yang amat luas dan mempunyai kecepatan yang mumpuni sekalipun digunakan terhadap wilayah yang berbeda. Dengan WAN, komunikasi dua instansi yang beda wilayah mampu berjalan gampang dan cepat.

2. Mengintegrasikan Jaringan Lan dan Man
WAN menghubungkan dan mengintegrasikan jaringan yang lebih kecil seperti MAN dan LAN. Ini bakal mempermudah perusahaan untuk memperoleh Info dan perkembangan terkini.

3. Menghemat Biaya Operasional
Sekalipun nampak mahal terhadap instalasi, WAN dinilai amat murah sekiranya digunakan oleh perusahaan yang dibatasi oleh negara atau lebih-lebih benua. Hal ini bakal sesuai bagi dua perusahaan yang dibatasi oleh wilayah tersebut.

4. Pengiriman Data yang Cepat
Perusahaan yang memiliki banyak kantor bersama jarak yang amat jauh tetap mampu mengirim data bersama cepat. Inilah manfaat berasal dari WAN yang sangat mungkin perusahaan mampu mengirim data di dalam saat singkat meski terpisah amat jauh bersama lainnya.

5. Terhindar Dari Miskomunikasi
Jaringan WAN bakal menahan terjadinya miskomunikasi gara-gara komunikasi itu sendiri mampu dikerjakan secara real-time terhadap jaringan WAN.