Mengenal Jenis dan Cara Kerja CCTV Tilang Elektronik di Jalan Tol

logo switch-foot.com

Perkembangan teknologi semakin canggih menjadikan banyak pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien sekali. Salah satunya yaitu sekarang ini terdapat sebuah CCTV Tilang elektronik yang telah dipasang pada sebuah jalan-jalan kota maupun ruas tol. Penerapan alat ini sebenarnya sudah sejak awal bulan Oktober 2019.

Sudah banyak CCTV tilang elektronik ini dipasang pada ruas jalan tol, salah satunya yaitu yang berada pada wilayah hukum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya. Alat ini bisa mendeteksi dengan jenis-jenis pelanggran seperti tidak memakai sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, hingga sampai melanggar batas over speed.

Dengan begitu, maka kita sebagai pengguna jalan raya tak ada salahnya jika kita mengenal jenis dan cara kerja kamera CCTV tilang elektronik. Seperti yang dilansir oleh rezekibarokah.com menjelaskan bahwa kamera CCTV tilang elektronik ini bisa menjangkau semua kendaraan dalam radius 20-30 meter dari titik posisi kamera diterapkan.

Namun, dalam kondisi tertentu pada malam hari, kamera ini akan mengeluarkan sinar cahaya seketika yang begitu cepat. Hal tersebut bisa menandakan bahwa kamera tersebut sedang bekerja menagkap gambar dan rekaman para pengguna jalan.

Kamera CCTV tilang elektronik ini dipantau langsung oleh petugas TMC Polda Metro Jaya, pemantauannya memiliki ruang terpisah dan khusus. Hasil penangkapan kamera CCTV tersebut akan dikaji secara cepat oleh petugas yang bertugas. Bilamana ditemukan sebuah pelanggaran, nomor polisi pada kendaraan yang terekam akan dicocokkan terlebih dahulu dengan database yang tersimpan. 

Data-data keterangan akan dikirimkan seperti jenis pelanggaran yang dilanggar oleh pengendara, gambar berupa foto pelanggar yang sedang tidak patuh pada tata tertib berlalu lintas, sampai biaya denda atas pelanggarannya.

Kamera yang digunakan dalam tilang elektronik ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut ini jenis kamera CCTV yang digunakan dalam tilang elektronik.

  1. Kamera ANPR (Automatic Number Plate Recognition) berfungsi untuk mendeteksi jenis pelanggaran marka dan lampu lalu lintas.
  2. Kamera check point berfungsi untuk mendeteksi jenis pelanggaran ganjil genap, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan menggunakan ponsel saat berkendara.
  3. Kamera speed radar berfungsi untuk mendeteksi kecepatan kendaraan yang melintas, dan harus dikoneksikan dengan kamera check point.

Nah, itulah berbagai macam jenis kamera CCTV tilang elektronik yang mempunyai tugas sendiri-sendiri.