Ketahui 7 Jenis Kertas Cover Buku & Fungsinya

Apakah kalian mengetahui jenis kertas cover buku apa saja ? Pernahkah Anda mengalami kondisi ketika Anda telah mendesain sebuah buku dan siap untuk dicetak, Anda bingung memilih jenis kertas cover buku yang tepat untuk buku Anda?

Untuk itu, sangat penting untuk memahami jenis kertas yang sering digunakan untuk mencetak buku tahunan. Berikut ulasan beberapa jenis kertas yang perlu Anda ketahui :

Jenis Kertas Cover Buku

1. Art Paper

Merupakan jenis kertas yang memiliki permukaan licin dan halus. Jenis kertas art paper pada umumnya digunakan untuk mencetak katalog atau majalah. Tersedia gramatur mulai dari 85 gram, 100 gram, 115 gram hingga 150 gram

2. Art Carton

Jenis kertas ini memiliki permukaan yang sama dengan Art Paper. Namun kertas ini memiliki ukuran yang lebih tebal.

Biasanya art carton digunakan untuk sampul buku. Kegunaan lainnya adalah untuk mencetak kartu nama, paper bag, brosur, peta, dan lainnya. Ketersediaan gramatur mulai dari 190 gram, 210 gram, 230 gram, hingga 400 gram

3. Ivory

Jenis kertas ivory hampir sama dengan Art Carton. Namun, jenis kertas ini hanya memiliki satu sisi yang licin sedangkan sisi lainnya tidak dilapisi.

Biasanya kertas ivory banyak digunakan untuk sampul buku atau kantong kertas. Pilihan gramatur mulai dari 210 gram hingga 400 gram.

4. Dupleks

Jenis kertas duplex ini memiliki ciri-ciri hanya memiliki satu sisi berwarna putih sedangkan sisi lainnya berwarna abu-abu.

Biasanya kertas ini digunakan untuk mencetak kemasan makanan atau obat-obatan. Ketersediaan gramatur dari 250 gram hingga 500 gram

5. HVS

Ini adalah jenis kertas yang memiliki permukaan kasar. Jenis kertas ini adalah pilihan paling umum untuk pencetakan buku. Pilihan gramatur tersedia mulai dari 60 gram hingga 100 gram.

6. Samson Kraft

Jenis kertas samson kraft dibuat dari proses daur ulang dan berwarna coklat. Kerajinan samson juga sering digunakan untuk membuat kemasan atau kantong kertas. Pilihan gramatur yang biasa digunakan adalah 70 gram dan 80 gram

7. Fancy Paper

Kertas ini tersedia dalam berbagai warna dan karakteristik. Biasanya kertas fancy digunakan untuk undangan. Jenis kertas fancy antara lain java emboss, melati, millennium, hawaii, dan masih banyak lagi.

Pilihan gramatur mulai dari 80 gram hingga 300 gram. Kertas ini juga dapat digunakan untuk mencetak buku, misalnya untuk sampul.

Rekomendasi Jenis Kertas Cover Buku Terbaik

Ada banyak pilihan bahan kertas yang bisa digunakan untuk membuat cover buku. Pilihannya berkisar dari kertas lokal hingga kualitas impor.

Ada juga jenis kertas licin, halus, dan bertekstur. Namun jika menyangkut standar yang digunakan untuk pencetakan buku tahunan, jenis yang paling banyak digunakan adalah art paper dan art carton.

Art Paper dan Art Cardboard sebenarnya adalah 2 kertas dengan jenis yang sama, yang keduanya mengkilap. Perbedaannya hanya terletak pada ketebalannya.

Kertas seni memiliki ketebalan mulai dari 150 hingga 180 gsm. Sedangkan art karton memiliki ketebalan 210 – 300 gsm.

Art paper memiliki beberapa keunggulan bila digunakan untuk pencetakan buku, yaitu sebagai berikut:

1. Pori-pori Kencang

Art paper memiliki ciri-ciri berupa pori-pori yang rapat. Penggunaannya biasanya dikombinasikan dengan tinta kertas seni pigmen. Hasilnya warna pada permukaan kertas akan terlihat lebih merata.

Maka dari itu kertas ini dapat mencetak dengan hasil yang maksimal karena hasil yang lebih cerah

2. Hasil Cetakan Terlihat Lebih Elegan

Kertas seni memiliki sifat yang sama dengan kertas stiker, yaitu permukaannya mengkilap. Efek laminasi glossy pada art paper membuat pencetakan buku dengan kertas ini terlihat lebih mewah.

Art paper dapat menciptakan image yang sempurna ketika digunakan untuk membuat promosi. Sifat glossy bahkan dapat ditemukan di kedua sisi kertas.

Menggunakan kedua sisi dapat menghilangkan warping dan membuat tinta lebih terkonsentrasi

Demikian beberapa jenis kertas cover buku yang dapat kalian gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat yaa. See you ^^