Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Spunbond

supplier kain spundbond

Kain ini termasuk pada jenis kain sintetis karena terbuat dari bijih plastik polypropilena. Banyak supplier kain spundbond yang menjual kain ini sebagai pengganti plastik. Seperti halnya kain jenis lain, kain spunbond ini pun memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. 

Kelebihan Kain Spunbond

  • Mudah didaur ulang

Kain spunbond memang terbuat dari bijih plastik. Namun begitu, bijih plastik yang dipakai untuk membuat kain spunbond mudah didaur ulang. Karena mudah didaur ulang, ada banyak kain spunbond yang menggunakan bijih plastik hasil daur ulang ini. Dengan begitu, penggunaan bijih plastik lebih efisien dan tidak boros.

  • Tahan Air

Kain spunbond ini dibuat dari bijih plastik sehingga kain ini juga dapat menahan air dengan baik. Karena sifat ini, kain spunbond banyak digunakan untuk membuat popok bayi. 

  • Punya ketebalan yang bervariasi

Supplier kain spundbond biasanya menjual kain ini menurut beratnya. Di pasaran, ukuran yang tersedia biasanya adalah kain spunbond ukuran 25-50 gram, 50-70 gram dan 70-100 gram. Ukuran ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan kebutuhan

  • Kuat

Jenis kain spunbond dengan berat 100 gram merupakan jenis kain spunbond yang terkuat dan dapat dipakai untuk membawa barang yang cukup berat. Oleh sebab itu, kain jenis ini sering digunakan untuk membuat tas belanja pengganti kantong plastik. 

  • Punya banyak pilihan warna

Kain spundbond diproduksi dengan warna yang cukup beragam. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika membutuhkan kain spunbond dengan bermacam-macam warna. 

Kekurangan Kain Spunbond

Kain spunbond memiliki tekstur yang cukup kaku. Oleh karena itu, kain spunbond tidak dapat diaplikasikan untuk membuat produk-produk yang perlu kain yang bertekstur lemas. 

Adapun dalam memilih kain spunbond Anda perlu mempertimbangkan kualitas kain. Tidak semua supplier kain spunbond menawarkan kain dengan kualitas yang baik. Untuk itu, Anda perlu meneliti dengan seksama dengan mencari tahu informasi sedetail mungkin mengenai kain jenis ini.   Sebagai contoh, Anda dapat mengakses web https://mmgnonwoven.com/ guna mendapatkan gambaran mengenai kain spunbond yang berkualitas.