Komponen Web Server pada Jasa Pembuatan Website

Pernah dengar istilah web server? Secara umum, web server adalah perangkat lunak yang difungsikan untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien. Software ini memungkinkan untuk memberi respon atas permintaan berupa halaman website.

Karena itu, web server menjadi kebutuhan para pengguna termasuk untuk penyimpanan dengan kapasitas yang besar, serta akses cepat. Hal tersebut guna menghindari kemungkinan down pada sebuah website termasuk aplikasi.

Komponen Web Server pada Jasa Pembuatan Website

Jika menilik pada unsurnya, ada dua komponen dalam web server yakni komputer serta perangkat lunak. Software ini kemudian menghubungkan komunikasi dengan klien berupa HTTPS atau HTTP. Secara otomatis, server dan klien akan saling terhubung dengan mudah untuk pengembangan website yang diinginkan.

Web server ini juga, yang akan berhubungan dengan jasa pembuatan website.  Ringkasnya, web server dirancang untuk memberi layanan informasi yang berhubungan dengan halaman website.

Web server selanjutnya akan mengirim berkas permintaan pengguna, dengan protokol komunikasi yang telah ditentukan sebelumnya. Halaman web biasanya terdiri dari gambar, file, teks, video serta berkas lainnya.

Ketika pembuat mengajukan permintaan (klien) dengan alamat IP dan domain website yang sesuai, maka web server akan memberi respon berupa data yang tersimpan pada database website.

Contoh Web Server

Ada beberapa contoh web server yang bisa menjadi acuan, sebagai berikut:

1.     Apache

Apache termasuk web server paling banyak digunakan di internet, yang awalnya didesain untuk operasi UNIX. Software pendukung terdiri dari PHP, SSL serta kontrol akses.

2.     Nginx

Nginx merupakan salah satu web server selain apache yang cukup populer. Tak seperti Apache, Nginx memiliki keterbatasan untuk menangani kebutuhan dengan traffic yang tinggi. Di sisi lain, web server ini mengedepankan kemudahan, kecepatan dan performa kepada kliennya.

3.     Internet Information Services (IIS)

Berikutnya adalah IIS, yang menjadi web server Windows 2000 dan 2003, didukung dengan pelbagai komponen macam DNS, TCIP/IP serta software lainnya guna membuat situs website.

Fungsi web server terutama oleh jasa pembuatan website profesional sangat besar. Pun pada pemilihan web server yang mendukung kebutuhan setiap penggunanya.