15 Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh, Yuk Simak!

manfaat air mineral bagi tubuh

Air mineral merupakan air yang mempunyai kandungan mineral yang mampu memberikan banyak manfaat. Apakah kalian mengetahui manfaat air mineral bagi tubuh itu apa saja? Yuk simak pada artikel ini..

Banyak sekali orang yang masih kebingungan perbedaan air mineral dengan air putih. Jika air putih dapat kita dapatkan dari alam sekitar seperti sugai, kran rumah, danau dll.

Dalam air putih mengandung atom hidrogen, sedangkan dalam air mineral tentunya mengandung mineral. Dengan kedua perbedaan tersebut, ternyata air putih dapat diubah menjadi air mineral dengan cara menambahkan kandungan mineral dalam air putih.

Pada air mineral merupakan sumber nutrisi bagi tubuh dan tentunya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk simak 15 Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh !!

Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur Untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh

Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh

1. Menghilangkan Dehidrasi

Manfaat air mineral yang pertama yaitu dapat menghilangkan rasa haus di tenggorokan. Biasanya jika kita kekurangan air akan mengakibatkan dehidrasi dan tubuh menjadi lemas. Maka dari itu dengan mengonsumsi air mineral yang cukup akan menghilangkan dan mencegah dehidrasi dalam tubuh kita.

2. Menurunkan Berat Badan

Semua jenis air putih termasuk juga dengan air mineral tidak mengandung lemak dan kalori. Saat kita memilih mengonsumsi air mineral daripada jenis minuman soda atau jus manis, kita dapat menjaga jumlah kalori dalam tubuh dan tubuh akan tetap terhidrasi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat air mineral yang lain yaitu, dapat membantu memperkuat pertumbuhan tulang, gigi, dan kuku, supaya tetap sehat. Kandungan kalsium dalam air mineral akan mampu mencegah bertumbuhnya penyakit yang masuk, seperti jenis penyakit tulang osteoporosis.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Keunggulan air mineral adalah mengandung magnesium. Magnesium memiliki efek menjaga tingkat tekanan darah normal. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, Anda dapat meminum air mineral secara rutin.

5. Melancarkan Aliran Darah

Selain magnesium, air mineral juga mengandung kalium, sehingga bisa memperlancar aliran darah. Aliran darah biasanya terganggu akibat penyempitan pembuluh darah atau penggumpalan darah. Aliran darah yang lancar tanpa halangan, akan mencegah terjadinya penyakit stroke dan gagal jantung.

6. Meningkatkan Kinerja Daya Otak

Manfaat air mineral bagi otak akan membantu Anda lebih fokus, berpikir dan lebih mudah berkonsentrasi. Salah satu manfaat air yang sangat penting adalah membantu menjaga kekuatan otak.

Otak manusia mengandung 73% air, sehingga meminum air mineral akan bermanfaat bagi otak. Sehingga jika kalian mengalami Dehidrasi akan berakibat mengurangi fungsi otak kalian.

7. Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat air mineral untuk wajah Anda adalah dapat membuat kulit menjadi lebih putih dan bercahaya. Hal ini karena setiap sel dalam tubuh terhidrasi dan diisi oleh air. Sistem pencernaan yang lebih baik akan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun yang keluar akan membuat Anda lebih sehat dan membuat kulit Anda lebih berkilau.

8. Mencegah Nyeri Pada Sendi

Kandungan dan manfaat air mineral dapat membantu meredakan nyeri sendi. Tulang rawan di sendi tulang belakang dan cakram intervertebralis mengandung sekitar 80% air. Dehidrasi jangka panjang akan mengurangi kapasitas penyerapan goncangan pada sendi. Saat kemampuan ini menurun, maka akan menyebabkan nyeri sendi.

9. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi air mineral dengan cukup dan teratur maka akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan yang lain didalam air mineral seperti potassium dan magnesium dapat memperbaiki fungsi jantung.

10. Menyehatkan Pencernaan

Didalam air mineral terdapat enzim yang berfungsi untuk meringankan masalah pencernaan seperti kembung dan sembelit. Dan juga, dalam air mineral mampu mengurangi racun yang dapat membahayakan usus. Dengan rutin mengonsumsi air mineral, maka pencernaan dalam tubuh kalian akan sehat.

11. Menjaga Kinerja Otot

Mengapa air mineral dapat bermanfaat menjaga kinerja otot? hal ini karena dalam air mineral kaya akan magnesium yang dapat membantu kinerja otot, sehingga otot akan rileks dan berkontraksi dengan bagus.

Jika kalian kekurangan magnesium, maka kalian akan merasakan sakit pada otot dan terjadi kram. Untuk itu maka kita dianjurkan mengonsumsi air mineral dengan rutin.

12. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat Air Mineral Bagi Tubuh selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh atau sering kita sebut dengan sistem imun.

Dengan mengonsumsi rutin air mineral, maka imun dalam tubuh kita akan semakin fit dan sehat, sehingga tidak mudah terserang penyakit akibat virus,kuman, maupun bakteri jahat.

13. Mencegah Kerusakan Ginjal

Kerusakan dalam ginjal merupakan hal yang tidak sepele dan perlu kita atasi dengan mencegahnya. Karena fungsi ginjal dapat mengatur cairan didalam tubuh. Jika kita mengalami kekurangan air didalam ginjal maka akan menyebabkan penyakit batu ginjal dan masalah ginjal lainnya.

14. Membantu Menguatkan Rambut

Mengembalikan kekuatan rambut dapat diatasi dengan mengonsumsi air mineral. Karena polusi dan matahari dapat membuat kualitas rambut menurun. Dengan mengonsumsi air mineral secara rutin, maka akan membuat rambut bersinar dan mengembalikan pH kulit kepala.

15. Meredakan Sakit Kepala

Tanda tanda dari dehidrasi salah satunya yaitu sakit kepala. Saat tubuh kekurangan cairan, maka kerja pacu jantung akan semakin kencang sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi secara maksimal.

Demikian 15 manfaat air mineral bagi tubuh yang dapat kamu rasakan untuk kesehatan kamu. Kita dianjurkan untuk minum air mineral minimal 2 liter per hari, atau setara dengan 8 gelas.

Minum air mineral akan menjaga tubuh kamu selalu sehat dan bugar. Maka dari itu yuk biasakan minum air mineral. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yaa.. see you and keep healthy 🙂

Baca Juga : Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil