Manfaat Rebusan Jahe dan Cengkeh

logo switch-foot.com

Cengkeh dan jahe adalah rempah rempah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Manfaat rebusan jahe dan cengkeh dapat membantu meredakan berbagai penyakit. Agar lebih lezat, kita pun bisa menambahkan gula merah ke dalam campuran rebusan jahe dan cengkeh tersebut.

Manfaat rebusan jahe dan cengkeh antara lain bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan darah tinggi, hingga membantu menyehatkan pencernaan. Manfaat rebusan jahe dan cengkeh sudah digadang gadang sejak zaman dahulu kala. Namun, biasanya klaim tersebut hanya didasarkan pada cerita turun temurun yang ada di tengah tengah masyarakat.

Ternyata secara ilmiah, manfaat jahe maupun cengkeh juga bisa dibuktikan. Selain direbus cngkeh biasa diolah dengan cara diambil minyak cengkeh nya. Berikut ini beberapa manfaat rebusan jahe dan cengkeh kesehatan yang bisa didapatkan apabila kita mengonsumsi keduanya.

Manfaat Rebusan Jahe dan Cengkeh

Berikut ini beberapa manfaat rebusan jahe dan cengkeh yang utama.

Manfaat Rebusan Jahe

Manfaat Rebusan Jahe dan Cengkeh

Meredakan sakit dan nyeri

Gingerol dan fenol, senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, adalah obat penghilang rasa sakit yang dapat meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut saat haid, hingga nyeri otot setelah berolahraga.

Sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa dengan migrain melaporkan bahwa air jahe bekerja lebih baik dalam meredakan gejala migrain ketika digunakan sebagai terapi tambahan, dibandingkan dengan meminum pereda nyeri saja.

Menghilangkan rasa mual

Popularitas jahe sebagai pereda mual dan pencegah mabuk laut sudah tidak diragukan lagi. Minum air jahe memiliki manfaat untuk membantu meredakan mual dan muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping dari pemulihan setelah operasi, kemoterapi, atau kehamilan (termasuk morning sickness).

Melawan radang rematik dan osteoartritis

Minum ramuan ini secara teratur dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh osteoarthritis dan nyeri sendi rematik. Hal ini berkat sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingerone.

Jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa jahe dapat mengurangi gejala peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Kaya akan antioksidan

Jahe kering merupakan sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas dari lingkungan sekitar, seperti paparan sinar matahari, radiasi, ozon, asap rokok, dan polusi udara dari asap knalpot.

Radikal bebas diduga menjadi faktor risiko berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, dan penyakit jantung. Satu studi menemukan bahwa jika meminum air jahe dapat mencegah atau juga memperlambat gagal ginjal. Setiap hari, tubuh terpapar radikal bebas, baik dari lingkungan maupun dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Untungnya, tubuh memiliki mekanisme pertahanan khusus yang mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas, yaitu antioksidan. Apa itu antioksidan? Antioksidan merupakan senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif yang berasal dari radikal bebas. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang radikal bebas? Radikal bebas

Mengontrol kadar gula darah diabetes

Nah, sebuah penelitian dari Iran menambahkan bahwa di Iran ditemukan bahwa jahe khususnya menurunkan gula darah puasa. Penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi suplemen jahe mengalami penurunan gula darah puasa secara drastis.

Selain itu, sifat anti inflamasi dalam jahe dapat mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopati diabetik, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan bahwa manfaat tersebut akan terasa lebih bermanfaat ketika air jahe dicampur dengan bubuk kayu manis.

Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 pria melaporkan bahwa secara teratur minum air jahe panas setelah sarapan menyebabkan rasa kenyang lebih lama daripada sarapan. Studi lain juga menemukan bahwa jahe bisa membantu mengurangi nafsu makan.

Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh membakar lemak lebih efektif. Meski begitu, diperlukan penelitian yang lebih mendalam dengan jangkauan yang lebih luas untuk memastikan manfaat jahe untuk menurunkan berat badan.

Cara Membuat Minuman Jahe

Cara membuat minuman jahe tidaklah sulit, namun untuk mendapatkan manfaat jahe yang optimal, sebaiknya pilih jahe segar. Langkah langkahnya bisa kita diterapkan di rumah dengan mudah, yaitu

  1. Parut 1,5 sendok teh jahe segar;
  2. Rebus 4 gelas air;
  3. Tambahkan jahe ke dalam air;
  4. Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit;
  5. Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe.

Nah, air jahe ini bisa diminum baik saat dalam keadaan panas maupun dingin. Jika rasanya terlalu kuat, Anda bisa menambahkan madu atau jus lemon.

Aturan Meminum Air Jahe

Sebenarnya tidak ada larangan minum air jahe setiap hari karena air jahe cenderung aman. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan, jahe bisa membuat Anda sakit perut, kembung, merasa panas, hingga mulas dan diare. Karena itu, pastikan Anda hanya mengonsumsi sekitar 4 gram jahe per hari.

Konsumsi jahe dalam bentuk apapun juga dikhawatirkan akan menimbulkan interaksi yang berbahaya, terutama bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Karena itu, tanyakan kepada dokter Anda sebelum minum air jahe. Kondisi ini juga berlaku untuk ibu hamil karena minum air jahe dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Manfaat Rebusan Cengkeh

Benarkah air rebusan cengkeh dapat bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya. Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah yang tentunya sudah tidak asing lagi di Indonesia. Selain sering kali dipakai sebagai bumbu dapur, cengkeh juga dikenal mengandung banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Untuk mengonsumsi cengkeh yang baik bagi kesehatan, bisa dengan cara merebusnya. Air rebusan cengkeh ini bisa menjadikan tubuh mendadak mengalami perubahan yang tak terduga. Hal ini dikarenakan cengkeh memang dikenal mengandung banyak gizi dan vitamin.

Mulai dari vitamin K, magnesium vitamin C, kalsiun, vitamin E, serat, vitamin dan juga mineral. Rutin mengonsumsi air rebusan cengkeh dapat menbuat tubuh berubah karena tubuh menjadi memiliki sistem kekebalan tubuh yan kuat karena adanya kandungan vitamin C tersebut. Cengkeh dapat diolah dengan mudah menggunakan mesin cengkeh. Berikut ini beberapa manfaat utama dari rebusan cengkeh.

Membunuh bakteri berbahaya

Cengkih memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme berbahaya. Bakteri ini dapat menyebabkan kram, kelelahan, dan diare.

Kesehatan tulang

Cengkih dipercaya dapat membuat tulang menjadi sehat. Hal ini karena cengkeh mengandung ekstrak hidrokarbon yang meliputi senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya yaitu flavon, isoflavon, dan flavonoid. Ekstrak ini sangat membantu dalam menjaga kepadatan tulang serta mineral tulang. Sehingga dapat memperkuat tulang penderita osteoporosis.

Mengobati sakit maag

Sakit maag disebabkan oleh penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti stres dan infeksi. Sebuah penelitian membuktikan cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung. Penggunaan cengkeh ini dapat berfungsi sebagai penahan efek asam lambung. Ini juga mencegah erosi dinding lambung karena cairan asam lambung.

Mencegah kanker

Air rebusan cengkeh juga diperkaya dengan antioksidan eugenol. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melawan radikal bebal dalam tubuh yang bisa memicu perkembangan kanker. Selain itu, vitamin C yang ada di dalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir.

Mengontrol diabetes

Manfaat air rebusan cengkeh lainnya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah. Sebab, cengkeh diketahui memiliki senyawa yang disebut Nigericin. Senyawa ini membantu pengaturan kadar gula darah pada pasien penderita diabetes.

Nigericin juga dipercaya bisa meningkatkan jumlah kapasitas sel untuk menyerap gula dari darah kemudian meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghasilkan zat insulin.

Itulah tadi beberapa Manfaat Rebusan Jahe dan Cengkeh yang tentunya sangat bagus untuk tubuh kita.